serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

pecah jerawat (kastengels)

Setelah bertahun-tahun (hiperbola banget) memegang rekor tidak pernah membuat kue, akhirnya di tengah ramadhan tahun ini terpecahkan juga.

Demi memakan kue kastengel karya bibi (tante) yang super enak. Demi menghindari pengiriman kastengel dari Bandung yang akhirnya hancur (bubuk, remuk) ketika sampai disini.

Terpecahkan juga jerawat itu, membuat kue.

Karena sedikit rasa tahu diri yang tidak tahu apa-apa tentang membuat kue, saya meminta ibu ira (pengalaman membuat kue) dan ibu lintang (pengalaman memiliki ibu yang rajin bikin kue) untuk menemani saya membuat kue ini.

Sebagai pembuat kue super amatiran, berbagai kebodohan telah terjadi dalam proses pembelajaran ini.
1. Memesan keju wisjman ke teman yang rumahnya dekat dengan toko asia. Tentu tidak ada, karena yang dimaksud adalah mentega wisjman.
2. Dengan percaya diri tinggi, membeli keju cheddar yang sudah diparut. Tadinya untuk isi kue keju itu, ternyata harus keju jenis lain yang bentuknya seperti bola. Untung si keju cheddar masih bisa dipakai untuk taburan kue.
3. Karena tahunya memakai mentega wisjman, jadi saya mencari pengganti si mentega berkhasiat itu. Ditemukan mentega sejenis di toko lokal ‘european style salted sweet cream butter’ yang ternyata agak mahal, walau lebih murah dari si wisjman. Karena lagi resepnya ternyata tidak lengkap, belakangan baru diketahui bahwasanya si butter ini hanya dipakai sedikit, bukan untuk semua resep. Hallah rugi banget.. harusnya cukup memakai mentega yang lebih murah, jadi terlalu mahal karena memakai butter.

Hasilnya?
Dengan sedikit kesalahan menghitung ukuran di sana sini (gak punya timbangan gitu loh, plus salah konversi hitungan dari metrik ke inggris), ternyata cukup memuaskan (muji diri gini..). Cukup mirip, sedikit kurang garam, dan banyak usahanya.😀

Mau tahu resepnya?
Bahan :
1. 700 gram mentega kocok (600gr mentega, 100 gr butter)
2. 250 gram keju diparut (keju edam, kejunya orang walanda)
3. 4 butir telur ayam
4. 900 gram terigu
5. Garam secukupnya

Cara :
1. Telur dikocok hingga mengembang
2. Tambahkan mentega kocok
3. Terakhir masukkan terigu. Aduk ! Rasa, kurang asin? tambah garam
4. Diamkan adonan kurang lebih 20 menit
5. Buat adonan panjang bulat ukuran 3 x 1 x 1 cm
6. Taruh di loyang yang telah diolesi mentega
7. Adonan yang telah dibentuk diolesi merah telur
8. Bakar di oven yang telah dipanaskan
9. Jadi deh……

Tidak mau susah-susah bikin?
Silakan hubungi saya, nanti saya mintakan sang bibi tercinta untuk membuatkannya…
Ciye.. promosi…

7 Komentar»

  Arti wrote @

Hihi. kalo pesen sama bibi nanti dapetnya kaastengels bubuk dong?

  imgar wrote @

wah..keren tuh ndew..
kue lainnya apa ?😀

  ndew wrote @

euleuh2.. segitu aja hampir kapok gak mau bikin lagi. gunar gak suka kue2an, dika lebih suka yang versi manis bercoklat2an. ah sudahlah.

  dito wrote @

wakakakaka bikin kueh ndew?

  ndew wrote @

tuh kan, nulisnya aja masih salah. kaastengels ya bu arti? super amatiran..

  ira wrote @

ndew, keju taburnya gak salah lagee..emang musti gitu..
(kalo di indo seh, kraft batangan diparud)
kalo yang bentuknya bola..ntar kayak tuyul dong..(kuenya kurus-kejunya bulet2 segede bola???..)xixixi..

  yosy wrote @

wah.. lebaran ini bisa icip2 kue kaastengels bwt an mba ndew dunk. mmm yummy..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: