serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

negara tua


Saya tidak pernah menjadi penggemar sejarah, jadi maaf kalau tulisan berikut terdengar basi atau salah. Mohon diperbaiki.

Setelah membaca ulang buku tentang berjalan-jalan di Chicago bagian sejarah, saya sangat terkejut menyadari betapa negara yang saya tinggali saat ini sudah sangat tua.
Setiap tahun saya ikut merayakan hari kemerdekaan negara ini karena pertunjukan kembang apinya sangat indah, tapi saya tidak terlalu memperhatikan berapa umur negara ini. Negara orang, pikir saya.

230 tahun. Terdengar tua? Tidak juga. Kota Bandung pun kalau tidak salah umurnya sudah memasuki tiga digit.

Berikut penggalan sejarah kota Chicago

1673, misionaris dari Prancis tercatat sebagai orang Eropa pertama datang ke Chicago, pada saat itu Chicago masih menjadi daerah kekuasaan orang Indian
biasa deh, Indonesia sudah mulai dijajah tahun 1600an

1776, Amerika merdeka

1779, penduduk permanen pertama di Chicago didirikan oleh seorang Amerika-Afrika (african american) pedagang dari Karibia yang mempunyai istri orang Indian

1803, tentara Amerika membangun benteng Dearborn sepanjang sungai di Chicago untuk melindungi penduduk dari Indian, Inggris dan Prancis.
Memangnya orang Indian mengganggu ya?

1833, Indian di relokasi oleh pemerintah federal ke daerah reservasi, pada tahun itu Chicago menjadi desa.

Apa? Pertama awalnya tanahnya milik orang Indian, sekarang orang Indiannya diungsikan. Siapa yang menjajah dan dijajah?
Apa? Pada saat itu mereka sudah memiliki pemerintahan yang sanggup melakukan pekerjaan yang terdengar ‘besar’

Indonesia sudah sampai mana pada tahun ini ya?

1871, sebagai kota lama, bangunan dibangun dengan bahan dasar kayu yang rentan api, Chicago mengalami kebakaran besar.

1874, muncul undang-undang yang melarang membangun bangunan dengan struktur kayu di daerah pusat kota
Apa? sudah ada undang-undang?
1884, dibangun gedung bertingkat pertama di Chicago dengan bahan dasar baja
Apa? gedung bertingkat? baja?


Dan seterusnya dan seterusnya yang semakin membuat saya berdecak-decak kagum.
Di tahun-tahun yang belum masuk hitungan ingatan sejarah saya, Amerika sudah memiliki sistem yang berjalan entah baik atau belum.
Saya yakin di tempat-tempat lain tidak kalah majunya, sayang saja saya belum mempelajarinya.


Sementara catatan sejarah saya tentang Indonesia baru dimulai setelah tahun 1900an. Entah saya salah mengingat, atau memang kurang tahu.


Yang jelas Amerika sudah merdeka selama 200 tahun lebih, Indonesia baru 50 tahun lebih.

Tanpa bermaksud membela diri, pantas saja Indonesia belum bisa dibandingkan dengan negara tua ini.
Kita masih memiliki 150 tahun untuk dikejar.
Jangan patah semangat teman-teman.
Ternyata bukan negara kita jelek, tapi ibaratnya anak TK, memegang krayon saja masih belum sempurna. Wajar saja kalau hasil gambarnya masih berbentuk benang kusut.

Semoga perbedaan 150 tahun itu bisa dikejar dengan lebih cepat. Sekolah pun ada percepatan bukan?

2 Komentar»

  dydy wrote @

karunya nya Indian..

  imgar wrote @

bandung september kmrn ulang tahun ke 185 (kalo gak salah)
jakarta lebih tua..
mmm..


Tinggalkan Balasan

