serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

membuat makanan bayi sendiri

Sambil mengingat-ingat yang pernah dilakukan dua tahun yang lalu…..

Uhm… makanan bayi…

Tulisan berikut agaknya berlaku untuk bayi dibawah 8 bulan, yang masih memakan makanan lembut.
Di Amrik sini banyak sekali makanan bayi instan. Ada yang berbentuk tepung sereal dan juga makanan lembut berbagai disimpan di botol berukuran kira-kira satu porsi makan bayi. Bahkan sampai makanan balita pun ada yang instan. Tinggal masuk microwave, siap deh. (dipikir-pikir makanan mana yang tidak ada versi instannya di amrik.. hehehehe)

Baru tahu kemudian ketika pulang ke Indonesia ternyata di sana juga banyak makanan instan dalam bentuk tepung dengan berbagai rasa.

Demi pengiritan dan pemuasan hati (karena saya tidak yakin apa saja bahan-bahan yang ada di makanan instan itu, ada pengawetkah? cukup sayurkah? berlebih garamkah? berlebih gulakah?), saya memutuskan untuk meminimalisir pemakaian makanan bayi buatan pabrik kecuali untuk sereal karena dulu belum tahu ternyata bisa juga dibuat dirumah. Yang perlu diingat dalam membuat makanan bayi adalah JANGAN memakai garam atau gula, silakan baca ini untuk lebih lengkapnya.

Menyimpan makanan bayi

Dibekukan

Untuk mengurangi pekerjaan memasak untuk bayi, dan terbuangnya makanan lebihan bayi (bayi makan sangat sedikit), berbagai makanan bayi bisa dimasak dalam jumlah banyak lalu di bekukan di lemari es. Dengan cara ini , makanan bisa tahan agak lama. Perlu diingat juga tidak semua makanan bisa dibekukan, beberapa berubah teksturnya setelah masuk lemari pembeku seperti tahu. Silakan mencoba sendiri mana yang tetap baik dibekukan, mana yang tidak.

makanan bayi beku

Cara membuat:

1. Masak makanan bayi (satu macam, misal: apel) hingga berbentuk bubur lembut

2. Tuang ke dalam plastik pencetak es batu

3. Tutup plastik bila perlu

4. Simpan di lemari pembeku es (freezer)

5. Setelah beku, keluarkan dari plastik pencetak es batu, simpan ke dalam kantong plastik yang sudah diberi nama jenis makanan (misal: bubur apel) dan tanggal pembuatan di bagian luarnya.

6. Simpan kembali di lemari pembeku

7. Gunakan makanan yang sudah beku sesuai kebutuhan bayi. Misal satu atau dua buah hasil cetakan dengan satu atau lebih rasa dipadukan. Biarkan mencair dan hangatkan kembali sebelum dipakai.

Didinginkan

Makanan bayi bisa juga dibuat dengan jumlah sedikit, lalu setiap sisa makanan disimpan di lemari pendingin (refrigerator). Makanan yang didinginkan di lemari pendingin sebaiknya tidak dipakai bila sudah melebihi 48 jam (beberapa orang mengatakan bisa tahan hingga 72 jam).

Jangan memberi makan bayi langsung dari tempat menyimpannya. Ambil sedikit ke piring, bila kurang bisa ditambah. Air liur bayi yang menempel di sendok makannya bisa membawa bakteri yang membuat makanan menjadi cepat rusak.

Bubur tepung beras

Tidak tahu persis bisa atau tidak memakai tepung beras sudah jadi, yang jelas bisa membuat tepung beras sendiri dari beras.

Tepung beras dimasak hingga matang, kira-kira 15 menit. Sesuaikan kekentalannya dengan kebutuhan bayi anda.

Sereal beras buatan pabrik

Kandungannya gizinya sama saja dengan bubur tepung beras bahkan lebih sedikit karena sereal beras buatan pabrik ini sudah diolah terlebih dahulu dengan cara dicuci berkali-kali, dimasak, dan dikeringkan yang mengakibatkan banyak kandungan gizi yang terbuang dalam proses pengolahan.

Hanya saja, sereal buatan pabrik ini sangat mudah dalam pemakaiannya karena tidak perlu dimasak lagi.

Kaldu

Kaldu adalah benda penting yang sebaiknya dimiliki setiap saat terutama ketika bayi sudah bisa memakannya. Bisa kaldu ayam, atau kaldu daging. Banyak yang menyarankan membuat kaldu dari kaki ayam karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Karena lebih awet, lebih baik dalam bentuk beku. Gunakan seperlunya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk pemakaiannya, tinggal didihkan ulang kemudia masukkan bahan-bahan makanan lainnya seperti sayuran, daging, tahu, keju, apapun ke dalamnya. Rebus sebentar, haluskan sesuai dengan kebutuhan bayi. Selesai.

Bubur sayuran

Pada dasarnya bisa menggunakan sayuran apapun. Umbi-umbian, labu-labuan, daun-daunan, brokoli, bunga kol, wortel, biji kacang-kacangan misalnya kacang hijau yang sudah dibuang kulitnya, tahu.

Cara membuat:

1. Sayuran dikupas, dipotong-potong, lalu dimasak; bisa direbus atau dikukus (dikukus lebih baik, karena gizinya tidak terbuang ke air). Untuk biji kacang hijau bisa direbus hingga halus.

2. Sayuran matang dihaluskan, bisa menggunakan blender atau disaring sesuai kebutuhan anak. Bila menggunakan blender, gunakan air sisa rebusan sayuran sebagai cairan memblender. KECUALI untuk air sisa rebusan wortel dan daun hijau karena memiliki kandungan nitrat yang tinggi.

3. Siap pakai, atau disimpan.

4. Tambahkan bubur beras atau sereal ketika akan dipakai bila dirasa kurang kental.

Bubur buah-buahan

Beberapa buah ada bisa langsung dimakan tanpa harus dimasak (pisang, alpukat). Untuk buah-buahan yang agak keras (apel, pear) sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Proses pembuatannya sama dengan membuat bubur sayuran.

Beberapa buah akan berubah menjadi kecoklatan apabila disimpan. Untuk menghindari hal ini, bisa diberikan sedikit perasan lemon sebelum bubur buah-buahan akan disimpan.

sumber:

http://www.wholesomebabyfood.com

http://www.surgerydoor.co.uk/

dan beberapa buku ‘Baby’s Food’ (lupa)
gambar sumbangan dari: ridha dan yanti (muakasih…)

About these ads

97 Komentar»

  makanan bayi 4 – 6 bulan « serba-serbi wrote @

[...] membuat makanan bayi sendiri  [...]

  nelly wrote @

saya masih bingung untuk memasak sendiri makanan bayi saya yg br berusia 5 bln, padahal dia suka sekali makan juese buat bila saya buat, bagaimanakah mengkobinasinya, bantu saya dong…

  naura wrote @

makasih yaa infonya. Salam kenal dari Aku :) Mbak, bisa tukeran link nggak?

  leeriem wrote @

salam kenal sebelumnya..artikel mengenai ASI ekslusif bener-benr menambah percaya diriku untuk menyusui bayiku sampai usia 6 bulan tanpa tambahan apapun…

  the70no wrote @

Saya lg menunggu kelahiran anak ke-2 terima kasih atas infonya…sekalian kenalan bu

  mama kaela wrote @

thanks banget yah samai nfonya

  ummu_salsa wrote @

ass. saya ibu dengan 1 anak usia 4,5 bulan. makasih infonya.
sekalian mau nanya… tentang stimulasi tumbuh kembang anak. selain makanan apa yang bisa dilakukan agar anak terstimulasi… kan pengen anak jadi sehat dan cerdas he.he.. makasih sebelumnya.

Waalaikum salam bu. apa ya stimulasi untuk anak… susah ini.. teori-teorinya agak-agak belum tahu jelas. Yang pasti saya dulu suka baca buku,bercerita dan bernyanyi. Ini burung, ini merah, ini apa, itu apa. Masih ingat dulu ketika anak saya belum bisa bicara, dia diajarkan lagu cicak oleh neneknya. Lama berselang, tidak pernah saya nyanyikan lagu itu, ketika dia sudah bisa bicara, tahu-tahu dia menyanyikan lagu cicak! Menakjubkan, ternyata dia ingat ‘pelajaran’ yang didapatkannya berbulan yang lalu! Jangan merasa sia-sia cerewet ke bayi… Insya Allah ada gunanya.
Ada yang punya pengalaman lain?

  mumuhna lulu wrote @

terima kasih banyak atas info yang diberikan, ini membuat saya jadi mengerti akan kebutuhan anak saya….
sekarang lulu jadi suka makan-makanan yang padat…..
btw saya mau tanya apakah kalo saya simpan kelemari pendingin trus pas mau makan lagi tgu mencair dahulu baru dipanaskan kembali bukan kalo pakai oven bisa jugakan??
thank alot

bisa juga langsung dipanaskan di oven, di panci, atau kadang saya panaskan di microwave

  mama_Imas wrote @

halo bunda2. aku ibu 1 anak. sekarang anakku hampir 6 bln.boleh aku minta resep makanan untuk bayiku. krim ke imasgond@yahoo.com. makasi ya

6 bulan ya…
Kalau baru mulai makan, bisa mulai diberi sayur-sayuran sedikit2, caranya sesuai dengan memberi makan bayi 4-6 bulan.
Dulu, kalau tidak salah ingat, saya beri anak saya labu kuning, labu sayur, wortel, ubi merah (yang manis itu), kentang, bubur biji (tanpa kulit) kacang hijau yang sudah dihaluskan, apa lagi ya…
Lalu dilanjutkan dengan buah-buahan. Saya bikin bubur apel, bubur pear, dikasih pisang lembut dan lupa apa lagi.

Kalau sudah lewat masa satu makanan satu kali makan, mulai bisa dicampur-campur.
Silakan coba-coba sendiri.
Misalnya datang ke toko, ada produk makanan bayi rasa anu, bisa dicoba dibikin di rumah tanpa harus membeli produk itu.

Dulu ketika anak saya sudah bisa makan makanan agak kental, rasanya saya beri bubur nasi pakai brokoli campur keju, bubur nasi ditambah hasil blenderan sup isi sayuran ditambah ayam atau ikan (kalau tidak alergi) atau hati ayam.

Kalau sudah tambah besar, makanannya juga jadi tambah kasar. Sudah tidak perlu diblender, cukup dipotong kecil-kecil dan dimasak hingga empuk. Dan seterusnya.

Ada yang punya pengalaman lain?

Selamat mencoba.

  Mbelgedez ( No Log In ) wrote @

ADA GAK YANG BISA BANTU KOMENTAR KIRA2 MAKAN YANG COCOK BUAT BAYI USIA 6-9 BLN,CUMA ANAK AKU SERING ALERGI KULIT.JADI KIRA2 MAKAN APA YANG COCOK YANG AKU BERIKAN BUAT BUAH HATIKU.

Sepertinya kalau alergi memang harus dicoba-coba makanan mana yang cocok dan makanan mana yang kurang cocok. Karena setiap orang punya alergi terhadap makanan yang berbeda-beda. Tapi umumnya lebih baik dihindari terlebih dahulu telur, ikan, dan kacang. Sementara makanan lainnya bisa dicoba dengan metoda mengganti menu setiap 3 hari, agar ketahuan makanan yang mana yang membuat anak alergi

  ida sirikit wrote @

terima kasih banget karna ibu mau berbagi pengetahuan dengan ibu2 yg lain. sekalian saya mau minta saran, Saat ini bayi saya usia nya jalan 7 bulan. sampai saat ini saya masih terus memberikan asi untuk bayi saya, hanya saja saya adalah seorang wanita perokok terkadang dalam sehari saya bisa menghabiskan 1/2 bungkus rokok. Yang ingin saya tanyakan, apakah asap rokok akan ikut terhirup oleh bayi saya melalui ASI? apa resiko buruk yang akan bayi saya terima akibat ibunya yang perokok. Mohon bantuan saran dari ibu2 agar saya bisa secepatnya dan berusaha untuk menghentikan merokok

Karena saya tidak pernah tahu apa gunanya merokok.. dan tahu banyak sekali keburukannya merokok…
Tanpa ada alasan apapun, saya sangat menganjurkan mbak berhenti merokok.

Berikut beberapa link tentang merokok dan hubungannya dengan kehamilan dan anak.
Silakan dipelajari. Semoga berguna.
http://www.lungusa.org/site/pp.asp?c=dvLUK9O0E&b=33573
http://news.bbc.co.uk/1/hi/health/1067680.stm
http://www.helpourbabies.org/smokeandbabies.aspx
http://www.guardian.co.uk/smoking/Story/0,,2106212,00.html
http://her.oxfordjournals.org/cgi/content/full/20/2/185

  Mama Reifan wrote @

Hebat ya ibu ini :) thanks bgt loh infonya. anak saya 7 bulan dan saya bekerja, jadi info cara menyimpan makanan itu membantu saya banget…jadi lebih praktis :) thanks skali lagi…

  Abu Tilmidz wrote @

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Sedang cari2 ttg cara membuat bubur bayi usia 6 bulan. Terima kasih atas infonya. barokallahu fiikum..

  mudhiya wrote @

makasih infony…aku lagi nungguin kelahiran babyku yang pertama doain smua lancar2 aja, salam kenal buat smua

  Mama Alvatar wrote @

Thank’s Banget info tentang makanannya…
soalnya anakku skrg usianya 3,5 bulan
sebentar lg mau dikasih mknan tambahan..
bingung jg..kan cari menunya…

  lia wrote @

thanx yah tuk tips nya bermanfaat. kebetulan sekarang aku lagi da baby usia 5 bulan n baby kakak ku yg 8 bulan. kalo bisa aku mo minta resep2 nya donk, bagi yang punya resep2 makanan for baby bisa email ke ce_blue05@yahoo.com.
thanx be4. n salam knal for every1

  ochie mumi wrote @

makasie ya mumi semua..
salam kenal

  Nafis wrote @

salam kenal..
si adek skr umur 4.5 bln. sy ksh maem umur 4 bln, krn tdk ASI eksklusif. biasanya baru dikasih biskuit&sereal. alhamdulillah, stlh baca ini, pengen dipraktekin jg. trmksh…

  eksa wrote @

aduh thx bgt deh bu,walaupun aq dah pnya anak 2 tp bru tau jg klo maknan by bs dibekukan,yg aq tau hanya ASI saja,krn alhamdulilah aq lu2s ASI Ekslusif. jd lg pikir2 mknan yg baik bwt anakku yg dah 7 bln. ksh trus info n ditunggu trus lho bu.

  Netty Kusumawati wrote @

salam kenal,saya mau tanya kebetulan anak saya baru berumur 5bulan lebih,selama ini anak saya minum bmt platinum alhamdullillah sehat banget,dan sebentar lagi mau masuk 6bulan,tolong dong ibu-ibu kirimkan ke saya makanan apa saja yang bisa saya berikan,sebelumnya saya saya ucapkan terima kasih..
salam buat semua.
Bunda Aliefya

  riena wrote @

Salam kenal saya seorang ibu dgn 2 anak kembar,yang berumur 11 bulan anak saya kayanya udah jenuh dgn makanan yg saya kasih seperti nasi tim sayur dll mohon donk bantuannya minta resep tuk makanan yg lainnya.
Terim ksh ya…

  ndew wrote @

Salam Mbak Riena..
Barangkali anaknya sudah bosan dengan teksturnya, bukan makanannya.
Silakan dicoba diberikan nasi lembek dengan makanan tambahan lainnya
sudah seperti makanan yang biasa ibu makan tapi tidak pedas, hanya dengan potongan yang
kecil-kecil agar tidak tersedak.

  renita wrote @

aslmkm…
makasih mbak..infonya .. anakku 7 bulan. biasanya aku beli makanan instan… baru tau aku.. caranya bikin makanan bayi sendiri. ternyata gampang ya.. jadi semangat ni… mo bikin sendiri ah… mulai sekarang..
oia mbak…
aku mo tanya… bulan ini anakku berat badannya turun 400gr. bahaya gak ya???

  yosi wrote @

makasi ya masukannya sangat bermanfaat.kl ada yang mau kiri resep makanan utk anak 8bln sy senang sekali

  kiki wrote @

Seneng banget baca bnyk artikel ttg makanan bayi, saling berbagi pengalaman juga..sy sudah bnyk baca ttg makanan bayi usia 5 bln, krn memang anak sy usia 5 bln. sy ibu yg bekerja, kadang sy kerepotan bikin menu utk si kecil, krn si kecil di rmh dgn pembantunya klo sy dan ayahnya kerja, bukan tidak percaya dgn pembantu tp sy ingin memberikan yg terbaik utk anak sy, kira2 menu spt apa yg bisa sy buat untuk si kecil dlm satu hari dan bisa dibuatnya pada pagi hari, mohon masukannya, makasih..

  esti wrote @

wah..pas bgt ni ,anak saya umur 4bln mau coba kasih makanan tambahan thanks ya

  harti wrote @

wah…….senang bangat bisa berbagi tentang cara pemberian makan pada bayi mulai usia 6. soalnya aku baru punya anak usia 6 bulan. dulu waktu gadis nggak pernah membaca apalagi mempelajari tentang perawatan bayi termasuk cara ngasih makannya. jadi begitu punya anak semua saya baru pelajari. makanya forum ini berguna bangat……thx ya….

  Mei wrote @

Salam kenal, saya seorang ibu yang baru mempunyai putra.Bayi saya sekarang berusia 6 bulan,saya ada masalah diberat badan bayi saya karena berat badannya tergolong kecil sampai saat ini beratnya saja masih mencapai 7 kg padahal saya sudah memberinya makan sedangkan tingginya sudah tergolong panjang jadi keduanya tidak sejalan diberat dan tinggi. saya minta tolong untuk solusinya karena saya pengen bayi saya tumbuh sehat. Untuk solusi yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

  arif wrote @

duh makasih nich mba infonya, kebetulan lagi cari cara bikin makanan babyku. baby ku baru 5 bl, tp sudah saya coba dg bubur wortel n bayam pake tepung beras bikin sendiri. ga pa2 ya. and menu lainnya kirimin dunk mba ke thevocone@yahoo.co.id thanks arif

  Hamil wrote @

Terima kasih saya akan mencoba untuk memasak untuk bayi

  Shoffy wrote @

makasih bgt yah masukannya.. sebagai ibu baru aqu agak bingung nich mbak untuk kasih anak qu bubur buatan sendiri, Selama ini aqu pake produk bubur buatan pabrik. Kira2 menu awal untuk anak qu apa yah mbak..?? dan cara bikin bubur bayi yg benar yg seperti apa sich mba. tolong di bantu yah…!!

  bunda jaboeng wrote @

Makasi banget infonya,
saya mau dong resepnya, gimana cara membuat bubur buat bayi yg msh berusia 5bln, mingung banget, bagaimana cara mengkombinasi makananya. tolong dibantu yaaa…

  Dewi wrote @

Salam kenal
mksh buat tips2nya..Skr anakku faeyza brumur 6bl..Ktka 5bl sy sdh mncba bbur instan&sekarang saya baru mau mencba membuat bubur sendiri,tapi apakah membuat kaldunya harus dari ayam kampung,bgaimana jika memakai kaldu dr bhan ayam lehor?Terima kasih atas jawabnnya…

  Suci Ikhtiarini wrote @

Anak sy umur 4 bln 7 hr . tadi udh coba diksh makan biskuit milna – beras merah 1/2 keping ternyata mau ditelan tapi sy takut2 juga sih. sebaiknya u/ perkenalan porsinya brp byk sih.

  lisya wrote @

anak saya umur 8 bulan , udah saya kasih makan bubur sejak umur 6 bulan, sekarang buburnya gak terlalu halus, kalo babynya sih suka-suka aja, tapi saya khawatir juga kalo ususnya sakit, kira2 dah bisa belum makan buburnya agak kasar Thanks mbak , ats infonya

  ndew wrote @

Setahu saya, kalau anaknya mau memakannya… berarti dia bisa memakannya.
Kalau di mulut tidak masalah, insya allah di perut juga tidak masalah.
Anak saya sudah makan nasi (yang tidak terlalu keras) usia kurang dari satu tahun.
Semoga membantu

  hani wrote @

Anakku baru 4 bulan. ASI-ku banyak. Anakku miminya banyak juga. Eh, masih aja lapar. Ya, aku coba kasih bubur dari beras merah campur sayur, daging ayam, wortel, dan labu. Aku baru tahu kalau bayai seumur gitu jangan pakai garam. Makasih ya infonya.

  Ummu Qayla wrote @

Thank’s ya info nya.. Anak ku seminggu lagi 6 bulan dan aku berencana membuat makanan sendiri untuk anakku. Sebelum nya aku sempat bingung, bolehkah menambah gula kedalam makanan bayi? Karena dari beberapa resep bubur susu yang aku baca hampir semua nya menggunakan gula.. Tapi sekarang aku sudah tau apa yang akan aku berikan untuk anakku seminggu lagi.. Thanks ya!! Mudah2an makanan buatan ku disukai anakku ya..

  isti wrote @

salam kenal, sy ibu 2 anak, anak ke2 umur 4 bulan (tgl 26 juli),sy sangat terbantu dengan rubriknya, terimakasih, ada yang ingin saya tanyakan : sampai sekarang anak saya blm bisa tengkurap, padahal anaknya aktif banget, sebulan terakhir br miring2 trs, blm sampai tengkurap. terimakasih.

  bunda syifa wrote @

salam kenal,saya sangat terbantu sekali,cos saya msh bingung buat bubur,

  ranee wrote @

saya mempunyai anak 4 bulan,sejak umur 2 bulan sa ajari membaca n menyebut nama buah2an,ketika umur 2,5 bln anak saya sudah bisa menunjuk botol susu ketika dia haus,pada umur 3 bln anak saya melihat ulet yang kebawa masuk kerumah oleh temen saya seketika itu juga anak saya menirukan gerakan ult tersebut n sekarang anak saya sudah merayap seperti jalannya ulet,apakah itu tidak bahaya?terimakasih

  ndew wrote @

insya allah tidak.. malah bagus.

  zol wrote @

jadi cocoknya brapa bulan di kasi makan

  zol_papa saira wrote @

normal brapa berat bayi naik dlm satu bulan,thank

  ndew wrote @

Sampai usia 3 bulan, kira-kira 800 gr/bulan. Setelah itu menjadi lebih sedikit karena sudah mulai aktif bergerak.

  ndew wrote @

kesiapan anak untuk makan berbeda-beda. Tapi berkisar 4-6 bulan. Untuk lebih lengkapnya silakan lihat artikel makanan bayi 4-6 bulan

  meti wrote @

salam kenal, terimakasih ilmunya sgt bermanfaat kebetulan sy baru punya bayi lagi umur 4 bulan. sedikit berbagi pengalaman sebelumnya Alhamdulilah sy biasa membuat makanan bayi sendiri sejak anak pertama. Ternyata setelah besar mereka tidak begitu suka makanan warung, selain lebih irit saya pun bisa mengontrol asupan gizi mereka dengan membuat makanan kecil sendiri. Kalo ada yg kasih makanan instan seperti chiki bisa awet berhari-hari dan akhirnya dibuang. so ibu2 tetap semangat ya buat sendiri makanan bayi banyak manfaatnya dan yang lbh penting terjaga kehalalannya.

  ndew wrote @

Terima kasih sharingnya Mbak Meti….

  siti budidarma wrote @

anakqu br 5 bln, nuggu 1 bln lg buat ksh makan, udah gak sabar, thanx infonya, aq mau ngeracik sendiri makanan buat bayiqu…..

  Ruslinda wati wrote @

Makasih atas info yang diberikan untuk anak kami

  salsabila wrote @

saya jadi punya warung sendiri

  Anisyah wrote @

Ass.Bayi sy usia 6 bln 1/2,sy kasi wortel,kentang,labu,ubi merah,diblender,sy bingung kasi apa lg,sy ingin bikin bubur tp bingung (tepung beras + air susu formula atau tepung beras + air aja?)mohon bantuannya.terima kasi

  ndew wrote @

Silakan beri apapun yang biasa anda makan kecuali sayuran yang terlalu banyak mengandung nitrat, hanya saja dalam bentuk agak lembut.
Saya suka memberi ikan, brokoli, keju, kacang hijau, kaldu, apel, pear (pir),dll

  ochi wrote @

Dear,,
kira-kira untuk bayi umur 5 bulan, makanan pendamping yang aman apa yah? selama ini bayiku minum ASI. sufor ma tajin (kl pas masak nasi) dan sejauh ini alhamdullih aman. tapi mash ragu-ragu untuk memberi tambahan. masih mencari info.bisa berbagi info kah? tks

  MEI HANDAYANI wrote @

makasih ya mba… tas infonya
pas banget dgn yg aku butuhkan
makasih ya mba

  Anisyah wrote @

Dear..
Makasi atas infonya. O ya sy pingin bikin bubur kacang hijo tp disini (Ausi) sy da cari kacang ijo ga ada kulitnya ga ada. Ga papa ya kalau ama kulitnya?. Makasi banget atas infonya. Wasalam

  ndew wrote @

Direndam saja dulu kacang hijaunya, nanti kulitnya mengelupas dan mengapung. Baru bijinya dimasak.

  viaaza wrote @

deart,,,
tlg donk kasih info jenis menu makanan yg baik n cara2 memasaknya untuk peri kecilku..baby ku udh 1,5 tahun tp mkin gede mkin malaz mkn mau nya susu mulu..berat bdn nya jd turun dr 13 kg jd 12 kg…kebetulan saya jg ga terlalu pandai memasak. bagaimana caranya supaya anak saya selera makan nya bertambah…thx a lot y…
salam,

  ndew wrote @

Uhm..gimana ya? Saya pemercaya bahwa anak itu jika sehat memiliki rasa lapar…Jadi untuk membuat anak saya makan makanan berat 3 kali sehari, saya hampir tidak pernah memberinya kudapan (snack). Pemberian susu pun secukupnya saja, 1,5 tahun itu sekitar 2 atau3 kali sehari ya?
Nanti dia akan lapar dengan sendirinya. Hingga sekarang (5 thn) anak saya tidak pernah terbiasa jajan dan ngemil, namun alhamdulillah makannya cukup banyak. Padahal dulunya juga bukan tipe yang gampang makan.
Bisa dicoba menghias-hias makanannya, seperti di tulisan ‘Bento’.http://ndew.wordpress.com/2007/07/25/bento/
Apadaya nasib ibu memang sepertinya harus lebih kreatif dalam berkreasi masakan untuk anak. Tidak perlu mencari resep yang aneh-aneh, asal variatif saja. Sesekali sandwich (roti isi, bisa telur, keju, kornet, apapun), mie (jangan yang instan ya…), sup, apapun. Cukup banyak kok resep dengan hasil menarik tapi usaha yang diperlukan sedikit (saya juga gak pintar memasak). Salah satu menu favorit anak saya adalah wortel atau brokoli rebus, super simpel memasaknya bukan?
Sepertinya anak senang kalau ketika makan semua orang makan… sambil mengobrol bersama, tunjukkan bahwa makan adalah kegiatan menyenangkan-bukan penyiksaan, ajak balapan, tapi jangan diajak bernyanyi.
Kalau sudah bisa diajak masak, bisa juga mengajak mereka ikut menyiapkan makanannya sendiri mulai dari mencuci sayuran, mengocek telur, dll. Anak saya paling senang ikut memasak telur dadar.
Apalagi ya…
Sabar saja… nanti juga ada saatnya mereka benar-benar merasa makan itu kebutuhan, sampai-sampai bisa protes kalau tidak diberi makan.
Semoga membantu…

  ndew wrote @

Uhm..gimana ya? Saya pemercaya bahwa anak itu jika sehat memiliki rasa laparJadi untuk membuat anak saya makan makanan berat 3 kali sehari, saya hampir tidak pernah memberinya kudapan (snack). Pemberian susu pun secukupnya saja, 1,5 tahun itu sekitar 2 atau3 kali sehari ya? Nanti dia akan lapar dengan sendirinya. Hingga sekarang (5 thn) anak saya tidak pernah terbiasa jajan dan ngemil, namun alhamdulillah makannya cukup banyak. Padahal dulunya juga bukan tipe yang gampang makan. Bisa dicoba menghias-hias makanannya, seperti di tulisan Bento. http://ndew.wordpress.com/2007/07/25/bento/ Apadaya nasib ibu memang sepertinya harus lebih kreatif dalam berkreasi masakan untuk anak. Tidak perlu mencari resep yang aneh-aneh, asal variatif saja. Sesekali sandwich (roti isi, bisa telur, keju, kornet, apapun), mie (jangan yang instan ya), sup, apapun. Cukup banyak kok resep dengan hasil menarik tapi usaha yang diperlukan sedikit (saya juga gak pintar memasak). Salah satu menu favorit anak saya adalah wortel atau brokoli rebus, super simpel memasaknya bukan? Sepertinya anak senang kalau ketika makan semua orang makan sambil mengobrol bersama, tunjukkan bahwa makan adalah kegiatan menyenangkan-bukan penyiksaan, ajak balapan, tapi jangan diajak bernyanyi. Kalau sudah bisa diajak masak, bisa juga mengajak mereka ikut menyiapkan makanannya sendiri mulai dari mencuci sayuran, mengocek telur, dll. Anak saya paling senang ikut memasak telur dadar. Apalagi ya Sabar saja nanti juga ada saatnya mereka benar-benar merasa makan itu kebutuhan, sampai-sampai bisa protes kalau tidak diberi makan. Semoga membantu

  maya wrote @

asm trima ksh ya mba infonya, mufidku baru 2hr ini 6bln n coba untuk disuapi. tp sy msh bingung cara memberi makanan yg bermutu untuknya, sekarang sy msh pakai sereal dr pabrik smoga dgn info ini sy dpt membuat sendiri.

  muthia septarina wrote @

makasih banyak infonya….jadi pengen langsung praktekin di rumah pulang kerja nanti..anak ku mikaela (5M 3W) sudah diajarin maem, jadi punya resep sehat buat makannya..oh iya kalo baru makan gini aku baru ngasih makan 2 kali sehari apa perlu 3 kali sehari yah?makasih…

  ndew wrote @

sepertinya cukup 2 hari sekali dulu, mengingat usia segini lebih penting minum susu daripada makan

  Anisyah wrote @

Ass.Makasi atas infonya.Skrng anak sy 9 bln,tp skrng ga mau mkn,hanya mau mkn buah(tomat,apukat,peach)yg dipegang ama tanganya sendiri.Bdnnya sumer(kt org jawa)da 3 bln,o ya dia da punya gigi 10,dibawa 2,diatas kanan 4,kiri 4.Kdg sy kasi jus melon,cerry.Tidurnya ga nyenyak.Sy coba kasi sup(kentang,wortel,tomat,daging)tetap ga mau mkn.Sy bingung mau kasi apa?

  siti wrote @

thank bgt infonya,,,,,,,, tapi anak saya aga susah makan udah di coba berbagai rasa tetep aza ga mau, tapi yang anak saya suka cuman beras merah sama rasa kacang ijo gimana ya cara ngatesinnya

  Mengapa memasak untuk bayi? « serba-serbi wrote @

[...] makanan bayi 4 – 6 bulanmakanan bayi 6 – 8 bulanmembuat makanan bayi sendirimakanan bayi 0 – 4 bulansusu untuk anak satu tahun ke atassaus tomat (Spaghetti Bolognaise)posisi [...]

  Gian wrote @

anakku 6 bulan seminggu.. udah saya kasi bubur kentang sama melon jingga (googling), makannya lahap. boleh ga sih mbak untuk perkenalan makannya spt itu? takutnya malah pencernaannya tganggu dan bisa (maaf) mencret seperti hari ini. sy ga tau jg apa karena makanan yg saya kasi atau karena yg lain.. thanks b4

  ndew wrote @

Barangkali melonnya terlalu banyak, mbak…
Silakan dicoba melonnya dikurangi (bukan dihilangkan). Kalau masih mencret juga, bisa jadi memang belum bisa makan melon. Silakan dicoba makanan lainnya (jangan dihentikan makannya).
Pada dasarnya setiap mencoba menu baru untuk anak memang sebaiknya satu-satu, jadi ketahuan mana yang bayi bisa terima dan mana yang belum bisa.

  sduwi wrote @

salam kenal smua,,,thanks utk infonya cukup membantu..bt sy yg baru punya baby

  Yega Harya Prima wrote @

Aslmlkm..
seneng rasanya bisa gabung dan punya bnyak pengetahuan disini,,
mba’saya mau tanya, saya punya anak pertama, umurnya baru 4 bulan 1hari, akhir-akhir ini kalo minum susu sampai 1x minum bisa habis 260 ml, jadi takut apa gak berlebihan, saya takut anak saya muntah, jadi saya kasih empeng, tapi masih aja mau minum susu. apa perutnya masih laper,jadi harus dikasih bubur susu?hanya saja saya lagi bingung, soalnya mertua saya belum boleh kalo saya kasih makanan tambahan, tapi kalo dibiarin, anak saya suka gigit tangannya sendiri.. mainanya dimakan, kain dimakan, apapun yang ada ditangannya mau dimakan,jadi apa yang sebaiknya saya lakukan?berapa kali sebaiknya saya kasih bubur?kalau buburnya encer, dikasih pakai sendok apa pakai botol?
terus, saya mau tanya lagi, sejak anak saya usia 3 bulan kan udah bisa bolak balik badannya, malah mau duduk, tapi saya tkut, karna kata dokter belumboleh duduk tegak, soalnya tulang belakangnya belum kuat, tapi malahan anak saya kalau dibilang 123 sudah bisa tarik jari saya sampai duduk sendiri, apakah bahaya??apa dampaknya kalau dia sering belajar angkat badannya sendiri tanpa bantuan untuk duduk?soalnya dia suka marah kalau dicegah.
mohon bantuannya,, terima kasih…

  ndew wrote @

Saya pemercaya kecepatan tumbuh dan berkembang anak itu berbeda-beda. Ada yang cepat bisa makan, ada yang lambat. Ada yang cepat jalan atau bicara, ada juga yang tidak. Selama anak-anak itu bisa dengan sendirinya tanpa harus dipaksakan, saya percaya tidak apa-apa.
Tentang menggigit-gigit, bisa jadi dia gatal gusinya karena mau tumbuh gigi.

  dewi wrote @

saya senang baca artikelnya, sangat bermanfaat.
saya ada pertanyaan,untuk makanan bayi umur berapa bulan bisa ditambahkan garam garam dan gula ?
thanks a lot

  ratna wrote @

ass..mbak…terimakasih sekali ya atas info2 nya, saya jg punya anak kecil jd ini sangat membantu
saya.salam kenal mbak….:)

  alia shahab wrote @

Assl…mbak, nanya lagi nich….skrg “Almira ” ku uda usia 8 bln…dy otw 9 bln nich… Menu mkn nya apa mesti 1hari 3x bubur/nasi tim saring + buah ? udah boleh makan ikan salmon? tapi dy masih blm tumbuh gigi, duduk juga didudukin…yg buat bhgia dy uda bisa merayap nyusul aku ke dapur he he he….Gmn mbak anakku telat perkembangannya? oh ya beratnya 9 kg, selama ini aku kasi bubur beras merah+kentang+wortel…ASI…Pear+Alpukat aja….justru klu dikenalin menu baru dy rada rewel… thx udah dengerin curhat ku….blz di email ku aja yaa

  va wrote @

makasih ya infonya…
Nanda br 4bln sih… tp kan perlu persiapan biar ibunya g sok tau…
hehe..

  nuni kartika wrote @

ass..maf mba sy br slm knl y sy pny ank 6 bln lg bljr mkn tp awal2 p.u.p ny kras 1mngg kmdn ko jd mencret y? ap mknan.y yg slah soal.y sy ksh bu2r instan.Biscuit.Pisang.Pepaya.Tx y

  grosiran pakaian anak wrote @

Thaks infonya… bisa di coba…

  Eka Puspita Sari wrote @

makasih…
soalnya aku lg bingung..
anakku pg td ga mau mnum susu..
aku lebih tenang stlh baca info ni..

  Yanti…. wrote @

Ass,,halo bunda…salam kenal aku ibu dari 2 org anak,yg pertama 1,2 tahun yg kedua bru 4 bulan…anakku yg prtama agak susah mkn sayur,sdangkn adiknya ASI kayaknya udah tdk ckup, sy mau tanx gmn cara buat anak spy suka mkan sayuran ? trus apa bleh bayi umur 4 bln diberi mkan….trus mkanan yg bgmn yg cocok u/ usianya ?

  susan habieb wrote @

mksih atas tips,jdi lbih praktis buat bubur di saat lgi sibuk ataupn saat mlz..

  carpet wrote @

keep posting :D

  kristina wrote @

sanga membantu sekali tentang cara membuat makanan bayi. terima kasih

  Intan Lidya wrote @

thanks banget ya infonya, benar2 sangat membantu… maklumnii ibu baru… :)

  eros r wrote @

assalamualaikum…
mkshih infonya!
mau tanya,kalo mnggunakan tepung beras buatan sendiri,gimama caranya agar tahan lama,karna porsi yg kita berikan pasti sdikit2,sdangkan untuk menepung beras sendiri tdk bisa sdikit2 kan!

  ndew wrote @

saya pakai tepung beras yg sudah jadi. dimasak dua hari sekali, disimpan di kulkas bagian pendingin bukan pembeku.

  mawar wrote @

makasih ya mbak,ak jd tau makanan yang baik buat buah hatiku

  trianawinarti wrote @

anakku usia,kurang seminggu 6 bln,kenapa ya,kukash,perkenalan makanan,selalu didorong keluar.

  ndew wrote @

Mungkin kekentalannya kurang cocok, Mbak.Terlalu kental atau terlalu encer. Ada baiknya untuk pertama kali dicampur asi/sufor yang sudah biasa dia minum supaya rsanya familiar.

  Bali villas wrote @

jadi terbantu dengan membaca tips ini,,,,,

  Bunda whidyanca wrote @

Assalammualaikum,….
Saya bunda nya whidi,ank saya bru 5 bln 10hari,saya pernah mengasih sereal siap saji buat ank saya,ohy,makanan apa yg bgs buat sikecil ya,?

Thank’s bunda whidy, :)

  mela wrote @

bunda…sy pny bayi usia 4bulan.tapi berat badannya cuma 4,9 kg skrng.sy b’niat m’beri makanan pendamping ASI.mohon diberi saran…mksh

  ndew wrote @

Rasanya kalau anak mbak berat badannya belum 2kali berat ketika lahir tidak disarankan diberi makanan tambahan, Mbak. Silakan lihat bagian makanan bayi 4-6 bln.

  Bunda Lia wrote @

Thanks infonya,minta resep makanan bayi usia 5-8 bln ya,mohon krm k email ku or hp 08980332560,mkch bunda smua…

  Roni piterson wrote @

Trims infonya sangat membantu

  rita wrote @

mbk anak saya sekarang udah usia 4 bulan…dy beratnya sekarang 7,2 kg….dy sejak 3 bulan udah mau makan,lha dy minum susu aj mash rewel trz, sya coba kasih bubur sedikit eh dy mau makan akhire saya buatkan bubur sendiri….apakah ank sya segitu kegendutan??tp dy umur 3 bulan udah tengkurep tp blm bs balikkan badanya…

  Popok Kain wrote @

Makasih banyak infonya, sangat bermanfaat bagi ibu-ibu muda yang masih minim pengalaman hehe..

  Aleniea wrote @

.bayiku usia 4bln lebih, tapi belum di ksih makanan pendamping, tapi karna artikel ini saya jadi ingin cepet2 ngasih,, makasih..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: