serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

Arsip untuk Januari, 2007

memberi makan anak ala orang amerika

Jalan-jalan di pertokoan di sini selalu membuat saya terkagum-kagum melihat keluarga bule makan di restoran atau food court. Anak-anak mereka duduk rapi di kursinya masing-masing dan makan sendiri. Mulai dari anak yang kira-kira umur satu tahun apalagi sampai anak usia SD atau SMP. Tidak ada yang disuapi (meskipun baru satu tahun) apalagi lari-lari berkeliaran kesana kemari dan mereka juga tidak terlihat kurus-kurus seperti anak kekurangan makan. Pemandangan yang jauh lebih mengenakan menurut saya (apa iri aja ya.. hihih. tidak punya babysitter) dibandingkan melihat mal-mal di Indonesia yang isinya ibu-ibu sibuk belanja, anak-anaknya sibuk disuapi babysitter berseragam putih keliling foodcourt.

Pembantu rumah tangga yang merupakan hal mewah di Amerika sini, membuat anak-anak mau tidak mau dididik menjadi mandiri apabila tidak ingin ibunya pusing tujuh keliling. Bayangkan jika suatu keluarga memiliki tiga orang anak yang kalau di Indonesia sampai usia SD saja masih disuapi, wah.. bisa-bisa mati berdiri tuh ibunya hidupnya dari menyuapi anak ke menyuapi anak sementara pekerjaan rumah tangga lainnya menanti untuk diselesaikan.

Bagaimana caranya mereka bisa makan sendiri?

Menurut teman yang berpengalaman menjadi babysitter di sini, begini caranya:

1. Sejak anak bisa duduk sendiri, mereka dibiasakan makan duduk di kursi makan. Jangan pernah sekalipun diberi makan sambil dikejar-kejar. Ada kursi makan khusus anak-anak yang bertali pinggang, dan kursinya lebih tinggi dari kursi biasa sehingga ketika si anak duduk badannya cukup tinggi terhadap meja biasa disebut highchair.

2. Ketika anak bisa memegang makanan sendiri, berikan dia makanan yang mudah dipegang dan biarkan dia makan sendiri. Mulanya pasti berantakan dan lama, tapi setidaknya si anak belajar.

3. Biarkan anak belajar makan sendiri dengan menggunakan sendok garpu. Sebelum si anak fasih makan sendiri, bisa dibantu sambil disuapi. Walau sebenarnya kalau orang amriknya sendiri benar-benar tidak disuapi ketika sudah bisa makan sendiri sehingga mereka tidak tahu ada yang namanya disuapi.

4. Kalau si anak tidak mau makan atau makan hanya sedikit, jangan dipaksa sehingga harus disuapi apalagi turun kursi dan keliling-keliling rumah. Nanti juga akan ada saatnya si anak lapar dan minta makan. Kalau masih dirasa kurang juga makannya, selalu sediakan makanan ringan. Biasanya orang bule makanan ringannya keju-kejuan, yogurt, es krim, biskuit, dan tentu saja masih rajin minum susu. Lebih enak makanan ringan kita ya, walaupun agak kurang menggendutkan! hihiihih..

5. Untuk anak yang sudah agak besar, beberapa orang menerapkan jadwal makan yang tetap. Jadi, jika ada anak yang tidak mau makan siang, dia tidak akan mendapatkan makan besar lagi hingga jadwal makan malam. Hal ini membantu bagi yang memiliki anak lebih dari satu, karena si ibu tidak perlu menyiapkan makanan berkali-kali.

Bagaimana dengan saya?
Hihihi… setengah-setengah… Maklum..baru punya anak satu.. masih kurang kerjaan ibunya….

Yang jelas alhamdulillah dia hampir selalu makan di kursi makan, kalau lagi bosan pun makan di sofa dan tidak keliling rumah.

Sudah bisa makan sendiri pakai tangan maupun pakai sendok, hanya saja suka muncul manjanya minta di suap yang mana sekarang lagi sering.

pemanasan global

Apakah anda juga merasakan keanehan cuaca di lingkungan anda?
Saya, iya.
Walaupun tidak terlalu suka suhu terlalu dingin. Namun kalau musim dingin dilewatkan tanpa salju pun rasanya tidak sah.

Banyak orang mengatakan ini disebabkan oleh pemanasan global.

Apa sih pemanasan global itu?
Saya juga binun (baca: bingung).
Ini hanya sekedar hasil baca-baca.
Bila ada kesalahan, mohon dikoreksi.

Ternyata menurut wikipedia pemanasan global ini adalah peningkatan rata-rata suhu di atmosfer bumi dan lautan dalam beberapa waktu ke belakang dan diperkirakan akan terus berlanjut yang diakibatkan oleh manusia.

Kenapa suhu itu meningkat?
Panas matahari di siang hari sebagian di serap oleh bumi, dan sebagian lagi dipantulkan kembali ke ruang angkasa.
Di dalam atmosfer bumi memiliki berbagai gas yang dapat menyerap panas yang seharusnya dipantulkan kembali ke ruang angkasa.
Dalam jumlah normal, hal ini diperlukan untuk membuat bumi tetap hangat di waktu malam.
Namun, akibat ulah manusia gas-gas ini sekarang berada pada jumlah yang melebihi keharusannya yang mengakibatkan bumi bertambah panas.

Gas-gas apa yang dimaksud?
karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2?, metana (CH4), ozon (O3), dinitrogen oksida (N2O), dan chlorofluorocarbon (CFC)

Karbondioksida (CO2) disebut-sebut berada dalam jumlah terbanyak.

Karbondioksida?
Yang hasil orang bernafas itu?
Iyah..
Yang kalau sebelum masuk badan adalah oksigen (O2), sesudah keluar badan menjadi karbondioksida (CO2)

Terus apa makhluk hidup dilarang bernafas demi mengurangi CO2?
Ya.. tidak begitu..
Masih banyak cara-cara lain untuk mengurangi CO2 di atmosfer.

Selain terjadi dari proses bernafas, CO2 ini juga terjadi dari sisa pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi dan batubara) yang terdiri dari:
– 36% Industri penghasil energi (kilang minyak, pembangkit listrik)
– 27% transportasi
– 21% industri
– 15% rumah tangga dan jasa
– 1% lain-lain

Di samping CO2 nya bertambah, penyerap CO2 di bumi ini juga semakin berkurang.
Masih ingat dulu pelajaran SD, tanaman menyerap CO2 dan membuang O2 sebagai hasil dari fotosintesis?

Nah, tanaman ini pun sekarang sudah mulai berkurang.
Ingat kisah hutan-hutan digunduli? Ada yang untuk dijual kayunya, dijadikan area perumahan, dijadikan lahan industri pertanian, dan lain-lain.

Apa yang bisa kita bantu?
Kita coba yang kecil-kecilan saja dulu.

Sekedar usulan, silakan menambahi:

1. Daripada ikut-ikutan menebang pohon, kita menanam pohon yuk!
Pohon loh yang berdaun hijau dan banyak (daunnya itu yang bertugas mengubah CO2 menjadi O2), jangan hanya bunga melati, dan bunga mawar. Meskipun indah dan wangi, daya serap CO2 nya tidak sekuat pohon.
Lebih segar di mata, bersih udara, teduh, kalau ada buahnya lebih sedap lagi bisa panen.
Tapi kan, menanam sekarang tidak berarti besok sudah menjadi besar.
Memang tidak, tapi ketika cucu kita bisa main ayunan, sepertinya kita sudah bisa menggantungkan ayunannya di batang pohon yang kita tanam sekarang.
Halaman rumah anda kecil?
Tidak semua pohon itu sebesar pohon beringin kok. Silakan kunjungi tempat jualan pohon, dan bertanya ke penjualnya pohon mana yang cukup di halaman rumah anda.

2. Kalau bisa (bermimpi angkutan umum di tempat kita tinggal nyaman) lebih baik memilih angkutan umum daripada angkutan pribadi untuk bepergian sehingga sudah pasti akan mengurangi pemakaian minyak bumi.

3. Punya uang lebih? Silakan mencoba kendaraan canggih hemat bahan bakar.

4. Tidak punya uang lebih? Angkutan umum pun tidak bisa diandalkan? Sepertinya kalau bepergian dengan jarak dekat, kaki atau sepeda pun bisa diandalkan.

4. Daur ulang. Membuat barang baru selalu memakai energi dan bahan.
Sebelum kita membuang barang, ada baiknya kita pikirkan terlebih dahulu baik-baik kemungkinan barang itu dijadikan benda lain. Misalnya plastik sisa belanja di toko, bisa dipakai lagi sebagai plastik sampah.
Tahu kertas itu terbuat dari apa? Yup, kayu pohon. Seandainya kita bisa menghemat pemakaian kertas, sepertinya kita juga akan menghemat penebangan pohon.
Dipikir-pikir lagi, sepertinya kalau orang Indonesia sih sudah paling canggih ya urusan daur ulang. Kertas ujian di sekolah aja bisa dijadikan kantong gorengan. Hihihihi…

5. Matikan TV, komputer, lampu, dan alat-alat listrik lainnya ketika tidak digunakan misalnya tidur malam.

6. Mengganti lampu pijar dengan lampu neon.

Hmmm.. apa lagi ya?
Ada ide?
Sepertinya tidak ada ruginya kita membantu mengurangi pemanasan global.
Kan, kata iklan juga..

Hemat energi, hemat biaya

tambahan dari saya…
Hemat energi, menyelamatkan dunia.. (hihihi.. sok pahlawan gitu…)

sumber:
http://www.wwf.or.id/
http://worldwildlife.org
http://en.wikipedia.org
http://id.wikipedia.org
dan lain-lain (lupa)

salju tlah tiba

salju tlah tiba

salju tlah tiba
salju tlah tiba
hore!
hore!
hore!

hari indah

di awal bulan januari
di tengah musim dingin yang belum dingin juga
ketika pohon sudah tidak berdaun

langit cerah
21 derajat celcius

motor-motor berseliweran
kaos oblong, celana pendek, dan sandal jepit kembali bertugas

spring has sprung
kata mereka

hari yang benar-benar indah

ke mana musim dinginnya ya?

procrastinator

kosakata baru, dikenalkan oleh bu ddy

(n) procrastinator, postponer, cunctator (someone who postpones work (especially out of laziness or habitual carelessness))

http://wordnet.princeton.edu/perl/webwn?s=procrastinator

saya banget…
bangun, bu!!!!