serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

jodoh dan cinta

Tanpa bermaksud sok tahu, hanya sekedar berbagi ide.

“Tolong carikan jodoh dong..”

Seringkali kita mendengar teman atau keluarga kita berucap demikian.

Sedemikian susahkah mencari jodoh?

Atau kita yang mempersulit diri dengan sejuta persyaratan?

Atau jangan-jangan kita salah tempat mencarinya?

Baru diingatkan lagi tentang surat An-Nisaa: 1

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan(peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

Salah satu makna yang bisa ditangkap sepertinya adalah Allah SWT menciptakan manusia berpasang-pasangan agar mereka bertakwa.

Jadi dalam memilih pasangan hidup juga harus mencari mereka yang bisa membuat kita lebih bertakwa.

Tidak peduli kaya, miskin, pintar, bodoh, hitam, putih, lebih tua, lebih muda; kalau ada orang disekitar kita yang mampu membawa kita ke ketakwaan yang lebih, shalat lebih rajin, zakat lebih rajin, dzikir lebih rajin, semakin menghargai orang lain, semakin rajin bersih-bersih rumah, semakin sabar, dan semakin-semakin lain yang baik dan diridhai Allah SWT…. hm… perlu diwaspadai… kandidat yang baik untuk dipilih menjadi pasangan hidup kita.

Sebaliknya, bila mencintai orang yang membawa kita ke kesesatan yang lebih, lebih rajin minum minuman keras, lebih rajin ‘pegang-pegang’ sebelum waktunya, lebih rajin marah-marah,  lebih pelit, lebih tidak menghargai orang lain, dan lebih-lebih lainnya yang buruk dan tidak diridhai Allah SWT….. itu namanya membuang waktu, sia-sia, bahkan mungkin berdosa.

Tidak pernah menemukan orang yang baik-baik?
Di mana mencarinya?

Jangan mencari orang yang baik di tempat yang tidak baik, kemungkinan besar sangat sedikit atau bahkan tidak ada.

Cari orang baik di tempat yang baik juga.

Dan yang penting juga, jangan lupa berdoa. Jangan hanya meminta dicarikan jodoh ke teman, meminta kepada yang punya stok jodoh tentunya Allah SWT tentu lebih penting.

Nah, kalau besok menemukan orang yang mengajak kita berbuat kebaikan; ‘shalat, yuk!’ katanya…. ting ting!… hm… dia mungkin kandidat yang baik untuk jadi pasangan hidup anda. Catet!

10 Komentar»

  nl:) wrote @

ndew ndew…
haji yuk!!!!
(hehehehehe…)
cari dimana yak?
(haloo..? haloo??!! anybody, someone? ada yang menemukan? ada yang ngeliat…?)

  vidya wrote @

uh, telath ah nulisnya. coba dari dulu, tidak berlama2 dengan orang yang salah deh kekekek….

  patby wrote @

dalem bo’ … berat bo’ … cape deh :)p

  nila wrote @

cateuuutttt… nya neng Ndew…..
bener pisan…kalo mau dapetin yg baik….kita nya dulu kudu baik…..

  mita wrote @

ok gitu yah jd mulai besok harus nongkrong di mesjid yah sapa tau ketemu jodoh di sana huhuy……………

  imgar wrote @

jangan di tempat yang salah ya..?
jadi di mesjid..?
di mesjid sebelah rumah gua yang ada cuma bapak2 dan anak2 kecil yang belajar ngaji. gimana dong..?😀

jangan salah… barangkali si bapak punya anak gadis yang available…gimana…

  Sari wrote @

Di masjid pun aq jarang ngobrol sama lawan jenis paling sholat, ma tadarus. gimana dong?

jadi ingat ada yang membahas di sini ,

Perempuan sebaiknya memberi tanda2 (clue) kalau dia suka pada seorang lelaki….karena seringkali lelaki itu tidak sadar ada yang suka (sama2 krisis pd ..heheheh)… atau malu2 juga… (padahal mungkin suka ke seorang wanita).
Kalau lagi ke masjid.. dilihat2 ada yang kira2 berkenan… tanya2 ke teman2 yang lain.. barangkali ada yang kenal dan tahu… LALU… kalau berani seperti Khadijah RA istri rasul, melamar duluan… ATAU paling tidak beri tanda2, mulailah dengan berkenalan duluan mungkin lewat teman…. JANGAN pasif.

sekedar saran

  wedulgembez wrote @

halo met kenal

  wedulgembez wrote @

ini saya juga punya artikel tentang jodoh dan cinta http://suakahati.wordpress.com/2007/07/06/mistery-jodoh-cinta/

  N. A. Hilal wrote @

great…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: