serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

posisi tidur bayi

IMG-20130214-WA0000Bayi terlahir dengan tengkorak yang lembut, dan masih bisa berubah bentuk. Dengan alasan ini, bulan-bulan pertama bayi harus diperhatikan posisi kepalanya. Jangan sampai kepalanya tertekan pada titik-titik tertentu terlalu lama, yang akan membentuk kepalanya menjadi rata (tidak bulat-’peyang’) dititik-titik tertentu. Walau kalau dipikir-pikir lagi, kepala rata dibagian belakang akan mempermudah memasang sanggul dibandingkan dengan kepala bulat…hehehehe…

Dulu, ketika anak saya baru lahir disarankan oleh dokternya untuk tidur terlentang dengan kepala SELALU miring TANPA bantal. Miring ke kanan, bergantian dengan miring ke kiri. Dengan demikian kepala bagian belakang tidak terbebani yang mungkin membuat tulangnya menjadi rata. Pergantian arah kepala juga penting, sehingga tidak ada bagian yang lebih rata dari yang lainnya antara sisi kanan muka dan sisi kiri muka.

Selain waktu tidur, gunakan waktu bermain bayi anda dengan posisi telungkup yang juga akan memperkuat tulang leher dan tulang punggungnya sebanyak mungkin tentu saja dengan selalu diawasi. Hindari bayi terlalu sering menyandar pada satu sisi di tempat-tempat lainnya seperti di ayunan, stroler, atau carseat.

Tidur telungkup tidak direkomendasikan oleh dokter karena berdasarkan riset sekitar tahun 1990-an banyak bayi yang meninggal tiba-tiba terutama ketika tidur yang dikenal dengan Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) dan tidur telungkup disebut-sebut sebagai salah satu penyebabnya. SIDS ini terutama menyerang anak 2-4 bulan. Walau saya percaya selama tidur telungkupnya terawasi, Insya Allah baik-baik saja (dhika tidur telungkup sejak usia satu bulan).

Hal lain yang perlu diperhatikan sehubungan dengan SIDS adalah tempat bayi tidur:

- Tidak boleh tidur di alas yang terlalu empuk yang memungkinkan badannya ‘tenggelam’ dan menutupi lubang hidungnya.

- Tidak menyimpan benda-benda empuk di sekitarnya, misalnya bantal, guling, atau boneka empuk

- Bila selimut dirasakan perlu, pasang hingga batas dadanya dan selipkan ujung-ujungnya dibawah kasur. Atau berikan pakaian yang lebih tebal, sehingga tidak diperlukan selimut.

Dengan mengikuti nasihat di atas, Alhamdulillah kepala dhika tidak peyang. Hal ini terjadi pada anak teman, yang ketika bayinya selalu tidur dirangkul pada sisi tertentu, sekarang kepalanya asimetris. Anak teman yang lain ketika tidur kepalanya selalu menghadap ke atas , sekarang kepala bagian belakangnya menjadi rata.

2012-03-22 08.55.34

Bagaimana dengan anak Anda?

sumber: http://www.babycenter.com

About these ads

34 Komentar»

  nila wrote @

hehe…inget kata org jaman baheula juga Ndew…
ditengkurepin biar kepalana buleud teu peang….hehe

  peyek wrote @

mbak ndew, khusus buat ibu-ibu ya…

sebenernya gak sih…. cuman belum ada ide tulisan yang universal…maklum.. lagi banyak ngurusin ‘dapur’ :D

  Bundanya Zahra wrote @

Ndew… akhirnya bisa ketemu juga ni Ibu mungil (hee hee… padahal sayanya juga ndak gede ;) )… insya Allah di masa-masa datang lebih sering bersilaturrahim ya Ndew :).

Klo mengenai tidur… Zahra sekarang kalo tidur maunya miring (lihat deh fotonya di SINI)atau sekalian tengkurap, ini sejak dia umur 3 minggu. Pertama kali dapatin dia tidur tengkurap saya jadi stress… tapi setelah mengawasi dia ternyata tidak apa-apa. Bener kata Ndew, asal diawasi dan yang paling penting otot tengkuk/lehernya sudah kuat saya rasa tidak ada masalah. Dia tidur telentang (atau setengah duduk) hanya pada saat kalo dia saya “ayun” di bouncer-nya atau di carseat. Klo malam, saya yang ganti posisi kalo memberi dia ASI malam hari sambil berbaring (miring)… jadi gantian kepalanya yang kanan dan kiri miringnya… biar ndak asimetris nantinya. Anyway, thanks for sharing ya Ndew… ntar ta’ add ya.. biar bisa bagi pengalaman dengan diriku yang baru jadi bunda ini ;)

Hugs from me and Zahra,
Yaty

lutuna.. lutuna… zahra….

  islam feminis wrote @

Blog yang bagus, semoga suksus. Silahkan mampir juga ke blog kami.

  Vie wrote @

Mba Ndew, salam kenal. Kalo bayi udah berumur 4 bln kepalanya masih bisa berubah ga ya?

halo vie, salam kenal juga. saya gak tau persis bisa atau tidaknya, tapi kayaknya gak ada salahnya kalau dicoba. bilang2 ya..berhasil apa gaknya…

  dona wrote @

halo mama ndew..apa kabar ? iseng2 liat websitenya, bagus n menarik isinya..jd pengen ikutan komentar..anak2 ku sih dari baru lahir tidurnya dah di tengkurepin, abis mereka kalo terlentang suka kaget2..pas tengkurep, enaak bgt tidurnya..kepalanya juga jd ga rata. ama dokter anaknya sih ga boleh, tp menurutku, selama diawasin, ga masalah, lagian kalo sering tengkurap, otot lehernya bisa cepet kuat..gitu

  lenny wrote @

anak saya sudah usia 4 bulan lebih dan dia selalu saya tidurkan keatas, dan sepertinya memang kepalanya belakangnya datar,

  bunda aufa wrote @

wah…jazakillah nih informasinya sgt berguna untuk sy yang sedang belajar untuk menjadi bunda yang baik dan pintar untuk aufa (2 bln).

  Ita wrote @

Duuuh…anakku jg kepalanya rata dibelakang. Mana skrng ude umur 4 bln lbh. Kira2 masih bisa diatasi gak ya???. Skrng sih ude mulai aku miringin kalo tidur.

  lanny wrote @

anak saya mulai lahir saya pakai-kan bantal lubang (yang cekung di tengahnya utk tempat kepala) supaya bentuk kepalanya tidak rata bagian belakangnya. hasilnya smp umur hampir 8 bulan kepala anak saya tetap bulat. tapi memang tergantung kebiasaan tidurnya yg kadang miring sendiri ke kanan atau ke kiri.

  ibu’nya de’ akmal wrote @

ada yang bilang kalo tidur telungkup malah bisa bikin bayi lebih cerdas, karna perkembangan otaknya lebih maksimal.gimana tuh?

  okta wrote @

Thanks ya, mama Ndew aku jadi punya masukan nich buat babyku, sekarang dia baru umur 3,5 bulan itu juga yang dialami babyku dia sukanya tidur miring ke kiri maklum baru anak pertama jadi gak ngerti kalo haris ganti posisi jadinya kepala babyku sekarang gak simetris, jadi menurut mama Ndew masih bisa berubah/gak bentuk kepala babyku.Thanks Okta

  Tania Erniaty wrote @

huhuhuu.. thx God! kirain cuma aku aja yang punya masalah kepala bayi asimetris.. kepalanya najma.. *sekarang 2 bulan* rada datar yang sebelah kanan.. soalnya maunya tidur ngadep kanan teyus.. udah berbagai cara biar kekiri.. tetep aja ke kanan lagi.. tapi tetep semangat!! pantang menyerah meskipun harus jadi satpam ngebalikin lagi posisi kepalanya najma ke kikiri..

LUV
BUNDANYA NAJMA

  Suci Ikhtiarini wrote @

Anakku juga sering tidur terlentang ke atas jd bag. belakang kepala rata. gemana ya apa masih bisa diperbaiki skrg usianya 4 bln 6 hr.

  ndew wrote @

Silakan dicoba saja Mbak…
Saya juga belum tahu.
Kalau sempat, tolong beritahukan lagi hasilnya ya…
Terima kasih.

  princess wrote @

sya ada satu masalah ttg tidur anak saya…tidurnya tak pernah satu tempat…kadang2 lain tempat tido…lain pula badan dia….tidonya tak pernah berselimut,walaupun musim hujan atau dalam keadaan sejuk sekalipun.
satu masalah lagi,ttg anak saya.posisi tido dia mendongak dan sering mendengkur.
itu saja masalah saya.umurnya skrg 1 1/2 tahun.
Please help me

tq…

  ndew wrote @

Sepertinya kalau anak 1,5 tahun bentuk kepalanya sudah tidak berubah lagi. Tidak masalah lagi bagaimana posisi dia tidur.

Jika anaknya tidak bermasalah (sakit, pilek, batuk) kalau tidur tanpa selimut, biarkan saja.
Tapi jika terlihat kedinginan bisa dicoba dipakaikan baju tidur yang lebih tebal serta kaus kaki sehingga walaupun tidak berselimut badannya tetap hangat.

Jika anak anda tidur mendongak dan mendengkur, silakan lihat rongga mulutnya barangkali ada yang mengganjal seperti amandel. Ada baiknya berkonsultasi ke dokter.

  Medy wrote @

Ass.saya baru aja jadi bunda, mulai lahir anak saya ASI dan posisinya selalu di Kiri, akhirnya skg da 1.5 bulan jadi keliatan agak beda, makanya skg coba saya pakai yang ASI kanan, tp bisa ga ya berubah..?

  ndew wrote @

Memang baiknya bergantian, buat anaknya juga buat ibunya. Hasilnya bagaimana, saya tidak tahu persis. Silakan dicoba saja, kalau sempat bisa diberitahukan lagi hasilnya. Semoga berhasil

  Yuandi wrote @

Bgus jga blognya,tar saya kasih tau istri saya deh,soalnya bentar lagi kami juga punya bayi. . .
Tq infonya. . .

  noor ajizah wrote @

infonya sangat berguna buat saya soalnya baru punya baby lagi setelah 6,5 thn.untung ada blognya mbak ndew jadi bisa ingat lagi.thanks ya.slm kenal

  FITRI wrote @

anakku sudah telungkup dr umur 2 bln tp allhamdulillah dia tidak apa-apa……!

  Seafani wrote @

bayi mungilku kalau tidur gak pernah ada pada satu tempat, awal tidur posisi sich masih bagus, tapi begitu terjaga di malam hari, tiba-tiba sudah ada di pojokkan tanpa selimut, bahkan terkadang malah tengkurap, tapi yaa alhamdulillah karena sampai sekarang bayiku tetap sehat dan montok

  ummismail wrote @

wah,, bbrp wkt yg lalu sy pny msalah yg sama nih,,
wkt ismail umur 2 bulan kepala nya agak peyang sblh kanan,, khawatir bgt,, trus disaranin sm ne2knya pakai bantal yang di dalam nya di isi beras,, eh,, alhamdulillah,, manjur,, skarang umurnya 5 bulan kepalanya gak peyang lagi,,
slain itu emang penting bgt untuk gonta ganti posisi tidur ( kanan, kiri,)

  ndew wrote @

terima kasih ilmunya ummismail….

  grosiran pakaian anak wrote @

thanks atas infonya..

  Yie wrote @

Anak ku 3 bln jg pnyang sblh kiri, kelitan bgt tdk simetris nya dr dpan, aku br ngeh ktka dia b’umur 2 bln, sedih, menyesal itu lah yg krasa, skrg, mdh2 msie bi dibgusin lg…
Tetap optimis dan berusaha… Cayyo

  Epon Saripah wrote @

emng bner,posi2 tdr ank hrs dperhtkn,,zhidan skrg kpl>ny peyang krn dl srng tdr miring,,,,tp skrg agk mending,krn q sll posi2in tdr dy gontaganti miringny

  dwi wrote @

ank ku dh jln 8 blan nmanya zahran dri mlai lhir kpla blkngnya mmang rata pa itu ngk brpngruh trhdap pnykt2 jdi kplanya itu kliatan lonjong karna d’blkng rata,,,,,pdhal zahran klo tdur mring kanan-kiri mlai dri byi tpi ttp aja kplanya kya gtu….

  shanty wrote @

anakku usianya sekarang 8 bulan ,dari lahir aq pakein bantal peang alhamdulillah kepalanya bulet bagus..kalo skrg uda g pernah pake bantal lagi soalnya tidurnya uda keliling kasur..

  arsinah wrote @

Oh gitu yach,anak sy suka tiudr tengkurap,mlai 3bln…

  Joe wrote @

Thanx’s inpo’y.. Lumayan bwt nambah ilmu pengetahuan..

  Amy wrote @

Anak ku skrang umur 4 bulan malah tidur nya suka tengkurap. Takut idungnya ketutup bantal.

  PRIANA wrote @

apakah tidur miring di ayunan dpat jg beresiko peyang bun??? Soalnya setiap tidur, dy sering miring kiri. En klo diputar ke kanan gk betah dy balek lg diputarnya ke kiri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: