serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

makanan bayi 0 – 4 bulan

Ditulis berdasarkan sedikit hasil baca-baca, dan sedikit pengalaman mengasuh satu anak. Mohon maaf bila ada kesalahan. Sangat dianjurkan untuk cek ulang ke sumber-sumber lainnya.

Ini hanya sekedar gambaran kasar, tidak perlu khawatir jika anak anda makan lebih atau kurang dari jumlah yang tertulis.

Jenis makanan

- Hanya ASI atau susu formula

- Karena sistem pencernaan belum sempurna, sangat tidak dianjurkan memberikan makanan padat

Jumlah makanan

- Ikuti perilaku bayi. berikan makanan sesuai keinginan mereka

- Empat hari pertama, bayi akan menyusui ASI kira-kira 15 kali sehari

- Hingga usia tiga minggu, ASI diberikan paling sedikit setiap dua hingga tiga jam sekali atau delapan kali sehari

- Jika anda menggunakan formula, berikan kira-kira 160 cc formula setiap kilogram berat anak selama 24 jam. Misalnya berat anak 5 kg, maka dia sebaiknya minum total 800 cc formula selama sehari.

- Banyaknya pemberian formula setiap kali minum tergantung pada usia anak. Semakin besar, semakin banyak juga susu yang diminum setiap kalinya.

Catatan

- Pemberian makanan pada anak anda dirasa kurang apabila berat badan anak tidak meningkat dan kurang membuang air besar (hingga usia satu bulan, bayi kira-kira tiga kali membuang air besar dalam sehari)

- Peningkatan berat badan anak sekitar 30 gram per hari hingga usia tiga bulan

sumber: http://www.babycenter.com

30 Komentar»

  vidya wrote @

sekarang kayaknya judulnya bisa berlaku sampe 6 bulan ya, udah jarang banget ya menyarankan makanan padat dimulai umur 4 bulan ;-)

  sari wrote @

kayanya koq kurang lengkap ya kalo hanya di beri ASI n tambahan susu formula aja pada saat usia bayi udah mulai 4 bulan, karena bukannya sudah mulai harus diajarkan untuk usus si kecil belajar mengolah makanan yg padat namun tidak keras ya misalnya diberi pisang raja yang telah dibuang bagian, kulit atas n ujung – ujungnya >>>>apakah ini bisa di sebut memberikan makanan padat namun halus? kalo masalah untuk makanan padat yang di maksud seperti nasi ato bubur kayanya jangan dulu kasian nanti usus bisa kaget, makanya mendingan makanan yang diberikan untuk mengajari n membiasakan usus nantinya dimulai dengan memberikan pisang raja masak pohon seperti yang sudah saya sebutkan karena tidak boleh juga mengagetkan usus ato memanjakan usus si kecil kita……. ;-)

  Lia wrote @

Mom klo d kasih pisang, pupnya susah gak baby nya????

  moshi wrote @

anak saya 3 bulan selama ini asi ekslusif. cuma kalo uda 4 bulan rencana mau saya kasih air kental kalo kita masak nasi saya sebutnya “tajin”. itu ressep mama saya si. katanya bisa bikin badannya sekel. ga kegemukkan tapi sehat. …:)

  yanda wrote @

anak saya usia 5 bulan dari 4 bulan kemrin dah dikasih milna biskuit 1/2 keping,

  lina wrote @

anak saya baru 2,5 tapi di kasih susu formula kok sering nya di tolak dan keliatan nya masih lapar. Dan klo pup juga ga tiap hari bahkan kemaren sampai 4 hari baru pup.
Kira2 klo di kasih bubur bayi gimana ya ?
soal nya klo dia bo2k ga bisa lama paling cuma 1jam

  ndew wrote @

Mungkin susunya tidak cocok mbak….anaknya tidak suka. Kenapa dengan ASInya?

  ndew wrote @

tes

  ranee wrote @

anak saya dari lahir sampai sekarang minumnya kuat banget,baik ASI maupun Formula.sekarang anak saya 4bulan dan udah aku kasih mamam biskuit yang dilembutkan dengan susu,soalnya dari umur 3 bulan kurang anak saya sudah mengecap dan kalu liat sendok mulutnya dibuka gitu.apa itu tidak mengganggu pencernaannya?terima kasih

  ndew wrote @

Semoga tidak. Sepertinya porsinya perlu diawasi agar tidak berlebih.

  shanti wrote @

Bayiq usianya hampir 4 bulan, kalo mo diperkrenalkan makanan padat apa dulu ya… porsinya berapa?

  ilma wrote @

baby quw umur 4 bulan,udah 2x ganti susu tp msh susah pupnya kadang ampe 3 hari. skr quw kasi tomat n wortel blender tp pupnya malah jd mencret. gmana mba

  ndew wrote @

Sepertinya memang kalau mengganti ASI itu jadi harus rajin mencari susu mana yang cocok untuk anaknya ya?
Untuk makanan tambahan, silakan ikuti prosedur memberi makan bayi 0-4 bulan dan 4-6 bulan.

  dewi wrote @

melihat pengalaman ibu2, sebisa mungkin kita perjuangkan (perang x) ASI untuk anak2 kita yuk, klo bisa sampe 2 thn sesuai tuntunan agama. supaya meminimalisir masalah2 dlm pengasuhan baby qta..

  wenny wrote @

anak saya umur 4 bulan udah pengen makan gitu .dia aku beri asi n susu formula juga tapi kadang kayak kurang kenyang gitu.kalau dikasih sejenis meal time gitu apa baik ya buat dia?

  bunda ravi wrote @

Anak saya usia 4 bulan lebih 1 minggu. Waktu dia pas usia 4 bulan di kasih biskuit milna n pisang tp malah menret, batuk n ga mau minum susu formula.. Trus makan nya saya stop, eh jadi mau lagi dia minum susu formula.. Malah dalam 1 minggu ini beratnya naik drastis bgt.. Selain susu formula saya juga kasih dia ASI.. Mudah2an aja ASI nya bisa sampai 2 tahun.

  nicky wrote @

ank sy usianya 4 bulah lebih,sy blm brni ksh dia mkn krna kbnykn bubr buat baby 6+,,tp sy kasian jg liat baby krna klo liat sy mkn dianya slalu ngeliatin trus n kyknya dia mau ambl tu mknan,,blng mama sy ksh az mkn ,,tp sy msh bingung mau dksh bubur ap??tlng solusinya ya..

  sduwi wrote @

ank sy usia 4 bln lbh, slama ini hanya sy beri susu formula..skrg sy ingin beri makan lain..kira-kira apa yach baiknya,,(biskuit apa? or klu bubur,,bubur apa?)..tlg sarannya,,thanks

  jelita wrote @

ank sy usia 4 bln, hny sy beri susu formula…pengen beri dia makanan,makanan ap yg cocok saat2 pertama?

  vina wrote @

mba saya mo nanya,apa sudah boleh bayi makan bubur sereal sedangkan umurnya baru 3 bulan setengah.mohon penjelasannya.

  Sugiarti wrote @

baby saya usia ny 3 bln, susah bngetz mnum asi ny, gmana yaa solusinya??
ap bleh ya d ksih mamam biscuit?

  ndew wrote @

Selama ini diberi makan/minum apa mbak/mas? Apakah meminum susu formula? Atau tidak pernah makan/minum sama sekali? Sepertinya perlu konsultasi ke dokter kalau memang minum asinya susah.

  farah wrote @

bayi saya baru 3 minggu, saya kasih ASI aja, karna dia ga mau susu formula,,,terus,karna hanya minum ASI aja bayi ku kayanya lapar terus,,,aku coba kasi pisang, eh malah BAB nya susah,,,harus dikasih apa ya??? mohon jawabannya,,

  ndew wrote @

MbakFarah,
Saya sangat mendukung mbak memberi ASI eksklusif untuk bayinya.

Perlu diingat usia bayi 3 minggu itu masih sangat kecil, sehingga belum boleh diberi makanan padat seperti pisang atau bubur sekalipun karena pencernaannya belum sempurna dan bisa mencerna makanan-makanan tersebut.

Sebagai catatan, anak bayi yang menangis terus belum tentu dia merasa kelaparan bisa jadi ada penyebab-penyebab lain.

Namun jika anak ibu memang benar-benar menangis karena lapar, tetap berikan ASI saja atau kalau perlu ditambah susu formula.
Hingga usia 4 bulan HANYA asi atau susu formula yang boleh masuk ke perut bayi anda.

Untuk menjaga produksi ASI yang cukup, ibu sang bayi juga harus memenuhi kebutuhan gizinya dengan cukup juga. Makan yang banyak, terutama kacang-kacangan dan protein serta selalu minum susu. Bisa juga ditambah makan makanan yang merangsang produksi ASI seperti memakan daun katuk, atau kacang hijau, atau kalau perlu memakan obat yang merangsang produksi asi (silakan tanya ke dokter atau apotek). Dengan memenuhi kebutuhan gizi ibu, insya allah produksi ASI akan lancar dan kebutuhan anak akan ASI juga akan terpenuhi.

  farah wrote @

Terimakasih, atas dukungannya,saya merasa lega setelah mendapat jawaban dari bunda ndew,terimakasih atas petunjuknya juga,,pasti akan saya ikuti petunjuk bunda ndew, sekali lagi saya berterimakasih atas semua ini,,,

  Zena wrote @

problem gak ya,my first baby masuk 4 bln tp BB’y 4kg 8ons pdhl lhr’y normal n 3kg. kuat kok minum ASI,tp gak mau yg lain

  ndew wrote @

Apakah anak ibu tampak aktif? Kalau tidak, mungkin lebih baik dicek ke dokter.
Tentang tidak mau yang lain, maksudnya sufor ya? Anak saya juga dulu full ASI tidak mau sufor. Tunggu saja, sebentar lagi juga anak ibu sudah siap diberi makanan padat.

  Yon Bahar wrote @

anak saya umur 4 bulan tapi saya bingung harus di beri makan apa selain susu formula karna dia tidak minum ASI minta tolong kasih saran thanks

  diana pratiwi wrote @

bayi saya umur 2 minggu tp dia ga mau minum asi langsung krna puting payudara aq kecil, jd aq siasati tuk di perah setiap kali bayiqu mau menyusu..
cuma lama2 ga ke kejar krna semakin besar semakin bnyk folume menyusunya….
masalhnya ibu mertua aq mau kasih dia mknan tambahan, tp aq kasihan takut pup nya keras…

mohon sarannya……..

  niko wrote @

babyq usia 5bln..ap udh blh diberi makanan lembut?coz slma in cm minum ASI aja..bs tlg ksih info makan yg bs dikonsumsi babyq..trmksh..


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

