serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

Berat badan anak

Dalam tulisan ini saya menyoroti makanan dan minuman yang membuat berat badan meningkat secara langsung, bukan yang meningkatkan nafsu makan.

Setiap orang tua pasti ada masanya mempermasalahkan berat badan anaknya.

Kurang berat, umumnya.

Diberikanlah makanan dan minuman ajaib ini itu yang dapat membuat berat badan sang anak meningkat. Produk canggih A, B, dan C menjadi pilihan penyelesaian masalah berat badan ini berapapun biayanya dengan dalil demi kebaikan anak.

Jika dipikir lagi, apakah produk-produk ini menyelesaikan masalah pokok kurangnya berat badan anak kita  yang mungkin disebabkan oleh  anak kita tidak suka makan atau memang bawaan genetis yang kecil?

Apa gunanya ukuran badan anak kita menjadi besar, namun tidak bisa belajar makan dengan cara dan menu yang baik?

Apa gunanya memaksa anak yang bawaan genetisnya kecil menjadi besar sehingga walau sudah diberi makan sebakul pun dia tetap kecil?

Hanya karena demi anaknya enak dilihat karena tidak tampak kurus? Atau tidak malu jika anaknya kemudian disandingkan dengan anak lain yang montok?

Apakah anak kita menikmati badannya yang besar ini? Mungkin juga tidak. Mungkin dia lebih suka badannya kurus-kurus saja karena bisa lebih mudah jingkrak-jingkrak.

Apa salahnya memiliki anak yang kurus jika dia sudah terpenuhi asupan gizinya melalui makanan ‘asli’.

Saya tidak pernah ingat diri saya bertubuh montok pada saat kecil; namun seiring dengan waktu badan saya membesar juga, alhamdulillah bisa kuliah di ITB juga.

Menurut saya memastikan bahwa anak memakan dan terbiasa memakan makanan ‘asli’  bergizi lengkap lebih penting daripada sekedar meningkatkan berat badannya.

Terlalu banyak makanan di bumi ini untuk dijelajahi. Beribu resep sudah tercipta untuk mengolah bahan makanan tersebut. Mari bereksplorasi, berpetualang dalam menyajikan makanan yang terbaik untuk anak kita. Jangan cepat putus harapan dan beralih ke produk instan yang hanya  menghilangkan sakit kepala kita dalam mengatasi masalah makan  anak.

Berat badan anak saya ketika bayi -batita tidak pernah berada lebih dari rata-rata berat bayi pada umumnya, namun saat ini alhamdulilah dia tumbuh juga, membesar juga, makan banyak juga, kuat juga, dan pintar juga. Dan saya tidak menggantungkan diri kepada produk-produk ajaib itu (pernah sebentar, lalu berhenti – lihat ini).

Tidak sampai berperut buncit sih… (siapa juga yang perlu perut buncit)

Cukuplah…

Seperti kata dokternya ketika masih di Amrik:

Selama berat badan anaknya meningkat…. It’s OK!

11 Komentar»

  pediasure, perlukah? « serba-serbi wrote @

[…] Berat badan anak […]

  Silvia wrote @

wah, makasih ya sist ats postingan ini. saya udh ngerasain punya anak yg emang kurus, tapi cerdas dan lincah. selama ini saya emg khwtir sm berat badannya yg sulit nmbh, dan juga iri klo liat anak org lain yg badannya gemuk. maklum, dua anak saya dititipkan d paud selama saya bekerja, jadi setiap hari selalu melihat perbandingan anak saya dengan anak org lain.
namun lingkungan saya juga selalu memberi dukungan dan komentar, “kenapa mengkhawatirkan badan anak yg kurus sementara anaknya sendiri juga tidak ada masalah, malah kelihatan lebih pintar dari anak lain seusianya”.
tapi yah, namanya juga orang tua, pasti khawatir melihat anaknya tidak tumbuh dengan sempurna (juga khawatir dengan komentar negatif dari org2, hehe…. :-)…)

  yani wrote @

makasih ya infonya.. soalnya jujur saja anakku beratnya tiap bulan rata2 cuma naik 4oo gram saja.jadi takut sendiri.. tapi untungnya tiap bulan dia naik terus dan ga pernah turun walaupun sakit.. skrg lagi aku latih kasih makan.. lagi bingung untuk kasih makanan apa .. sekedar info skrg usianya 5,5bulan. tq

  yosi wrote @

makasih mbak infonya…. Saya bener2 dapet dukungan rasanya setelah baca artikelnya…. anak saya sebenernya kta dokternya normal dg BB segitu, tp klo dibawa maen dan ktemu anak org, pernah dibilang kurus n saya jga smpat khawatir, tp saya rasa2 mungkin emank postur dia begitu. soalnya bundanya jga emank punya postur langsing terus (hehe, mnyanangkan hati sdri) makanya saya skrg cuak aja dibilang gt, yg penting ngasih giqi seimbang n terpantau meski dia saya titipin k pengasuh klo dtinggal k kantor

  Mujubatiningsih Atin wrote @

Makasih infonya sist…, terkadang saya juga mikir dengan anak2 saya yang dua-duanya berat badan kecil terus. masalahnya orang2 itu suka pada berkomentar. padahal anak2 saya makan tiga kali sehari, ya jajan juga… tapi mmg perawakannya kurus…

  sri yulianti wrote @

mksh ya atas artikelnya……aku jg smpet bingung anak2 badanya kurus tp dia lincah n pintar.untuk menambah berat badan apa aja sudah di kasih tapi g da perubahan……biasa komentar orang2 yg bikin g nyaman..

  luluk hidayat wrote @

setelah baca artikel ini saya merasa gk sendiri mmpunyai anak dg badan yg kurus, trnyata bnyk dr para orang tua yg mmpnyai kesamaan yaitu anak yg kurus . tp ya alhamdulilah stiap bln bb nya naik meski hny 2 ons sj dsmping it ank kurus jg lbh lincah lbh aktif n lbh cpt mnangkp sgl ssuatu n pinter jg……trnyata anak gemuk bkn segalanya yg pntg sehat n pintar n mmperoleh gizi yg cukup it yg trpntg. trm ksh y bwt sista yg da mnulis artikel mngenai anak kurus….

  Abyan irma wrote @

Anak saya 21 bulan bb nya cm 9kg.dia kurus dan susah makan kl mkn pst di emut smp giginya jd keropos.saya sdh pernah bw ke dokter tp ktnya gpp.cm di kasih vitamin aja,sy dah coba banyak vitamin dr mulai scott emulsion,vita brainfood,beepolen,curcuma emulsion dll, tp tetep susah makan.mohon bantuannya,apa perlu sy ksh pediasure?

  hera wrote @

setuju.. thanks ya utk postingan nya yang membesarkan hati saya, coz saya jg sedih anak saya kurus dan ga semontok anak lain, padahal tiap hari sudah di kasih makanan bergizi .
ternyata faktor genetis sangat berperan juga.

  Tanala wrote @

Alhamdulilah,akhrnya saya sudah lega menghadapi kondisi anak saya yang kurus,atau mungkin orang bilang kecil.mksh bunda2 atas masukkannya.dia sdh 25bln tp bratnya msh 10kg.skrang sy lg coba pediasure.smg bs bermanfaat.tp mskpun dia imut tp lincah,dan gesit.dia cpt tnggap dg pembelajaran yg dibrikan.tp ttp ja mrasa khawatir dg kondisinya it.thanks before mom!

  baby tafel, baby taffle wrote @

tapi terkadang perlu membuat anak menjadi agak gendut. Asal jangan sampai tahap obesitas. Karena usia pertumbuhan, perkembangan anak selanjutnya akan membuat tubuh anak tersebut mengurus dengan cepat.


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

