serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

makanan bayi 6 – 8 bulan

Ditulis berdasarkan sedikit hasil baca-baca, dan sedikit pengalaman mengasuh satu anak. Mohon maaf bila ada kesalahan. Sangat dianjurkan untuk cek ulang ke sumber-sumber lainnya.

Pada usia ini bayi sudah bisa makan makanan padat. Jenis makanan yang diberikan juga lebih beragam selama disesuaikan kelembutan dan kekentalannya sesuai kebutuhan bayi dan tidak diberi garam atau gula.

Tanda-tanda bayi siap makan makanan padat

Ini adalah ciri-ciri yang perlu diperhatikan walaupun mungkin bayi anda belum melakukan semuanya

- Sudah bisa menegakkan kepala sendiri

- Bisa duduk dengan baik di kursi

- Bisa melakukan gerakan mengunyah

- Berat badan terlihat meningkat hingga kira-kira sudah dua kali lipat berat badan ketika lahir

- Terlihat tertarik pada makanan

- Bisa menutup mulut jika disodorkan sendok

- Bisa memindahkan makanan dari mulut bagian depan ke mulut bagian belakang

- Bisa menggerakan lidah, dan tidak lagi mendorong makanan keluar menggunakan lidah

- Terlihat masih lapar setelah diberi delapan hingga sepuluh kali ASI atau 1200 cc susu formula

- Mulai tumbuh gigi

Jenis Makanan

- ASI atau susu formula DITAMBAH

- Bubur sereal beras atau bubur tepung beras

- Dilanjutkan dengan sereal biji-bijan lainnya

- Bubur sayuran (misal: ubi manis, labu-labuan) atau bubur buah-buahan (misal: pisang, apel, pear, alpukat)

- Kaldu

- Produk susu sapi seperti keju

- Daging sapi, daging ayam, daging kambing, hati, dan ikan yang sudah dihaluskan. Ikan ada yang menganjurkan ditunda hingga lebih dari satu tahun karena berpotensi menimbulkan reaksi alergi

- Merah telur. Putih telur ada yang memperbolehkan sebelum satu tahun, ada juga yang menganjurkan ditunda hingga lebih dari satu tahun karena berpotensi menimbulkan reaksi alergi

- Tahu

Bagaimana

- Mulai dari bubur tepung beras yang sangat encer satu hari sekali, kira-kira sebanyak 1/2 sendok makan pada percobaan pertama. Mengapa beras? Beras memiliki resiko alergi yang rendah.

- Jika bayi sudah mulai terbiasa makan, bisa ditambah porsinya atau ditambah kekentalan buburnya. Lama kelamaan bentuk makanannya sudah tidak perlu terlalu halus, mirip seperti bubur untuk orang dewasa.

- Selalu berusaha memperkenalkan jenis makanan baru kepada bayi dengan mengingat waktu menunggu 4 hari untuk melihat apakan bayi memliki reaksi alergi terhadap makanan itu. Diawali dengan memberikan satu rasa setiap kali menambah menu. Apabila terlihat tidak menimbulkan reaksi alergi, hari-hari berikutnya bisa dicampur dengan rasa lain yang sudah ketahuan tidak menimbulkan reaksi alergi juga. Jangan batasi jenis makanan untuk bayi anda, meskipun itu makanan yang tidak anda suka.

- Beberapa orang menyarankan untuk memberikan sayuran terlebih dahulu sebelum diberikan buah-buahan, sehingga bayi tidak lebih lebih dahulu kenal manisnya buah.

- Bila bayi sudah terbiasa makan sekali dalam sehari, bisa ditambahkan menjadi dua kali dalam sehari dan kemudian menjadi tiga kali.

- Rangsang anak untuk mengunyah. Bila terlihat bayi bisa melakukan gerakan mengunyah walaupun belum memiliki gigi, bisa mulai diberikan diberikan makanan yang tidak terlalu lembut seperti potongan kecil pisang (tidak usah dilembutkan), potongan pepaya, mangga; atau juga makanan agak keras seperti potongan roti kering, wortel, apel, potongan keju, sehingga bayi tidak bisa menggigitnya hanya bisa menggerogoti. Biarkan mereka memegang dan mencoba menggerogotinya. Bayi tidak mengunyah makanan menggunakan gigi, melainkan ditekan oleh gusinya. Pastikan makanan yang diberikan kepada bayi tidak berpotensi untuk membuat dia tersedak dan selalu diawasi ketika makan. Membiasakan anak mengunyah sejak usia dini memudahkan dia untuk lepas dari makanan lembut.

Makanan yang dihindari

- Madu. Tidak dianjurkan untuk bayi dibawah usia satu tahun, karena ada kemungkinan terkena bakteri Clostridium Botulinum. Bayi belum memiliki imunitas terhadap bakteri ini.

- Garam. Makanan bayi sebaiknya tidak diberi garam karena belum kuat diproses oleh ginjalnya. ASI dan formula sudah mencukupi kebutuhan garam ditubuhnya

- Gula. Biarkan bayi tidak terbiasa pada rasa manis yang bisa merusak giginya.

- Kacang. Selain ada kemungkinan tersedak, kacang juga sangat berpotensial menimbulkan reaksi alergi

- Susu sapi sebagai minuman. Tidak mencukupi kandungan lemak, nutrisi (terutama besi), dan kalori. Terlalu banyak sodium. Juga berpotensi menjadi alergen. Kecuali produk susu seperti keju, diperbolehkan setelah bayi berusia 6 bulan.

Catatan- Pada usia 6-8 bulan ini, ASI atau susu formula masih menjadi sumber utama makanan bayi. Makanan lain hanya sekedar tambahan.

- Selalu menunggu 4 hari untuk memperkenalkan makanan baru kepada , agar terlihat apakah bayi memiliki reaksi alergi terhadap makanan itu

sumber:

http://www.babycenter.com/

http://www.wholesomebabyfood.com

http://www.salt.gov.uk/babies_and_children.shtml

http://www.surgerydoor.co.uk/

http://www.health.state.mn.us/

dan sumber lainnya (lupa)

About these ads

106 Komentar»

  Pio wrote @

Mbak thanks banget dah sharing info. Rada giri2 nih.. (anak pertama ), blm banyak tau.

makasih juga sudah mampir…ngomong2 giri2 itu apa ya?

  Kiki wrote @

Mbak,
infonya sangat membantu, lho. Lagi bingung banget nih, Mbak, berapa besar, sih, porsi makan bayi yg harus kita berikan? Bayi saya hampir 6,5 bulan. Berapa sendok makan yg saya harus berikan utk breakfast, lunch dan dinner? Regards,
Kiki.

hi mbak kiki.. salam kenal…
saya juga gak tau persis berapa banyak porsinya…
teorinya sih…ikutin maunya anak aja…
kalau dia masih mau… tambah..
kalau gak… jangan dipaksa…
kalau dipaksa.. nantinya dia jadi anti makan… (makan jadi musuhnya..)jadi berabe….
nanti juga kalau lapar dia nangis….
anak saya termasuk yang susah makan.. kayaknya gara-gara lagi kecilan sempet dipaksa-paksa (yang pake nyanyi2 gitu loh…)..jadi repot sekarang…(menyesal mode ‘on’)
ada anaknya teman yang gampang banget makan.. segala di makan tanpa masalah… gak tau emang bakat.. gak tau gimana… tapi, kalau diliat2.. dia itu gak pernah dipaksa makan.. mau, dikasih.. gak mau, gak usah… seneng banget ngeliat dia makan sekarang.
semoga membantu…

  nina wrote @

salam kenal……….

mbak..saya minta solusi untuk anak saya,anak saya usianya 7 bln dengan berat lahir 4,1kg panjang 54cm.tapi dengan usinya 7bln berat badannya hanya 6,3kg padahal di usia 5bln anak saya sudah makan bubur susu 3X sehari.sekarang anak saya makan bubur saring 2X sehari,di pagi hari makan bubur susu jg di tambah buah-buahan.o ya sampai ekarang anak saya hanya minum ASI….tolong ya mbak gimana solusinya.trims………

  ndew wrote @

Saya sudah lupa berat badan anak saya pada usia sekian berapa. Apakah anaknya terlihat terlalu kurus? Kalau tidak, menurut saya biarkan saja. Tapi kalau iya, silakan periksakan ke dokter. Umumnya memang anak usia 6-7 bulan tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan mengingat pada usia itu mereka biasanya sudah mulai aktif bergerak, tidak hanya tiduran saja sehingga energi yang didapatkan dari makanan akan habis dipakai beraktifitas.
Sepertinya bakat anak-anak juga berbeda-beda ada yang mudah gemuk ada juga yang diberi makan berapapun badannya tidak membesar dengan cepat.
Saya juga ASI penuh, dan berat badan anak saya tidak pernah yang berlebih hanya sampai pas dibatasnya saja. Menurut dokternya dulu hal itu tidak jadi masalah, selama anak saya berat badannya meningkat.
Saya pemercaya besar/gemuk tidak selamanya berarti lebih baik.

  Kiki wrote @

Aduh, lupa bilang makasih. Makasih ya, Mbak.

  nina wrote @

Dear all,

Anak saya sudah 7 bulan lebih tapi kenapa susah bgt yach makannya padahal semua sudah di coba.

kalo makan pasti di emut tidak langsung di telan , ada advice yang bisa bantu

Thx,
Bundo Zufar

  maihara wrote @

mbak,jadi nasi tim tidak boleh dikasih garam ya?anak saya 6,5 bulan sudah mkn nasi tim saring,biskuit dan bubur susu.Tp semenjak mkn itu susunya cuma 400 cc.Kurang kan?Jadi harus dikurangi makannya ato gimana.pls reply donk.thanks.

  ani wrote @

makasih utk infonya. anak saya usianya dah 7 bulan. makan nasi tim sejak usia 6,5 bulan. trus klo buat nasi tim agar ada rasa dikasih apa ya klo garam dan gula tdk boleh diberikan pd anak usia tsb. anak saya jg udah doyan bubur nasi, bubur sumsum. dulu pernah tak kasih madu saat saya buat jus alpukat. bagaimana yah?

  lia wrote @

gak ada masalah dengan pemberian sedikit garam atau gula namun harus diberikan kadar yg sedikit sekali utk menambah sedikit rasa pada makanan, sedangkan madu memang belum waktunya utk diberikan, karena madu itu sebaiknya diberikan pada anak yg menginjak usia 1 tahun.

  enny wrote @

bakteri Clostridium Botulinum itu menyebabkan apa ya?

  mamatoya wrote @

untuk semua,
saya juga mohon info donk… untuk pengganti garam dan madu supaya makanan ada rasanya pakai apa yaaaaaa???karena anak saya saat ini baru menginjak usia 6 bulan. dan bakteri clostridium botulinum itu apa dan menyebabkan apa?

  ndew wrote @

Menurut teori.. bayi itu belum tahu rasa. Dia hanya tahu asi itu agak manis, itupun tidak terlalu manis. Jadi kalau memang belum pernah dikenalkan pada rasa-rasa baru, mereka tidak akan ‘protes’ rasa makanannya tidak enak. Umumnya lagi, bahan dasar makanan itu sudah punya rasa sendiri (wortel manis, kaldu gurih, dll, dkk).
Biasanya yang protes rasa makanan bayi tidak enak itu yang menyuapi karena iseng-iseng pingin tahu juga rasanya seperti apa. hueheheheh….

Kalau mau tahu lebih lanjut tentang botulinum.. silakan baca ini http://www.cdc.gov/nczved/dfbmd/disease_listing/botulism_gi.html

Kira-kira menurut tulisannya bisa mengakibatkan lumpuh karena dia meracuni saraf.

Mohon maaf kalau ada yang salah informasinya…

  stanny wrote @

Mba anakku Sakha (6bln,4 hari) ASIX, hari pertama makan aku coba tepung beras coklat + asi, dari suapan pertama dah nolak mba, padahal dah pake nyanyi2, kasi krincingan sampe dipaksa, masuk pun disembur. hari kedua coba tepung beras merah + asi, ditolak juga, Hari-3 coba biskuit farley original tetep gak mau, campur jeruk baby gak mau.
Hari-4 akhirnya coba bubur instan milna, hiks liat sendoknya aja udah nangis. Aku harus gimana ya? bingung banget, sepertinya dia udah trauma makan. Apa perlu di stop dulu makannya selama beberapa hari? Makasih banget atas responnya

  lia wrote @

dear mami, mgkn anak ibu belum membiasakan diri utk makan, mgkn utk awal pertama coba dipancing dengan makanan ringan seperti bubur cerelac,dll. liat bagaimana responnya, ketika anaknya lapar, jgn buru2 diberikan asi/susu,namun berikan makanan tersebut, lama kelamaan dia akan terbiasa dgn asupan makanan yg diberikan koq mami, harus sabar dan telaten ya :)

  debbye wrote @

begini anak umur hampir 7 bulan tapi belum saya kasik makanan apapun cuman susu saja, apakah itu membuat bayi tidak tumbuh lebih cepat.
sebab anak saya 4 kali opname di RS disebabkan batuk rejan. gimana sebaiknya untuk anak saya?

thanks’

  ina wrote @

hai mba lam kenal….anakku udah 6 bln,maemnya jg semangat…tp mi2k susunya (formula) yg kurang…kebetulan aku jg kerja..gmn ya ngatasinya?

  eksa wrote @

mhn info bgmn y anakku dah 7 bln tp dicoba disuapi buah ga mau,aq mesti gmn y mbak ada saran g? tp klo diksh bu2r milna dgn rasa apa aja lumayan jg mkn nya. maunya aq bs dikenalkan dgn buah or sayur. tp gmn y anakku sllu memuntahkannya lg.

  fanny wrote @

dear ibu sakha,
anak saya nando jg dulu gt.
skrg dia udah 4 bulan.
dia tiap saya kasi a, b, c nangis.
saya coba2 trus berbagai macam rasa.
skrg dia suka yg nestle tahap1, rasa tepung beras putih, apel, cranberies.
dan buah dia suka.
pisang, apel, alpukat, dll
cobain bu.
mpe ada yg dia suka.

  Uci wrote @

mbak,…..
mo nanya nich…anakku udah 6.5 bln.dr umur 4 bln udah dikasih pisang,5 bulan mulai bubur susu, baiknya kalau tim saring mulai kapan ya?

thx……

  ndew wrote @

untuk mbak uci…
Kayaknya gak ada angka pastinya kapan bayi itu harus dikasih makan apa.
Yang jelas, setiap hari atau setiap minggu makanannya harus dibuat semakin keras dan semakin kasar secara gradual. Tidak perlu langsung pindah secara mendadak.

  mardiah wrote @

mbak….anak saya 6 bln uda saya kasi makan,tapi dia gak mau,nasi tim uda saya buatin,bubur milna.promina.nestle cerelac,tapi satupun gak ada yang dimakan.Anak saya punya resiko alergi sama telur,kacang tanah,sama ikan2 laut dan kata dr anaknya dia alergi susu sapi juga,waktu itu pernah say ganti susuny jadi NAN HA1 waktu dia blm 6 bln tapi dia kayakny tdk cocok,anak saya jadi diare mimum susu tsb.Susunya sekarang saya ganti jadi SGM,saya juga harus kerja dan harus ninggalin anak saya di rumah sama pembantu,dia juga kurang suka minum susu formula,makanya saya bingung mbak,kayakny berat badannya susah naik,pernah mbak waktu dia habis imunisasi DPT keluar bintik2 merah di badannya apa alergi karena imunisasi tsb ga tau jg?tolong mbak kasih sarannya gimana solusi untuk anak saya.Makasi sebelumnya ya mbak…

  ndew wrote @

Mbak Mardiah… mungkin anak Mbak belum siap makan, jangan dipaksa. Sekali makan mulai dari satu sendok kecil saja sudah cukup, namanya juga belajar dulu. Lama-lama baru ditambah sedikit-sedikit porsinya. (silakan dibaca lagi artikel di atas)

Susu sapi memang tidak disarankan untuk anak dibawah satu tahun (silakan baca lagi artikel diatas).

Mengenai susu formula, mohon maaf saya kurang bisa memberi masukan karena tidak berpengalaman.

Tentang alergi terhadap makanan, silakan mencoba satu-satu makanan setiap 3 hari untuk mengetahui anak Mbak alergi terhadap makanan apa.

Mohon maaf kalau kurang membantu

  kikie wrote @

mbak,
anakku da hmpr 8 bulan. aku mo mulai kasi makanan agak kasar nih..gimana ya cara bikinnya.aku takut salah bikin, takut terlalu keras & susah utk dicerna lambungnya…makasih sebelumnya ya…

  ndew wrote @

Mbak Kikie…
Halo Kikie…
Tidak usah takut salah bikin.
Mulai dengan kekentalan dan kekerasan yang mendekati makanan dia
sekarang. Kemudian secara berangsur dibuat lebih kental dan lebih
keras.
Kalau anak anda tidak mau menelannya, kemungkinan besar lambungnya
belum bisa mencerna. Kalau dia bisa menelannya, kira-kira lambungnya
juga sudah bisa mencernanya.

  dewi wrote @

halo mbak..
anakku 4 hari lagi usianya 8 bulan ..
kalo di kasih makanan yang agak padat seperti puding yang dilumatkan dia seperti mau muntah..trus dia juga ndak lahap makannya kalo tidak ditambah garam..kira2 gimana itu mbak???
apa umur 8 bulan makanannya sudah bisa ditambah garam???
tolong jawabannya dikirim ke emailku ya mbak..

best regards

dewi

  ndew wrote @

silakan ditambah garam, tapi sedikit saja (lebih sedikit dari garam untuk lidah ibunya)

  abd rauf abdullah wrote @

salam…mba
saya mau nanya anak saya yang pertama usianya 2 thn yang kedua 6 bulan, kira2 untuk memenuhi kebutuhan gizinya dengan pola makan yang seperti apa? ditunggu jawabannya ya mba? ke emailku aja..
makasi…..

  ndew wrote @

Saya pemercaya pola 4 sehat 5 sempurna, mbak.
Tentang porsi, sepertinya setiap anak memiliki daya tampung makanan yang berbeda-beda.
Selama berat badannya bertambah dan sang 4 sehat 5 sempurna terpenuhi, sudah cukup buat saya.

  Cucu nurhayati wrote @

Mbak, anak saya skrg dah umur 6,5 bln saya kasih bubur tepung beras merah campur wortel dan brokoli yg sdh direbus dan diblender, apa gak mslh jika sayuran yg matang td disimpan dikulkas dlm waktu seminggu, kasih tau donk cara buat tim saring, thanks ya mbak!

  ndew wrote @

Kalau di bekukan, bisa tahan sampai 1 minggu.
Tapi kalau hanya didinginkan, tahan sampai 2 hari.
Silakan baca http://ndew.wordpress.com/2007/03/13/membuat-makanan-bayi-sendiri/

  menik wrote @

mbak,anak saya “Sakti” tgl 2 feb”09 usianya 6 bulan.Dari umur 4 bulan sudah saya latih untuk makan biskuit bayi Milna & Promina,awalnya memang susah tapi saya coba dengan sabar juga berbagai cara yakni dengan menyanyi,cilukba,dan memberikan mainan untuk membuat dia sibuk sehingga lupa bahwa dia sedang disuapin walhasil makanan selalu habis lho…senang sekali melihatnya.Sekarang sudah saya buatkan bubur saring + susu alhamdulillah dia juga suka.Saya hanya memberikan sesuai kebutuhannya dan tidak pernah memaksanya kalau sudah bosan.Untuk selingan saya berikan masih buah pepaya.Saya ingin memberikan agar-agar campur susu,jika sisa berapa jam bisa saya berikan lagi mengingat susu tidak tahan lama.apakah boleh disimpan dilemari es untuk sementara dan dihangatkan saat mau disuapin.?Mohon beri tahu,trims ya mbak.

  ayu pradnya wrote @

anak saya umurnya sudah masuk 7 bulan,,maunya saya ajarkan maem buah..saya mau tanya mbak bagaimana caranya mengajarkan bayi maem buah soalnya saya sudah pernah coba ksi pepaya tapi anaknya gak mau…trims ya mbak

  Shi wrote @

Slm knl mbk..byi sya udh 6,5 bln udh dksh mkn sjk umr 5,5 bln.smnggu yll ank sy flu&btuk sy bwk k DSAK.dr mngjrkn ksh mkn 1x shr pdhl sblmny 3x shr dskngn jg sm biskuit milna.yg mau sy tny kn bgaimn baikny ank sy mkn 1xsh atw 3xshr.umr 6,5bln udh bs dksh nasi pth cmpr syran yg dblnder g mbk.thx ats jwbnny y mbk tlng bls d email sy y mbk po.oe_tiah@ymail.com

  mama arsyi wrote @

hai mbak.. salam kenal ya dari mama arsyi.. skrg arsyi udh 8 bulan, skrg arsyi makannya nasi tim saring, porsinya kira2 150ml.. kebanyakan atau pas ya mbak porsinya.. tq

  Dee wrote @

Sy ibu muda,anak sy umur 6bln,sy mengikuti saran dokter utk asi eksklusif.Sekarang anak sy,sy cb beri makan biskuit milna tp selalu dimuntahkan,sy beri nestle jg tdk mau.Sampai2 sy putus asa.Tolong beri sy solusinya.Kirim k email sy dewi_nok@yahoo.Com

  Jade wrote @

Anak saya usia 6.5 bln sekarang sdh mulai saya ksh biskuit cmpr dg susu tdk mau, sy kasih nestle jg tdk mau. skr sy beri bubur saring jg tdk mau…
saya jadi bingung??? mesti gimana ya???
dulu pun sblm mkn padat minum susunya juga susah mesti tunggu tidur br mau, tapi skr lebih mau susu drpad bubur n biskuit…
sy udah coba segala cr tetep aja ga mau makan mlh dikemut dan dimuntahkan..
gimana ya??? plz help!!!

  ETHI wrote @

anak saya usia 9 bln, mpe sekarang blm bisa makan, paling 2 mpe 3 sendok az, itupun 1 minggu sekali, minum susu nya jg susah tunggu tidur baru hbs susunya, tapi berat badannya alhamdulillah naik terus setiap bulannya, gmn y solusinya biar anak saya enak makannya…..

  lia wrote @

dear mami, anak jangan dipaksakan makannya, pelan2 dan bertahap ya mam :) nanti jg dia akan terbiasa koq dengan kebiasaan barunya itu. :)

  lisya wrote @

thanks mbak, saya baru tau juga kalo ternyata madu gak bagus buat bayi, anak saya 6,5 bulan. udah beberapa kali saya kasih madu, katanyanya sih bagus buat bayi.

  momi key.. wrote @

sbnrya kasihan bget klo liat baby ku hrus BAB seperti org mo melahirkan, sampe2 kdg aku kkudu menangis jikas melihat kejadian ini. krena aku tajut annakku tyak kasih makanan yang belum saatnya aku kasihkan terus , mungkin ada yang kasih momi key..??? Please..

  ndew wrote @

Momi Key….
Mungkin menu makanan anak anda terlalu padat untuk usianya. Silakan dicoba untuk agak dicairkan dan ditambah sayuran.
Kalau masih susah BAB juga, silakan dicoba diberikan buah pepaya sebagaimana layaknya kita juga kalau susah BAB dianjurkan memakan pepaya.
Pastikan sang anak cukup asupan cairan (ASI).
Semoga membantu.

  tika wrote @

salam kenal..nama saya tika.anak saya Quinsha 8,5bln msh asi.makan bubur susu(asi),buah+asi,& sdh makan tim saring.apa benar semua buah&sayuran sebelum di blender hrs di kukus dlu?trims

  ndew wrote @

Untuk sayuran, benar. Demi menjaga kesterilan sayuran dari kuman dan pestisida.
Untuk buah, tidak benar. Tergantung jenis buahnya. Karena umumnya buah memiliki kulit, jadi teorinya isinya aman dari berbagai kuman dan pestisida. Buah menjadi perlu dikukus/dimasak terlebih dahulu demi membuatnya menjadi lebih empuk saja sehingga mudah dimakan oleh bayi. Jadi untuk buah yang sudah empuk seperti pisang, pepaya, mangga, dsb tidak perlu dimasak terlebih dahulu.
Saya tidak mengerti apa itu amp.
Semoga membantu.

  ndew wrote @

lupa menambahkan, kalau mau lebih aman ada baiknya menggunakan sayuran atau buah-buahan organik yang bebas obat-obatan dan pestisida

  Mardiana wrote @

Mbak, anak saya umur 8 bulan, makannya banyak, tp mengapa buang air besarnya dalam sehari bisa 4-5 kali, apa hal ini disebabkan karena makannya terlalu banyak? mohon infonya

  ndew wrote @

Bentuk buang air besarnya normalkah? Tidak terlalu encer atau berwarna aneh?
Kalau tidak, kira-kira tidak apa-apa.
Bisa jadi memang karena makannya terlalu banyak. Semakin banyak pemasukan, akan semakin banyak juga pengeluarannya. Apakah terlalu banyak makannya?

  baby ilyas wrote @

mo tanya dunk, anakku dah ampir 10 bulan tapi makannya masih diblender karena giginya baru tumbuh satu dibawah,aku pernah denger-denger kalo dah umur segitu makannya harus dibuat aga kasar alis enggak usah diblender atau disaring lagi karena berpengaruh sama kemampuan bicara dan tumbuh giginya. Aku dah coba tapi anakku malah enggak mau makan (45 menit cuma masuk 5 suap itu pun pake nangis)…Gimana yah caranya supaya anakku mau belajar makan,Aku khawatir dia terlambat pertumbuhannya

  ndew wrote @

Silakan dicoba perlahan-lahan, jangan sampai tekstur dan kekentalan makanannya berubah secara drastis.
Kalau sebelumnya encer, dicoba diperkental.
Kalau sebelunya disaring, dicoba tidak disaring.
Jangan sampai dari yang sebelumnya berbentuk cairan tiba-tiba berubah menjadi nasi tim.

  baby ilyas wrote @

thank atas sarannya,btw aku mo tanya lagi kalo bubur sumsum yan untuk orang dewasa kan pake kinca (gula merah cair) kalo untuk bayi boleh ga pake kinca,atau ada pemanis yang lain yang aman tuk bayi….

  ndew wrote @

Bayi tidak perlu dibiasakan memakan makanan yang manis.
Tapi kalau mau diberi kinca sedikit, saya belum pernah tahu ada yang melarangnya.

  ummu ali wrote @

aduuuh pucing
yang mana ini yang tanya edng yang mna yg jwb

  Helmy wrote @

mo tanya tuh anak sy dah umur 6,5 bln. makannya lumayan banyak, tp bbnya cuman 6,8. tlg dank yg punya saran ditunggu ya? thanx

  wulandari wrote @

Salam kenal.

  afrina wrote @

salam kenal
anak sy 3hr lg 6bln. sblmya asi ekslusif. udah sminggu sy coba kasi biskuit milna diencerkn dgn air putih,krn dgn susu dia gak mau. sy udah psiapkn smua u makan ptamanya. apa benar beras merah bikin susah bab?

trims.
bunda aufa

  ndew wrote @

mohon maaf saya kurang tahu mengenai beras merah.

  izun ni’mah wrote @

salam kenal mbak…..
info diatas sangat membantu saya,anak saya Fahmi umur 5.5 bulan sudah mulai saya kenalkan MPASI lumayan sich mau meskipun segala jurus saya keluarkan mulai dari nyanyi, tepuk tangan sampai puterin kaset supaya bisa habis makanannya, cuma yang saya bingung anak saya tidak mau susu formula gemana ya cara mengatasi supaya anak saya mau minum susu formula karena saya juga kerja.

Trims
Bunda Fahmi

  ndew wrote @

Salam Bunda Fahmi,
Senang mendengar anaknya sudah mau makan. Ada baiknya tidak perlu memaksakan dia harus menghabiskan makanannya. Memakai segala cara demi anak habis makanannya terutama pada saat bayi pernah saya lakukan, tapi hanya menghasilkan anak saya yang semakin lama semakin susah makannya. Berbeda dengan anak teman saya yang sepertinya dia membiarkan porsi makan anaknya sesuai dengan keinginan makan anaknya, sekarang anaknya makan dengan lancar.

Tentang ASI dan formula, mohon maaf saya tidak pengalaman dan tidak tahu. Tapi mungkin bisa dicoba dengan mencampur ASI dan formulanya untuk memulai penggantian susu. Diawali dengan proporsi ASI yang lebih besar, lalu proporsi ASInya dikurangi sedikit demi sedikit sampai akhirnya hanya susu formula.

Semoga membantu

  Aulyandra wrote @

makasih ya `mbak……..
pulang kerja saya coba obrolkan dengan mama-nya!!!! thx

  novi wrote @

salam kenal mbak. anakku 5bln baru mulai dikasi makan bubur promina kacang hijau tp nenek pengasuhnya sering kali m jam 10 dikasi jam 2 dah dikasi lg takarannya sy ga tau lg.kira2 berbahaya gak ya?

  ndew wrote @

Usia sekian sebaiknya masih banyak bergantung dari ASI, makan hanya merupakan tambahan saja bukan yang utama. Jika frekuensi makan banyak dan diimbangi dengan ASI yang lebih banyak juga, sepertinya tidak apa-apa. Namun perlu dicek juga apakah anaknya akan menjadi terlalu kenyang atau tidak, kasihan kan kalau dia kekenyangan.

  diana wrote @

pagi, mbk…
saya punya anak umur 7 bulan dengan berat 6,6 kg.. yang saya mau tanyakan apakah berat itu ideal saja? dia suka sakit batuk en pilek. biasanya sakitnya lama, ntar sembuh sebentar yah sekitar 3-4 hari kambuh lagi,,, saya bingung apa yang mesti dilakukan.. thanks for your answer….

  ndew wrote @

Saya tidak tahu persis apakah berat anak anda ideal atau tidak, mungkin lebih baik tanyakan saja ke dokternya. Biasanya selama anak saya tidak terlalu kurus dan berat badannya bertambah terus, dokternya tidak mempermasalahkannya.
Mengenai batuk dan pilek, juga baiknya tanyakan ke dokternya. Namun saya curiga anak ibu memiliki alergi terhadap sesuatu, bisa cuaca dingin, debu, bulu kucing, atau apapun. Sepertinya baiknya anak ibu dihindari dari penyebab alerginya.

  lia wrote @

sore mbak salam kenal y,anak saya usia 7 bln sdh saya beri bubur susu, tim saring dan buah dan makannya pun lumayan suka,,yg saya mo tanyakan kdg saya bingung mengatur menu makannya untuk tim saring saya berikan ceker ayam,wortel,bayam,brokoli lalu sayuran apa lg yg baik buat anak saya?kmdn untuk bubur susu dan tim saring sebaiknya diberikan brp x sehari demikian jg buah dan biskuit,,,makasih infonya

  gasol wrote @

mbak salam kenal…
anak saya skrg berusia 7 bln en dari sebln yg lalu ud makan. cuma gak tentu, kadang makannya lahap kadang gak mau makan. padahal jenis makanannya sama (tepung beras gasol yg dcampur sayur or buah).
mbak punya info gak kira2 sayuran or buah yg cocok pada usia ini?

  liza susethia wrote @

salam kenal mbak,,
anak saya berumur 7 bulan bb 7,5kg,,sekarang dah saya beri nasi tim (campur2, beras merah,wortel, bayam,kentang, jagung),,tp sekarang sepertiny bosan? apakah mbak ada menu baru?? makasih mbak,, btw boleh ga kita kasih nasi tim campur2 kpd my baby?? makasih atas jawabannya mbak,,

  ndew wrote @

Memang nasib menjadi ibu harus kreatif salah satunya dalam memasak untuk anak.
Mungkin bisa mulai dicoba diberi kaldu ayam, ikan, atau bahkan daging cincang yang sangat lembut.
Sayuran juga bisa divariasikan, seperti diberi labu, ubi-ubian, brokoli.
Bisa juga divariasikan dengan memberikan buah-buahan yang sudah dilembutkan atau dipotong kecil-kecil jika sudah bisa mengemut.
Prinsip saya dalam memberi makan anak adalah kalau dia makan, berarti tidak apa-apa.

  merdekawati wrote @

salam ibu, anak saya 7 bulan. Dikenalkan makanan sejak 6 bulan dengan bubur biskuit milna, hanya mau beberapa hari dan tidak mau makan. Kemudian dicoba dengan serelac, eh kok mau makan banyak. Naah sekarang kembali gak mau makan secara tiba2. kenapa ya ? apa minta makanan yang lebih kasar atau gimana? setiap makan selalu di emut ga mau nelan. kemudian di bersinkan ato di muntahkan.

  ndew wrote @

Mungkin anak ibu bosan. Silakan dicoba makanannya lebih variatif lagi. Teksturnya juga bisa diganti yang lebih kental/kasar.

  Priska wrote @

thx ya tuk infonya,,,,saya sempat salah memberikan madu pada bayi saya ketika usianya 1 bulan….ternyata madu tidak dianjurkan untuk bayi dengan usia kurang dari 1 tahun

  wiwi wrote @

Salam kenal mbak, anakku 6,5 bulan dari usia 4 bulan minum susu formula kedelai karena alergi susu sapi. Dari usia 6 bulan mulai mkn. Mula-mula pake bubur susu dr tepung gasol. Sekarang pengen tak kasih bubur saring, sumber proteinnya paling daging ayam, daging sapi, tahu, tempe. Mungkin ada saran/info sumber protein yang lain karena telur/ikan tdk boleh diberikan, agar lebih bervariasi. Terima kasih banyak

  nina wrote @

anak saya 8,5bl, jg agak sulit utk makan, hanya paling banyak 3-5 suap, dia lebih suka ASI, tp berat badannya sdh 10kg skrg,bgmn takaran makan ssungguhnya utk usia tsb, dan proporsi sayuran,lauk dan buahnya bgmn ya?
terimakasih

  desty wrote @

trims ya ats infonya. jadi tau lebih banyak nih. anaku skarang dah 6. bln mulai blzr makan, alhmdllh lancr aja. cuma kdng2 babnya keras, kumakanin paya, ga pa2 kan?

  Lily wrote @

Anak saya udah 8 bulan BB 7,5 kg, sudah tumbuh gigi 2 dan bisa duduk. Tapi sampai sekarang susah sekali di kasih makan….hanya mau ASI. SUFOR juga tidak mau. Apa perlu saya berikan vitamin ?

  sissy wrote @

halo mba,anak saya sudah 6 bulan dia makan nya banyak 3 kali sehari ditambah susu. beberapa hari kemudian,pantat anak saya berdarah dan susah bab.itu kenapa ya mba?makasih sebelumnya..

  ndew wrote @

Mungkin makanannya tidak cocok dengan bayinya. Terlalu padat, atau lainnya. Tapi kalau sampai keluar darah sebaiknya diperiksakan ke dokter.

  yuki a.n wrote @

salam kenal mba saya mama yuki,sekarang anak saya umur 6bln dgn berat badan 7,4 apakah itu normal?waktu umur 5bln sudah saya beri makan biscuit di campur dgn air,sekarang saya bberi makan bubur yg saya buat sendiri antara lain;beras,wortel daging ayam plus sayuran,apa itu cocok uuntuk ummur anak saya?karena dia lebih menyukai masakan mamanya sendiri dari pada bubur siap saji

  ndew wrote @

Beruntungnya kalau anak mbak senang makanan buatan sendiri. Kalau anak mbak tidak terlihat terganggu, misalnya tidak sakit perut, tidak sembelit, tidak demam gara-gara diberi menu tersebut kira-kira makanan tersebut cocok untuk anak mbak.

  alia shahab wrote @

Salam kenal Mbak,
Anak saya Almira skrg usianya udah 6 bln 7 hr, Saya ikut ASI Exlsv, udah 7 hr ini saya beri dy biscuit milna. Alhamdulillah dy gak masalah, cuma saya bingung…apa diberi biscuit terus sampai usia 7 bln…atau minggu kedua ini bisa lgsung diberi bubur susu beras merah? lebih baik instant utk pengenalan awal atau langsung buat sendiri? thx utk respon nya , Wassalam

  ndew wrote @

Bagi saya buatan sendiri lebih utama. Tidak membuat sendiri itu disebabkan saya tidak bisa membuatnya (seperti sereal beras), kalau saya tahu cara membuatnya saya sepertinya akan membuat sendiri juga.
Silakan membaca http://ndew.wordpress.com/2010/05/18/mengapa-memasak-untuk-bayi/

  mama john wrote @

Hii..salam kenal..
Anak saya (co) skrg umurny 8bln.wkt umur 7,5 bln timbanganny br 7,5kg..
Jadwal makanny skrg kira2 sbb:
Tgh mlm : sufor 90cc
6.30. : sufor 120-150cc
9.00. : bubur susu/oatmeal 15gr campur sufor 60cc
12.00. : bubur saring (2sndk mkn beras merah) + aneka sayur divariasi setiap hari
(kentang,wortel, Bit,brokoli,bym ijo/merah,jagung,hati ayam,kacang
Merah,kacang puyuh)+kaldu ayam/daging
13.45. : buah(pisang dikerok/pear+apel diblender/juice sunkist manis)
16.30. : bubur sisa siang (skln dimasak)
19.30. : sufor 120-150cc
21.00. : sufor 60cc
Dgn porsi η jdwl makan spt d atas,babyku sehari bab 3-5x.kdg bnyk,kdg sedikit.apakah itu normal?
Saya sgt kuatir..krn bb ny jg jαϑï susah naek.sjk srg bab,bb ny sebln lalu cm naek 3ons.
Tlg saranny..‎​☆ †h♌ñk ÿ☺u ☆‎​‎​
Mama john

  Vera Vin wrote @

mv bu,sebaik ny ibu periksa in az ke dokter bayi.krna setau saya biasa ny ank usia 5bln ke ats BAB ny paling bnyak 2 x.takut ny saluran pncernaan ny ad yg salah bu.

  Junaida wrote @

Anak saya Alka umur 6 bulan 6 hari,sudah mulai makan bubur beras (alh,sy buat sendiri)+susu dg 1/2 encer.scr perlahan,sy akan menambah kekentalan bubur susunya jg porsinya.makasih ya bu utk smua ilmu yg bermanfaat ini..

  dwi wrote @

anak saya berumur 6 bln 24 hari yang masih ragu untuk memberikan makan tim saring???
sy minta bantu kira2 makan apa saja y cocok untuk ank sy y berumur 6 bln 24 hr ini??pemberian buah apa lg y hrs d berikan selain pepaya sm pisang??
terima kasih..

  ndew wrote @

Pada dasarnya bayi boleh memakan buah apa saja kecuali yang terlalu asam, atau banyak gas (nangka, durian). Tinggal bagaimana menyajikannya buat bayi agar tidak tersedak. Baca juga http://ndew.wordpress.com/2007/03/13/membuat-makanan-bayi-sendiri/. Semoga membantu

  abu farannisa wrote @

thank’s infonya sangat membantu…

  Bunda Daffa wrote @

Anak sy 2 minggu lagi akan berusia 6 bulan. namun sejak umur 4 bulan nenennya sering sekali hampir selalu tiap jam, begitu pula malam hari, jadi tidurnya todak pernah lama. apakah itu normal (mengingat dia anak laki2, katanya emg banyak minum) atau karena tidak kenyang dan sudah butuh MPASI. saat ini sy memberikan ASIX, namun kasian jg klo liat tidak pernah tidur nyenyak terutama di malam hari, paling lama 2 jam itupun jarang.Apakah memang sudah perlu makanan tambahan. asi saya memang pas2an, klo diperah kadang hanya 50 ml, apakah itu penyebab bayi sy sering minum. tp klo diberi tambahan sufor, bayi sy selalu menolak, namun alhamdulillah perkembangan berat bdannya baik2 saja jadi slm ini sy diamkan saja, betulkah tindakan saya dengan hanya memberikan asi dan tidak lainnya?trims

  pathawati santi wrote @

thanks infonya,sangat membantu..

  parlan wrote @

yang lebih bagus jangan memakai msg,vietsin.http://full-campursari.blogspot.com/2011/06/perlukah-anak-di-imunisasi.html

  winda wrote @

Just sharing…Baby Raushan sdh 4 hari ini makan. Usianya hari ini genap 6 bulan. Makanannya bubur susu, biskuit susu, & nasi tim saring. Alhamdulillah Raushan tdk menunjukkan reaksi alergi. Yg paling penting tetap memberikan ASI :)

  Bunda naufal wrote @

ass.wr.wb.
Salam kenal, sy bunda naufal. Skrg naufal usiax 7 bln 20 hr. Pd saat usiax 5 bln sy beri bubur milna dgn rasa yg bervariasi. Awalx perutx tdk menolak, tp cm smpk sktr 3 mgguan aj,kemudian apapun yg dia mkn pasti muntah. Naufalx mw mkn,tp perutx menolak. Itu knp ya, ap memang blm wktx mkn atw gmana? Omax blg, it emg ktrunan. Wkt sy msh byi jg bgtu. Umur 1 thn br bs mkn. Tolong jawbnx. Thanks before.
Wass.

  yulistina loliwu wrote @

Dear All..

Anak sy usia 6 bulan dan menganjak 7 bulan..Setiap harinya aku memberikan bubur tim buatan sendiri dicampur susu fornula..Gemas aku ngeliatnya dia makannya banyak..Sekian infonya semoga bermanfaat

Regard yulie

  ENNO JUMIATY wrote @

KURANG MENDETAIL.
HANYA GARIS BESARNYA SAJA.
DI KASIH BERAPA TAKARANNYA DAN CARA PEMBUATANNYA DONK.

  shanty wrote @

Just Sharing …
anak sy usia 8 bulan Queena namanya ,dari umur 6 bulan uda sy berikan bubur buatan sendiri menunya hampir tiap hari aq kasi salmon ,brokoli n wortel yg diblender makannya byk bgt sehari 2 kali kalo pagi aq kasi biskuit 2 keping dihalusin,trs diselingi jus pir atw pisang..tapi minum susunya jadi berkurang mesti dipaksain kl minum susu queen lbh suka makan..makan apa aja doyan..uda bener blm yh menu yg sy kasi tiap hari ini….

  ndew wrote @

Mbak Shanty… kalau menurut saya baiknya menunya dibikin lebih variatif supaya anak terbiasa memakan makanan yang variatif juga.
Mungkin sudah bisa dicoba diberi bubur yang tidak diblender, dicoba-coba saja. Kalau belum bisa, kembali diblender.

Jika ingin anak mbak lebih banyak minum susu, sebaiknya didahulukan memberi susu sebelum memberi makanan sehingga anak masih lapar ketika meminum susu.

  ratri wrote @

Salam kenal mbak,

putra kami yang baru berumur 8 bulan susah sekali makan, seminggu ini bahkan bisa dikatakan tidak makan. nutrisi-nya hanya dari minum susu saja. sedangkan pada umur 6 – 7 bulan nafsu makan besar, makan bisa rutin 3x sehari.

apakah memang begitu pada bayi usia 8 bulan ? atau karena mo tumbuh gigi ya….
mohon pencerahan atau tips & trik, bagaimana agar nafsu makannya normal
kembali.

regards

  ndew wrote @

Mungkin bosan dengan tekstur makanan yang diberikan (bubur saring/lembut?).
Silakan dicoba diberi makanan yang agak lebih kasar seperti bubur nasi atau nasi lembut ditambah sup sayuran yang direbus sampai empuk sekali.

  Ani adhitya wrote @

Makash ya mba bt infonya…tp mash binggung,umur berapa sebaiknya diperkenalkan bubur seperti bubur yg kita makan?thanks :-)

  ndew wrote @

Ikuti saja kemauan bayinya. kalau bubur tepung kental sudah bisa, iseng2 bisa dicoba bubur nasi. Rasanya sekitaran 8bln sdh bisa diberi bubur nasi. Anak saya dulu usia 1 thn sdh makan nasi.

  Bella wrote @

Anak sy umur 7,5bln, sejak 6,5bln sudah sy beri mpasi. Sy sudah coba pure buah, pure sayur, bubur susu dan bubur saring, semuanya dia tidak mau. Sussssah sekali makannya, sampai2 begitu sendok pertama masuk mulut dia langsung nangis tidak brenti sampai ketiduran krn cape nangis. Stress sy, produksi asipun jauh bkurang. Sekarang kalau mkn sy cekokin makannya(sy tutup hidungnya sampai dia terpaksa telan). Apa yg hrs sy lakukan spy by sy tidak anti makan? Adakah vitamin/yg lain yg membuat by nafsu makan yg tidak memberikan efek samping buruk? terimakasih sblmnya.

  PT. HELORI wrote @

Kalau usia msh 5 bulan sdh diberi bubur krn boros susu formula bgmn?

  nopriyanti wrote @

mbak anak saya umur 6 bulan dan sudah suka makan biskuit roma bagaimana ya apakah berbahaya ?

  sri wrote @

Mau ty anak saya umur 10 bln, boleh ngga mkn roti tawar, thx

  ndew wrote @

Apakah anak ibu ada alergi telur?
Kalau tidak ada, boleh saja dicoba.
Saran saya dibakar dulu hingga kering seperti biskuit, agar lebih mudah dimakannya.

  carry wrote @

mb mau tanya ni. anak saya sudah 14 bulan, tapi maem nya masi cerelac, tiap dikasi makanan , nasi, laukpauk, yang asin mesti nangis, trus berat badan nya juga gak naek naek. kasi solusinya dunk, biar anak saya mau makan nasi. atau setidak nya supaya berat badan nya naek. trmakash

  ndew wrote @

Memang kalau menurut pengamatan saya anak yang terbiasa makan makanan instan akan sulit beralih ke makanan segar.

Baiknya memang bayi dibiasakan makan makanan segar sejak dini. Lihat tulisa

  rimiyanti wrote @

thanks mba buat infonya sangat bermaaf sekali buat saya dan kesehatan bayi saya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: