serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

Menyetrika

Pekerjaan paling menyebalkan.
Tidak bisa diborongin, semua harus dikerjakan satu persatu.
Sangat memakan waktu dan tenaga dan keringat (panas menghadapi si setrika panas)
Namun apa daya tak bisa dihindari, apalagi kalau baru mencuci kemeja suami yang akan dipakai bekerja.

Sebagai orang yang dari dulu jarang menyetrika, saya seringkali merasa frustasi jika harus menyetrika kemeja. Tidak tahu harus memulai darimana. Disetrika bagian ini, bagian itu kusut. Tidak pernah selesai rasanya.

Sampai akhirnya pada suatu hari, tante Martha Stewart berbagi ilmu cara menyetrika di salah satu acara TV (kesannya kurang kerjaan ya, acara TV kayak begini..huehehehe).
Maka.. beginilah menurut beliau.

Yang perlu dipersiapkan:
1. Baju yang lembab (kalau keburu kering bisa disemprot-semprot air dulu)
2. Botol semprot
3. Handuk untuk melapisi papan setrika
4. Setrikaan yang berat
5. Papan setrika
6. Kalau perlu dan ada, semprotan untuk baju yang akan membuat baju menjadi lebih kaku (sizing).

Cara menyetrika:
1. Siapkan baju yang lembab
2. Semprot oleh semprotan baju, diamkan beberapa menit agar cairannya meresap ke serat-serat baju
3. Dengan setingan setrika tinggi atau panas, setrika bagian ujung tangan, aduh… apa namanya ya… yang biasanya ada kancingnya, bisa digulung kalau kemeja tangan panjang mau jadi lebih pendek tangannya. Disetrika bagian dalamnya sehingga kancingnya terhindar dari panas setrikaan. Keuntungan papan setrika dilapisi handuk sebelum ditutup oleh kain pelapisnya adalah ketika kita menyetrika dibalik bagian yang berkancing akan tetap menjadi rapi karena benjolan kancing masuk ke dalam handuk sehingga kita tetap mendapatkan permukaan baju yang rata. (pusing ya?!)
4. Dilanjutkan dengan menyetrika lengan
5. Pasang dengan pas di papan setrika, setrika bagian dibawah kerah
6. Setrika kemeja bagian depan dari arah dalam sehingga kancing tidak kepanasan dan kantung tersetrika rapi.
7. Lanjutkan sisi depan lainnya, lalu bagian punggung, jahitan disamping, dan bagian-bagian lainnya.
8. Semprot bagian kerah dengan semprotan baju, ditarik dan dirapikan, lalu disetrika. Lipat kerah, setrika lagi pada bagian lipatannya.
9. Gantung baju yang sudah rapi di gantungan baju dengan mengancingkan kancing paling atas agar tetap pada posisinya.

Lah, kalau gak punya gantungan baju dan harus dilipat gimana?
Maaf, belum nemu yang itu ilmunya…
Huehehehe…
Barangkali ada yang punya… silakan berbagi…

Selamat menyetrika dengan sedikit lebih berteori…

About these ads

13 Komentar»

  dydy wrote @

alhamdulillah saya mah sekarang ga pernah nyetrika kecuali perlu banget. keluar dari dryer langsung lipet-lipet ato gantung-gantung ajah :P.
btw dibanding nyetrika saya lebih sebal nyuci piring

  ira wrote @

serupa ma dydy..pas pindah ke sini, sekalipun gak pernah megang setrikaan dalam arti denokasi maupun konotasi..legaaa…bebas ngeliat yang kucut2..

  dini wrote @

bagian ujung tangan, aduh… apa namanya ya… yang biasanya ada kancingnya, bisa digulung kalau kemeja tangan panjang mau jadi lebih pendek tangannya.
===>>> manset kak… :D

Ini ada cara melipat baju

Atau pake cardboard

  ndew wrote @

manset kak… :D
===>>> nah.. itu dia..(serasa emang pernah tahu aja :D)

keluar dari dryer langsung lipet-lipet ato gantung-gantung ajah
===>>>
kalau lagi sial (yang mana saya agak sering, cuciannya suka gak kering.. hauhauhau, meninggalkan baju yg setengah kering dan kusyut

  vidya wrote @

klo ga ada gantungan harus dilipet mah, ya mau dipake disetrika lagi… jadi mending dilipet aja langsung ga usah disetrika dulu, ntar aja mo dipake baru disetrika hehehe

  Arti wrote @

Beberapa waktu yg lalu aku ‘kenalan’ sama garment steamer. Abis itu jarang banget ketemu lagi sama setrikaan. Selain lebih bersahabat sama kain (krn ngga bersentuhan langsung sama permukaan panas) cara itu menghemat waktu sekali.

  priyatnadp wrote @

jadi inget dulu banyak preman yang nyetrika tatonya karena takut dikarungan (di-dor)

  ndew wrote @

boleh-boleh juga ide-idenya…
(kecuali yang menyetrika tato..syereum… huehehehehe)

  nl:) wrote @

heu heuu heuu…saya beruntung…punya adek yang berbaik hati menyetrika baju -baju kemeja kerja heuheuheu

  vetty wrote @

ak pnganten baruuu bgt, hari kdua tpatnya kmrn aku di tes setrika baju ma kk2 ipar. Hasilnya dpt point jeblok krn salah total, ancur, n g rapi. Makanya ni aku cari2 tips setrika yg bner. Sumpeh deh maluuuuu banget.

  salsa billa wrote @

sangat bermanfaat

  Teknik Menyetrika « Jurnal Isnani Murti wrote @

[…] http://ndew.wordpress.com/2006/10/10/menyetrika/ LD_AddCustomAttr("AdOpt", "1"); LD_AddCustomAttr("Origin", "other"); […]

  surya lombardo wrote @

yang agak sngkat ada ga ?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: