serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

pediasure, perlukah?

Minuman nutrisi tambahan ini sempat menjadi sahabat saya dan anak saya untuk beberapa waktu. Saat itu menurut standar amerika berat badan dhika agak kurang.

Dianjurkan dokternya untuk diberikan pediasure sebagai campuran minum susu, setengah bagian susu dan setengahnya lagi pediasure. Berat badannya lumayan bertambah, namun tidak nafsu makannya.

Kalau diperhatikan, satu botol pediasure itu memiliki jumlah kalori dan gizi anak yang cukup untuk menggantikan satu porsi makan. Wajar saja kalau nafsu makan anak tidak bertambah kalau diberi pediasure. Sudah kenyang dia.

Akhirnya karena lama-lama semakin terasa betapa mahalnya pediasure itu walau sudah membeli yang versi generiknya, Dhika dicoba untuk tidak diberikan lagi pediasure sebagai campuran susunya.

Alhamdulillah, porsi makan dia malah menjadi bertambah. Berat badannya? Menurut dokternya selama meningkat, tidak masalah.

Saya lebih suka ketika dia tidak minum pediasure, karena lebih banyak kemungkinan makanan yang masuk ke tubuhnya. Lebih bervariasi rasa dan teksturnya. Dan yang pasti saya tidak mau dia bergantung pada pediasure terus menerus (mahal gitu loh.. :D )
Saat ini, pediasure hanya dipakai kalau dhika sedang sangat sakit yang sampai tidak mau makan.

Silakan baca juga http://ndew.wordpress.com/2010/05/31/berat-badan-anak/

Pediasure VS susu

About these ads

72 Komentar»

  nila wrote @

Oh gitu ya ndew…..aku malah baru tau malah….pake padiasure
kalo ghani sama aurel pake vitamin kayak minyak ikan gitu aja ato pake obat china…(ga tau namanya)…
tapi ya jangan jd ketergantungan juga kali ya….

itu buat nambah nafsu makan ya teh?

  Mira wrote @

saya juga jarang eh malah baru sekali beli pediasure. untungnya anak saya suka sayur

  ira wrote @

oh ini mah dah di omat2an ma dokternya nanet waktu dia msh baby.. (10 taun yang lalu)..jangan pake pediasure krn efeknya cuman mengenyangkan, dan semua unsur yg diperlukan gak tercover. teteeebb..harus mamam 4 sehat 5 sempurna.. jadi, gak sempet tuh kebobolan harus bli susu ‘mahal’.

  chichi aditya wrote @

wah anak saya minum pediasure.sebelumnya gain advance, pediasurenya cuma malem.sekarang seharian pediasure.tapi makannya tetep banyak kok.tapi stelah baca-baca dr berbagai sumber, saya mo ganti jadi susu uht yg plain, disamping jauh lebih ekonomis..hehe..

  Jessica wrote @

waduh, kok beda yaaa…..anakku si William badannya bagus pake pediasure..makannya juga banyak..malah sekarang uda 2tahun pake pediasure ga ada masalah tuch…tambah pinter banget

  ndew wrote @

yang saya bingung… bagaimana mbak jessica tahu bahwa pediasure yang membuat anak mbak menjadi tambah pintar?

  qadhariah wrote @

Anak pintar itu realtif, tergantung dr lingkungan pergaulan dan cara orang tua mendidik…
Anak saya jg pake pediasure baru 2 bulan, nafsu makan sih gak terganggu, cuman pengen aja nutrisix bagus. Tambah lagi krn gak cocok susu sapi…
Jaga/temani anak bermain, tidak boleh d larang slama itu tdk membahayakan (y)

  JULI wrote @

Anak saya umur 2 thn. pertamanya dia minum susu pediasure biasa. selama minum susu tsb susah buang air besar. tp stlh ganti pediasure complete jadi lancar. anak sy krn kurang mau makan nasi jadi sy ganti susu pediasure complete aja. kyknya gk ada mslh. makannya biasa aja.

  yani wrote @

jd bingung awalnya anak saya minum bebelac tp buang airnya susah, dn dnti pediasure.. tp tetep susah buang airnya.. sebenarnya bagus ga sih pediasure itu ???

  Mommynya Andra wrote @

Saya baru mau coba kasih anak saya (1,4 th) pediasure kl malam mau tidur. Maksudnya spy dia kenyang dan tidurnya pulas, nggak kebangun terus2 an minta susu. Maknya jg capek dan ngantuk, paginya hrs kerja. Kt dokter sih gak pa-pa, tp sehari 1-2 botol aja spy si perut anak juga masih muat utk makan makanan padat lainnya. Ya, semoga aja sih cocok.

  ndew wrote @

Kalau anak ibu bangun tengah malam, belum tentu dia kelaparan.
Jika ibu yakin anaknya sudah kenyang makan, seharusnya dia tidak lagi kelaparan.
Seringkali anak umur segitu terbangun karena terbiasa terbangun dan dilayani oleh ibunya (digendong atau diberi susu).
Sudah saatnya dibiasakan kalau malam itu tidak perlu terbangun lagi dengan tidak memberikan apa yang dia minta. (tidak digendong dan tidak diberi susu-kalau tampak haus, cukup berikan air putih.).

Cukup ditepuk-tepuk sedikit, dibisikkan “tidur lagi ya, masih malam’.
Lama kelamaan sang anak akan ‘kapok’ karena merasa percuma bangun, tidak diberi apa-apa.
Dan akhirnya dia akan tidur sepanjang malam.

  wulandari wrote @

aduh…ko pd gini y komen tntg pediasure?anak saya sktr stgh thn cm pk pediasure aza(dr umur 1 -1,5 thn)bdnnya seh sht.proporsional n jrg skt tp rasanya dia ko agak lambat bicara..tp kmudian ada yg nyaranin susu campur antara dancow,enfagrow a+ n pediasure…hslnya skrg dia jd tmbh lincah,pinter ( cpt hapal sesuatu ),cerdas ( bs aza memikirkan sesuatu)..tp sampe skrg ttp mls mkn nasi.ngemil n susu aza

  nadine wrote @

aq sama kaya mba wulan tentang pediasure coz aq udah cobain ke anak qu n dia cocok trz nafsu makannya bertambah….. mimi susu pediasure kl siang ma mo bobo malam aza,,,,, ga lupa aq tambahin madu biar dia ga gampang sakit.

  meti wrote @

anak sy jg sempat diberi pediasure dan nafsu makan agak bertambah tapi lama-lama biasa lagi. Akhirnya saya beralih ke susu biasa saja karena yg harus dikasih susu banyak juga, jd berat diongkos gitu lho. Biar + nafsu makan dan memberi imunt saya kasih propolis sj Alhamdulillah nafsu makannya bertambah dan tidak gampang sakit.

  qadhariah wrote @

Campur propolis ke susu kh mbak ? Brp takaran ya …? Kbetulan jualan propolis melia tp gak pake … :) :)

  lintawahyuning wrote @

wah anaku fq juga tak kasih pediasure ,sebelummnya neosure krn sebelum umur1 tahun ketahuan beratnya tetep ajah,trus setelah 1 tahun dah ke dokter sp anak jg gak significant naik bb nya,ampe sekarang 2th 9 bln msh minum .tp perkembangan kecerdasannya normal,giginya bagus,bicaranya bgs

  krisyen wrote @

wah mmg si pediasure mahal…anak saya julian mmg minum pediasure dicampur dgn susu vitalac…kayany cocok2 ajah ko makanya jadi ok..nutrisi di pediasure juga banyak lengkap saya sudah baca2 merek2 lain yah ternyata cuman pediasure yg nutrisinya lengkap…aplg kalo anak saya sakit BB nya pun tak terlalu turun dratis ko…mmg anak saya jadi pintar yah…pokonya saya selama anak saya usia 4 tahun yah sama coba memakai pediasure karena masa goldes mas bo…yah kalo pintar sejak masa kecilnya kan berlanjut ke depan nya juga….berat anak kuy 2 2 bulan 14 kg lo

  ririn wrote @

aku baru nyoba pediasure bwt anakku yg 1 th. dia agak pilih2 susu alhamdulillah mau pas di kasi pediasure, beratnya jg nambah,dan makannya msh mau. insya allah ini baik bwt pertumbuhan dan kesehatanya.

  Mrs. Rudianto wrote @

setuju sama mbak krisyen!! karena masih golden age, berusaha kasih yang terbaik buat anak. anak-anakku minum susu pediasure complete. kk 4th (minum sejak umur 1 thn) dan dd 2 tahun.. sejauh ini sih ga ada masalah sama nafsu makan. kk di sekolah termasuk anak yang smart n licah.. adenya udah mulai banyak tanya n ga bisa diam. apa ini pengaruh dari susu ya? hmmm bisa jadi… habis kandungannya cukup bagus sih di banding dancow atau susu bendera. dan kebetulan anak2 cocok sama rasanya. tapi kl aku tak encerin sedikit.. soalnya terlalu manis, takut merusak gigi..

  nia wrote @

wah jadi pengen coba, karena anakku msih 11 bulan sih gak doyan makan sama sekali tapi minum susu terus, mudah-mudahan untuk 1 tahunnya nanti pediasue cocok buat dia…

  Abdul Aziz wrote @

anak saya baru seminggu dikasih pediasure, sebelumnya mang susah makan dan sering sakit, tp sy baru seminggu jadi belom bisa liat hasilnya secara maksimal, kalo diliat sepintas sih dia suka jika dibandingkan susu bubuk merek lain, tapi jika BB naik dan nafsu makan bertambah ya mungkin tetap saya pake susu itu, tp kalo gemuk tp ga ada nafsu makan buat makan tentu jadi masalah nantinya

  ndew wrote @

Saya menemukan link ini… sangat dianjurkan untuk ikut dibaca

http://www.parentsguide.co.id/smf/index.php?topic=712.0

  qadhariah wrote @

Cukup baik argument nya,,, tp klo anak alergi susu sapi, susu soya jenis lain apa ya :D

Ank sy tetep suka makan, gak sekali bnyak sih tp slama 3 jam ya habis bnyak jg…ngemil jg doyan.

  Nurlela Fawwaz wrote @

anak sy pas umur 1thn sy beri pediasure, krn susah bget makan. Alhamdulilah dia suka n mo aja makan biarpun sedikit. Tp knp kok bbnya berwarna hijau kehitaman. Sy jdi takut klo ada apa2 nantinya.. Tp anak sy tetap aja aktif bermain..

  qadhariah wrote @

Anak sy jg bab nya hijau khitaman… :) krn q minum suplemen klorofil

  kelinci wrote @

Mau tanya, sebenarnya bisa gak siy, alergi ama laktosa itu hilang?

  neysa wrote @

anakku usianya 2thn.udah 1 thn ini ak ksh pediasure complete.alhamdulilah bdnnya naik.tp bbnya wrna hitam sering lg,bahaya ngga ya…

  Rukma wrote @

Anakku usianya 16bln. Berat badannya cuma 7,5kg. Masih minum ASI. Makannya susah banget. Minum susu formula juga susah. Karna susah makan jadinya sering sakit batuk pilek. Dah aq kasi vitamin dan penambah nafsu makan tapi berat badane susah naek. Anakku sangat aktif. Meski sakit tapi dia selalu ceria. Tolong, mungkin ada saran buat aku? Trims.

  ndew wrote @

Kalau anak ibu tidak memiliki kelainan (sakit atau apapun), seharusnya dia memiliki rasa lapar. Apakah kemudian dia mencari ASI, atau lainnya itu adalah bukti bahwa dia memiliki rasa lapar.

Barangkali bisa diperhatikan berapa banyak anak ibu meminum ASI dalam sehari. Apabila terlalu banyak mungkin frekuensi minum ASInya perlu dikurangi agar sempat merasa lapar dan diberi makanan non ASI.

Apakah anak Mbak banyak mengemil?
Kalau iya, bisa dicoba dikurangi porsi mengemilnya yang mungkin membuat dia merasa kenyang dan digantikan dengan makan dengan menu lengkap.

Namun kalau anak Mbak memang sebelumnya tidak mengemil dan tetap tidak mau makan, maka bisa dicoba memberikan makanan bergizi bisa dalam bentuk nasi, kentang, atau mie dan lauk pauknya, atau cemilan sehat (yang mengandung gizi lengkap) yang bentuk penyajiannya dibuat menarik untuk anak.
Silakan melihat http://ndew.wordpress.com/2007/07/25/bento/ untuk ide-idenya.
Jangan lupa terus mencoba menu baru untuk melihat selera makan sang anak juga agar anak tidak bosan dengan menu yang ada.

Cemilan buah segar adalah salah satu alternatif makanan kaya gizi.

Atau bisa juga anak anda diajak makan sendiri, terkadang mereka melihat makanan itu sebagai mainannya juga. Sembari dia bermain-main dengan makanannya (kalau bisa di meja makan), bisa juga anda suapi. Tidak apa-apa berantakan, hitung-hitung sang anak belajar makan sendiri.

Urusan memberi makan anak memang sangat menguras tingkat kesabaran dan kreatifitas sang ibu. Sabar saja ya bu… lama kelamaan anaknya lapar sendiri kok (terbukti pada anak saya)

  irma wrote @

anak ku jg sama..18 bl ,bb 11 kg..waktu 1 th pake pediasure tp trus ada mom yg kasih tau pediasure malah bikin anak g mau makan. katanya anaknya dulu jg gitu tp setelah ganti k anmum + scotts emulsion nafsu makannya jd besar, bb nya jg bgs (malh tergolong ndut kata aku) akhirnya aku ikutin, tp ko hasilnya ga sama ya?kayanya sih susu ga ngaruh ya sama nafsu makan anak..ya pinter2 bundanya aja ngatasinnya..

  eva wrote @

Anak sy 11bln, bbnya bulan lalu 10,6kg, badannya tinggi besar kencang. Anaknya lincah dan ceria. Minum susunya ha krn alergi. Tiap 2jam sekali 120ml. Tp dia tidak mau makan. Kl lihat sendok lgs mau muntah, makan dgn digendong malah tdk mau. Kl dudukkan di kursi makan masi mau tp hrs dibujuk2. Pernah tdk saya beri susu,supaya lapar dan mau makan. Tnyt dia nangis2 krn lapar tp tetep gak mau dikasi makan malah marah2. Makan dia masi bubur susu gt,krn kl ada yg kasar dikit aja muntah. Sari buah jg muntah.

  ndew wrote @

Mbak Eva… sepertinya anak ibu terlambat atau kurang dibiasakan memakan makanan padat. Apadaya meskipun repot, belajar makanan padat tetap harus diperjuangkan. Seperti layaknya anak bayi, memang diperkenalkan dari yang lembut-lembut dulu lalu meningkat ke yang lebih kental dan padat.

Biarkan dia bermain-main dengan makanannya, asal ada yang masuk dan kenal dengan makanan non cairnya.

  mama Bening wrote @

Bening 8 bulan krn abis sakit semingguan BB nya cuma 6,3kg mik susu sedikit tp sering, mamamnya cuma bubur kotak krn sy harus kerja pagi sampe sore gk sempet masak.. kata dokter gk masalah tapi saya kuatir sama BB nya.. tolong sarannya..

  ndew wrote @

Silakan dicoba memasak, mungkin artikel ini membantu http://ndew.wordpress.com/2007/03/13/membuat-makanan-bayi-sendiri/.
Memasak untuk bayi tidak terlalu sulit, kok. Tidak perlu memasak setiap saat.

Cukup sediakan kaldu setiap saat (dimasak akhir minggu, masukkan plastik kecil untuk sekali atau dua kali makan, bekukan di freezer). Dengan kaldu yang ada, masukan bahan makanan lain yang ada mau berupa sayur, daging, tahu, keju, apapun. Tidak pakai bumbu (atau sedikit sekali bumbu). Blender/hancurkan. Selesai.

Untuk nasi/buburnya, juga bisa disiapkan dua hari sekali saja yang kemudian disimpan di kulkas. Pada usia 8 bulan makanan anak pun tidak perlu terlalu halus. Nasi sedikit lebih empuk dari nasi tim atau bubur nasi biasa, mungkin sudah bisa diberikan.

Kalau anda yakin dengan asupan gizi anak anda, tidak perlu khawatir dengan berat badannya. Selama berat badan selalu bertambah seiring pertambahan usia, sudah cukup tidak mengkhawatirkan. Kalau berat badan tidak bertambah, baru anda perlu khawatir.

  bunda nayla wrote @

anak saya Nayla ( 14 bulan) baru 1 bulan minum pedia sure, minumnya hanya malam aja kalo siang hari susunya chlid kid madu, alhamdulillah berat bandannya bertambah.

  ndew wrote @

Apakah sebelumnya berat badan anak Mbak tidak bertambah?
Perlu diingat, untuk usia 14 bulan ini, penambahan berat badan memang tidak akan besar setiap bulannya.

  dwi wrote @

anak sy juga minum produk dari abbot, neosure, similac, n skr uht. Waktu minum neosure/similac, bb hijau kehitaman, tp katanya itu karena penyerapan kalsiumnya bagus, jadi gak perlu dikawatirkan. Umur 15 bulan dd mulai susah makan, cuma minum susu, buah, dan yogurt. Saran MPASI yg seabreg itu sudah diterapkan sejak mulai makan makanan padat, tp di umur 15 bl susah cekali makan. Sekarang malah gak mau susu uht, maunya air putih dan biskuit (regal). Terpaksa sy coba pediasure, sbl berupaya adik mau makan.

  haninah alhaddad wrote @

anak saya susah bgt mknnya bahkan g mau mkn sayur sama sekali, maunya cuma pake telor aja. bingung bgt kan. ya udah deh aq coba pake pediasure complete, awalnya aq campur sama Danccow makannya masih susah juga sekarang aq full pediasure ya lumayan makannya tapi tetep aj g mau pake sayur. ya demi anak biar mahal dikit g papalah daripada tubuhnya g dapat asupan sayuran sama sekali. gimana y biar anakku mau mkn sayuran?

  ndew wrote @

Memang mengajarkan anak belajar makan sayur itu tidak bisa instan mengingat rasa sayur yang lebih tidak enak daripada rasa makanan lainnya.
Saya memulainya ketika anak saya mulai makan untuk pertama kalinya pada usia 4 bulan. Dibiasakan makan sayur terlebih dahulu sebelum makan buah dan daging.
Dengan demikian dia terbiasa dengan rasa-rasa sayur tersebut.
Alhamdulillah sekarang (6thn), anak saya mau memakan sayur apapun (kecuali pare kali ya…)
Kalau sekarang (keburu besar anaknya), mungkin bisa dicoba membuat sayur tampak lebih menyenangkan untuk dimakan atau mengajak anak untuk terlibat memasak si sayur tersebut. Sehingga menarik sang anak untuk memakannya juga. Rebus wortel mungkin bisa dijadikan awal yang baik, mengingat rasa wortel juga relatif manis dibandingkan sayur lain. Jangan lupa, orangtuanya juga harus memberi contoh makan sayur yang banyak.

  bunda naufal wrote @

anak saya naufal 15bulan ma’emnya susah banget. mimi’ ASI cuma smp 5 bln aja,trus pake Lactogen. Setelah 1 thn saya ganti Dancow1+ dan tambahan vitamin spy dia mau ma’em, tp ternyata ma’emnya tetep susah. mulai sekitar 1mggu lalu sy coba beri dia pediasure complete,alhamdulilah ga ada masalah. BABnya juga tetep bagus n rutin.dia blm bs makan kasar,jd cuma mau bubur instan promina yang rasa buah.klo jeruk dia mau tp sedikit.makanan yang gurih dia ga mau,baru liat tempatnya aja udh mau muntah.gmn ya bu biar anak saya mau makan banyak??mohon sarannya…
oya,naufal jg blm bs jalan ,tp dia suka dititah, giginya jg baru 6,apa anak sya kurang kalsium ya??klo ngomong anak saya bisa sedikit2,satu dua kata disa diucapkan..mohon sarannya bu…
trims…

  ndew wrote @

Mbak.. bisa jadi anak mbak sulit makan karena bosan dengan makanan yang ada. Kalau saya mengira bosan dengan teksturnya yang masih lembut.
Silakan dicoba makanannya dibuat lebih kasar, sehingga anaknya terhibur dengan adanya tekstur baru dimakanannya. Selain itu juga supaya anaknya bisa belajar mengunyah, tidak hanya menelan. (mohon maaf super telat balasnya)

  novie wrote @

Kalo saya mah sependapat sama si empunya blog, klo pediasure tuh hanya untuk anak-anak yang sakit berat dan kurang nutrisi, dan bukan pengganti formula.
Masalah BB kurang gak semata-mata karena si anak gak tll suka makan, tapi faktor genetis ayah bunda juga berpengaruh. Kalo ay-bun wkt balita kurus ya wajar klo anak2nya ikutan kurus selama masa balita.
Klo anak kita gak suka sayur, kita sebagai ortu harus refleksi dulu ke dalam diri sendiri, sudahkah sbg ortu memberi contoh untuk menyenangi sayuran? sudahkah sayuran jadi menu wajib sang ortu? klo jawabannya belum, lantas anak disuruh nyontoh siapa untuk suka makan sayur? sedangkan kita semua sepakat kalo anak2 adalah peniru ulung, dan model pertama yang ditiru sudah pasti adalah kita sebagai orang tuanya.
jadi pediasure, selain mahal dan nguras kantong, gak akan membuat anak kita lebih sehat dan pintar. pediasure sendiri merupakan produk sintesa, dilakukan oleh manusia dan teknologinya, yang tidak akan dapat menyamai produk alami yang merupakan sintesa alam, berupa makanan segar yang dimasak secara sehat. bahkan untuk susu pun yang terbaik adalah UHT atau pasteurisasi.
semoga menmbah wawasan para bunda dan ibu di sini.

  joeliani arifin wrote @

Mohon dikirimkan info & tulisan-tulisan terbaru ke joeliani.arifin@gmail.com

  faujiah wrote @

boleh nimbrung ya!!! cuma share buat momy2 semua,semoga bisa menambah info.

anak saya yang gede 2tahun 6bln dan yg kecil 1tahun 6bln,dan mengkonsumsi PEDIASURE sejak mereka 1tahun, anak2 saya tergolong hiperaktif , tidak bisa diam terus beraktivitas.insyallah tdk ada masalah tu!! malah perekembangan fisik dan mentalnya luar biasa,tidur normal,gigi bagus (walaupun ngemil coklat kuat),bicara lancar,….menghitung juga lancar.

jadi, saya menerapkan memberi pediasure bukan bearti mereka stop diberi makan jadi makannya normal, susu nya juga normal…. dan yang pasti tdk ada masalah dengan PEDIASURE.

dan ingat masa gold perkembangan otak anak dimulai sejak ia lahir hingga usia 4tahun, jadi berikan yang terbaik utk asupan gizinya, hingga 4tahun usianya..,jangan pilih sana pilih sini,yakini saja pada satu produk…..

smoga bisa membantu ya!!!

  Murtiah wrote @

Afra, 8 bln.Tapi BB nya cuma 6,7.Maem ma susu mau banget.Susunya bebelac 2.Gimana ya biar nambah BB nya?

  ndew wrote @

Mengapa Mbak memerlukan berat badan anaknya naik?
Apakah selama ini BB anak Mbak tidak bertambah?
Apakah anak Mbak selalu terlihat lesu?
Kalau memang anaknya banyak makan dan minum susu, apakah dia terlalu sering membuang air besar?
Kalau memang ciri-ciri di atas ditemukan pada bayinya, lebih baik dikonsultasikan ke dokter.. barangkali ada masalah di pencernaan atau lainnya.

Kalau tidak, silakan membaca ini http://ndew.wordpress.com/2010/05/31/berat-badan-anak/
barangkali membantu…

  bunda naufal wrote @

naufal sekarang udah 19 bulan dan tetep minum pediasure + bendera 123.BBnya 10 kg (dari beberapa bulan lalu ga naik2).anakku makannya tetep susah meskipun udah dikasi vitamin macem2.dia minum pediasure sehari 3x (masing2 180ml) dan bendera 123 4x(kadang 120ml,kdang 180ml).sekarang ngomongnya udah lumayan banyak,tp jalannya msh blm brani sendiri,krn kpn hari jatuh dan dia jd trauma.mohon sarannya apakah ini artinya anak saya gak cocok minum pediasure dan bendera??trims infonya…

  ndew wrote @

Saran saya hilangkan minum pediasurenya.
Hindari memberi makanan ringan. Sama sekali tidak diberi snack sampai pola makannya sudah lebih baik.
Usia 19 bulan sepertinya sehari 3 kali minum susu sudah cukup.

Mulai hari dengan memberikan makanan, jangan susu dulu. Usia sekian susu sudah merupakan suplemen, bukan lagi makanan utama.
Jadi dia makan dalam keadaan lapar.
Setelah makan, baru minum susu (tunggu kira-kira 1/2 jam atau 1 jam kemudian supaya perutnya sudah agak kosong).
Makan siang juga demikian, juga makan malam.

Sehari-dua hari mungkin dia mogok makan.
Tidak apa-apa.
Setiap anak sehat PASTI akan merasakan lapar.
Pastikan ketika dia lapar, dia makan makanan bergizi-bukan sekedar snack.

Kalau pola makannya sudah benar (3 kali makan berat bergizi, ditambah 2 atau 3 kali susu), baru boleh ditambah snack.
Kalau dengan pola makan diatas cukup dan sudah tidak kelaparan, tidak perlu lagi diberi snack.

  bunda naufal wrote @

oke…ntar saya coba pelan2 lepas pediasurenya, krn sebenernya sy jg takut klo naufal ketergantungan sama pediasure sampe besar.thanx infonya..ntar klo naufal uda mau ma’em sy share lagi..

  yuyun wrote @

Anakku ariya dari kecil susah makan mungkin karena masih menyusu makanya dari umur 14 bln aku kasih dia Pediasure,sekarang 22 bln sudah aku stop menyusu dan tetap aku kasih Pediasure tapi makannya bagus malah ngemil juga mau.Dua hari terakhir ini aku coba ganti susunya pake Dancow tapi malah mencret,gak mau makan sama sekali dan badannya panas,kata dokter jangan dikasih susu dulu.Nah aku bingung kalau dia nangis minta susu aku mesti kasih apa Dancow apa Pediasure yaaa????

  bunda naya wrote @

anak saya naya 15 bulan.suka bgt kalo makan nasi tim promina.sdangkan mknan yg sya bikin dia mknnya lama.tp kalo nasi tim promina cpt mknnya.makanya sy siasati bikinnya separoh porsi tp sy tmbahkan sayur2an n nasi.apa ga papa ya.mgkin krn rasanya lebh gurih.buatan sendiri kan kdg2 g pake bumbu apa2.
susunya dia suka bgt uht yg plain.

  nurul quraitul aini bte md jali wrote @

saya mempunyai mslh anak yg prtama yg bru berusia 6 bln….. saya risau dgn berat badan dia yg agak kurus ….. saya berharap ada org yg dapat memberi pengetahuan ttng permknn baby yg berusia 6 bln……

  Nooryati Widiastuti wrote @

sjk umur 1 tahun anak sy juga sya ksh pediasur complete,, alhmdulilah mau wl sblmnya sjk 6 bln bebelac.dan skrg suka ngemil makannya jg mau,,dan alhamdulillah sll sht sht,,mgkn dgn kandungan yg bagus jadi anak tdk mudah sakit.wl skrg sdh 14 bln tetep minum ASi.pkknya Asi tetep yg terbaik,,selain sy tambah pediasure

  Ria wrote @

Anak saya Arla, sekarang berumur 3th 6bln, sekarang beratnya 18kg, dengan tinggi badan 102cm. Arla sudah mengkonsumsi Pediasure Complete sejak umur 1th, sama sekali tidak pernah sakit, daya tahan tubuhnya sangat kuat, berat badan dan tinggi badannya selalu bertambah setiap bulan.
Setiap hari Arla makan 3x sehari dan minum susu pediasure 2x sehari ( 4sendok takar/gelas), ngemil juga suka…
Yang ingin saya tanyakan, apakah saya harus mengganti susunya karena katanya pediasure hanya untuk anak yg sakit, sementara anak saya mau makan dan tidak pernah sakit, terimakasih….

  Mamarie wrote @

Emma br 2 bln minum pediasure. Sblmnya lactogen 3.Hasilnya bbnya ttp aj naik 3 ons per bulan. Pediasure cm diberikan ke Emma kl dlm 1 hr asupan makannya krg atau gk mkn sm sekali.Kl mknnya ckp,gk dikasih pediasure-nya.Jd 1 kaleng besar bs 1 bln br hbs.Sisanya Emma mnm uht dan asi.Setiap hr jg saya berikan propolis n madu utk daya tahan tubuhnya.Sudah bbrp bulan ini jrg skt.Kalopun skt cm batpil 3-4hr tanpa demam.. Jd menurut saya,pediasure itu cm utk cadangan kl si anak gk ada intake nutrisi sm sekali.. Menu 4 sehat 5 smpurna ttp hrs diberikan ke anak. Kl anak GTM,berikan susu dan vitamin utk menunjang asupan nutrisinya.. Kt dsa-nya Emma,slm anak msh mau minum susu..gk mslh GTM. Krn GTM kl dipaksa jg malah bikin trauma..

  ikha wrote @

mohon infonya, apakah PediaSure Complete, itu halal atw tidak? coz dikemasannya tidak tercantum label halal dari MUI..Mohon infonya terima kasih…

  BUJANG ALI SUDIN SANJAYAU wrote @

ank sy callista dr umur 1thn ssh mkn.d srnkan tmn mnm pediasure,,bdnnya sehat,,mknnya jg lahap..mnm susu kdg smpi 5xsehari,, prnh sy ganti susu merk yg lain,,tp mlh yg d cr pediasure,,sy tkt nanti bsr callista jd gemuk.skrg .skrg udah 4thn6bln apa efeksmpg ank yg sehat mengkonsumsi pediasure..mhn penjelasan

  VRIDA wrote @

pediasure skrg gmana gambarnya,

  Bunda abhie wrote @

Putra saya abhie brumur11bulan, bb saat ini 9,2 kg.sjak tumbuh gigi (8bulan) nafsu mkannya naik turun.padahal sebelumnya nafsu mkan sangat baik dan skali makan porsi trmasuk banyak. Sudah banyak cara untuk merayu agar mau makan,termasuk mengganti menu2 makannya,tp tetap tdk mau mkan,sudah saya bantu dengan tmbahan vitamin pnmbah nafsu mkan,tp sudah brjalan2mggu masih tdk ada efeknya.sekarang abhie cuma mau minum susu sama ngemil buah2an.ada saran dari keluarga untuk mencoba pediasure untuk pengganti makan..tapi apakah efektif?jika memang ckup membantu berapa porsinya dalam satu hari?

  sri yulianti wrote @

putra saya berumur 5 th,bb saat ini 16 kg…ia sering skit karena kt dokter ada radang paru2.jd jangn salah makan, saat ini ia mau makan tapi tidak lahap seperti biasa saja…susu apa yg harus saya beri untuk nambah asupan gijinya…biar berat badanya bagus seperti yg lain…..saya baru ingin mencoba pediasure tapi saya cari2 bahan dulu…….mohon jawabanya?

  Monica Puspitasari wrote @

ikutan ya moms :D
saya baruuuuuuuu aja berniat unt beli pediasure, karena Fatih (15bulan) lagi syusyah2nya maem :( kemungkinan akibat dari kondisinya yg lagi flu dan kurang enak badan :) tapi sepertinya niat itu saya urungkan saja, krn setelah saya baca komen2 (baik yg pro dan yg tidak) moms smua, Fatih kayanya belum membutuhkan pediasure deh :D terimakasih atas ilmu moms sekalian… *mendapat pencerahan ^^

  siti wrote @

benarkah susu pediasure tahan 24 jam ?????????

  dessy wrote @

kl yg saya amati sih ya bunda,,tdk semua ank cocok dgn brbagai merk susu yg d tawarkan…ada yg cocok dn ada jg yg tdk..mungkin si A cck konsumsi pediasure,tp jg blm tentu dgn si b…kl setau saya sih bgtu…jd bkn slh produknya jg kan…hhihihi

  ayi wrote @

Ank saya skrg 18 bln. Dr sbulan yg lalu dy udh gk mwu mkn. Cm asi aja. Ditmbh lg dy blm bs ngunyah mknan, slama ini dy mkn bubur milna yg hypoalargenic,krn dy alergi. Sy bingung hrs gmn, krn udh cb nasi tim dy ttp gk mwu, mlh nangis histeris dan bs mempengaruhi mud dy smpai sore. Akhrnya sy cb ksh susu kotak, seperti frisian flag en indomilk. Tp dy alergi susu sapi en soya, jdnya diare. Dan skrg udh ganti pediasure, alhmdllh dy cocok. Jd slma ni dy mnum pediasur pagi siang en sore. Diselingi ma asi. Klo mlm mimiknya bs smpai 1 jam. Jd baiknya sy hrs gmn agr ank sy mwu mkn. Sementara dy blm bs ngunyah. Udh sy cb untk bikin dy lapar, tp ttp dy gk mwu mkn. Pusiiiiiinggggg

  ndew wrote @

Maaf, saya baru baca..
Bagaimana kondisi anaknya sekarang?
Masih harus makan bubur?

  Dessy Sriyuliani wrote @

anak saya ihsan umur nya 3th dia susah sekali makan , baru 2 hari saya co ba ganti susu nya pake pediasure mudah” an dia mau makan

  arniridwan wrote @

Anak sy bru berumur 1,8 bulan,,sudah beberapa produk susu sy berikn dari BEBELAC,NUTRILON,PROCAL,CHILKID,DANCOW,SGM,tp tdk ada yg mw di minumnya,,akhirnya sy beralih ke PEDIASURE alhamdulillah sekarang wlwpun mkn nya sedikit tapi lancar dan tidak ada masalah dengan BAB nya dan berat badannya pun semakin bertambah,,

  ndew wrote @

Maaf saya baru baca…
Pediasure itu bukannya baru boleh kalau diatas 1 tahun ya?

  Ilmi wrote @

Anak sy umurnya 19 bln,BB nya cm 10 kg tp dia g mau makn nasi maunya mimi asi aja,gmna ya caranya agr dd bs mau mkn nasi.? Trkdang sy sbge ibnya stres klo menyuapinya hbs slalu dikeluarin dr mlutnya gmana ya solusinya.?

  ndew wrote @

Maaf saya baru baca….
Kalau tidak mau nasi, bisa dicoba karbohidrat lainnya seperti kentang, pasta, mie.
Atau bisa dicoba juga nasinya dipepes, digoreng, atau bahkan kembali ke bubur.
Kadang-kadang anak-anak itu hanya bosan dengan menu makanannya, bukan tidak mau makan.

  fatchul wrote @

anak saya 2,5 tahun bb-nya 25 kg. ibunya masih tetep pengin kasih pediasure… tapi setelah saya kasih tau berbagai pendapat disini akhirnya gak jadi… bisa tambah kayak gajah anaknya ntar…

  vitamin penambah nafsu makan wrote @

sharing info bun.. utk anak2 yg susah makan biar tercukupi gizinya beri minya ikan salmon biar nafsu makannya bagus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: