serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

PENTING! ASI pada SATU JAM PERTAMA usia bayi

Baru mendapatkan link tentang Minggu Menyusui ASI kepada bayi

Diadakan tanggal 1-7 Agustus tahun ini. Agak telat saya menulis ini memang.

Hanya saja saya sangat tertarik dengan ide menyusui bayi pada satu jam pertama usianya.

Menurut salah satu selebaran didalamnya dinyatakan betapa pentingnya menyusui bayi pada satu jam pertama di usianya terutama dalam mengurangi angka kematian bayi dan menunjang keberhasilan pemberian ASI eksklusif.

Satu jam pertama usia manusia yang menakjubkan

Ketika bayi baru lahir yang sehat disimpan tanpa baju (kulit ibu dan anak berhubungan langsung)diatas perut dan dada ibunya seketika setelah lahir, mereka menunjukan kemampuan yang menakjubkan.

Mereka sadar, merangkak dengan rangsangan sentuhan ibunya menuju payudara. Mereka mulai memegang dan memijat payudara ibunya.

Sentuhan tangan dan kepala bayi pada payudara ibu akan merangsang oxytocin yang akan memulai produksi ASI dan memperkuat perasaan sayang pada sang bayi.

Lalu bayi akan mencium, mengulum, dan menjilat puting ibunya. Dan akhirnya dia akan menempel pada puting dan mulai meminum ASI.

Mengapa hubungan kulit ibu dan kulit anak pada jam pertama usia anak sangat penting?

1. Tubuh ibu membantu menghangatkan tubuh bayi, terutama untuk bayi yang terlahir kecil.
2. Bayi tidak terlalu stres, lebih tenang, dan memiliki nafas dan denyut jantung yang baik.

3. Bayi pertama kali bertemu dengan bakteri dari ibunya yang umumnya tidak berbahaya, dan ASI yang berisi zat penguat tubuh akan dapat melawan bakteri itu. Bandingkan dengan kemungkinan bakteri-bakteri lain yang mungkin ada di staf rumah sakit, alat-alat di rumah sakit, dan lingkungan.

4. Bayi mendapatkan kolostrum pada pemberian makan pertamanya, cairan yang sangat berharga untuk bayi.

  • Kolostrum sangat kaya akan sel aktif imunitas, antibodi dan protein kekebalan tubuh lainnya. Bisa dikatakan kolostrum adalah imunisasi pertama bayi. Menjaga berbagai infeksi, dan membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh bayi.
  • Memiliki faktor pertumbuhan yang membantu usus bayi untuk berkembang dan berfungsi secara efektif. Ini akan membuat mikroorganisma dan alergen lebih sulit masuk ke dalam tubuh bayi.
  • Kaya akan Vitamin A, yang membantu menjaga mata dan mengurangi infeksi.
  • Merangsang bayi untuk membuang hajatnya sehingga mekonium bisa dikeluarkan dengan cepat dari tubuhnya. Ini membantu membuang zat di tubuh bayi yang memproduksi jaundice (bayi kuning) sehingga dapat mengurangi kasus bayi kuning juga.
  • Jumlahnya sangat sedikit, sesuai dengan kebutuhan bayi kecil.

5. Sentuhan, kumulan dan isapan pada pada payudara oleh bayi merangsang pelepasan hormon oksitosin. Ini penting karena

  • Oksitosin membuat uterus berkontraksi. Dapat membantu pengeluaran plasenta dan mengurangi pendarahan pada ibu setelah melahirkan.
  • Oksitosin merangksan hormon lain yang membuat ibu menjadi tenang, santai dan sayang pada bayinya. stimulates other hormones which cause
  • Oksitosin merangsang aliran ASI dari payudara.

6. Ibu akan merasa sangat senang dengan pertemuan pertamanya dengan sang bayi, dan bapak akan mengalami kebahagiaannya juga. Mengawali proses keterikatan ibu dan anak.

Hubungan kulit ke kulit dan pemberian makan pertama dengan kolostrum bisa berhubungan dengan pengurangan angka kematian pada usia sebulan pertama manusia. Juga berhubungan dengan peningkatan ASI eksklusi dan lebih panjangnya pemberian ASI di bulan-bulan selanjutnya yang membuat peningkatan kesehatan dan pengurangan angka kematian juga.

Bagaimana menciptakan proses pemberian ASI di satu jam pertama usia bayi?

1. Berikan teman yang sensitif dan suportif untuk mendampingi ibu yang melahirkan.

2. Kembangangkan tindakan yang tidak melibatkan obat-obatan untuk membantu proses kelahiran (pijtatan, aromaterapi, pijatan air).
3. Perbolehkan ibu melahirkan untuk memilih posisi melahirkan.
4. Keringkan bayi yang baru lahir dengan cepat (tidak terlalu lama; red), menyisakan selaput putih alami (vernix) yang melindungi kulit baru bayi.
5. Letakan bayi kulit berhubungan dengan kulit di dada ibunya, menghadap ibunya, dan selimuti mereka berdua bersama.
6. Biarkan bayi mencari payudara. Ibunya akan merangsang bayi dengan belaiannya dan bisa membantu memposisikan bayi dekat ke putingnya. (jangan paksa bayi untuk mengisap puting)
7. Biarkan bayi kulit bertemu kulit dengan ibunya sampai proses makan pertama kali ini selesai selama dia mau.
8. Ibu yang melalui proses kelahiran dengan operasi juga seharusnya bisa memegang bayinya kulit bertemu kulit sehabis melahirkan.
9. Tunda tindakan yang mengganggu dan membuat stress. Bayi sebaiknya ditimbang, diukur, dan diberikan obat-obatan SETELAH diberikan ASI
10. Jangan berikan cairan sebelum susu atau makanan lain kecuali ada indikasi medis.

diterjemahkan dari sini

baca juga ini dan ini

Catatan saya

– Jadi teringat cukup banyak orang di Indonesia yang saya kenal yang gagal memberi ASI kepada anaknya. Mungkinkah ini salah satu penyebabnya, mengingat seringkali rumah sakit memberikan susu botol sebagai pemberian makanan pertama pada bayi.

– Jaundice (bayi kuning) juga lebih sering terdengar di Indonesia daripada diantara teman-teman di Amrik sini, yang memang sepertinya memilki prosedur setelah dilahirkan bayi langsung disusui oleh ibunya

– Kalaulah bayi di Indonesia dinyatakan mengalami kekurangan gizi, jangan salahkan harga susu kaleng yang kian melambung. Ada ASI, sehat, bersih, super bergizi, gratis lagi.

– Sudah saatnya rumah sakit, praktek kebidanan, dan praktek-praktek ibu melahirkan lainnya memberikan hak ibu untuk memberikan ASI sebagai makanan pertama untuk anaknya. (maaf kalau sekarang di Indonesia sudah demikian, terakhir saya tahu masih belum)

– Sudah saatnya ibu yang akan melahirkan pun menuntut rumah sakit atau tempat melahirkan lainnya untuk memberikan haknya ini.

– Wah… anaknya sudah brojol… yah.. mungkin artikel ini berguna untuk anak yang berikutnya atau teman dan saudara lain yang memerlukannya.

– Saya dahulu bagaimana? Bisa dilihat ditulisan ini, Alhamdulillah dulu kebagian menyusui anak saya dalam satu jam pertama usianya. NAMUN tidak langsung setelah lahir, baru diberikan ke saya setelah beliau ditimbang, diukur ini itu, dibersihkan, dsb. Sepertinya kalau besok saya diberi rejeki melahirkan lagi, saya mau minta anak saya langsung disusui sebelum terkena tetek bengek rumah sakit.

Iklan

15 Komentar»

  dini wrote @

baru sekitar 2 minggu yang lalu baca artikel yang kurang lebih isinya sama, di koran. Jadi kalau insya Allah punya anak nanti udah ada niat juga ‘mau minta anak saya langsung sebelum terkena tetek bengek rumah sakit’.
^_^

Btw, kk punya buku what to expect when you’re expecting itu gak? kalo ada, ntar pulang bawa ya.. 😀 thx

  hmm wrote @

trima kasih atas ilmunya ya???

  nila wrote @

serba salah ya Ndew….antara keinginan si ibu utk mendekap langsung bayi nya yg baru lahir utk kemudian disusui…dg segala prosedur RS (di indo) yg meng kontaminasi…

sedih juga ya ngebayangin bayi kita kaburu kapiheulaan suster diwewelan dot….

sono
NL

  vidya wrote @

di Indonesia… wah, kudu cerewet wet deh kalo mau anak tak terkontaminasi botol 😀
boro2 mengharap bayi langsung didekap sebelum dibersihin 😉

  yussi wrote @

tes

  yussi wrote @

pengalamanku gak seberuntung itu mbak…
RSnya juga bukan yang ASI oriented, akunya belum pinter nyusuin, ardell bingung puting. Berhubung suami mendesak pakai ASI, jadinya diusahain banget gak dikasih formula. Walhasil anakku kena kuning, dan katanya kena bakteri apaa gitu, yang nyebabin aku dan ardell harus stay di RS Goretty, padahal Ardell abru seminggu. Alhamdulillah di Goretty aku dan ardell dilatih pakai ASI. dan berhasil ASI eksklusif (hiks walaupun gak yakin ardell dapat kolostrum atau gak).

  niken wrote @

iya
emang saya setuju dgn apa yang ibu jelaskan di artikel ibu itu
bahwa sebenernya emang harus demikian,saya sebagai contoh waktu beberapa waktu lalu melahirkan putri pertama saya!
saya sih maunya bayi saya langsung diberikan pada saya begitu lahir tanpa dibawa kesana-sini dulu sama pihak perawat di rs tempat saya bersalin karena saya sebenernya udah tau metode baru ini dari internet…
tapi kenyataannya apa !!!!
ditimbang dululah, diukur panjangnya dululah
dan baru sekitar _/+ 45 menit bayinya dintarkan pada saya,,,malahan perawat di rs itu bilang ” gimana bu mau disusuin nggak? kalo belum mau kasih susu botol dulu aja ya….” padahal saya maunya langsung aja pake ASI,,menurut saya kox lucu ya….karena mereka harusnya memberikan suport pada saya untuk menyusui bayi saya dgn ASI bukan dgn susu botol….tapi untungnya sih karena ketekatan saya yang bulat ingin memberikan ASI eksklusif untuk anak saya, sampai saat ini saya masih lanjut menyusui anak saya sekarang udah masuk usia 7 bulan.

Selamat ASI eksklusifnya. Masih banyak pesan sponsor dari produsen susu bayi barangkali ya. Semoga dengan semakin banyaknya orang yang tahu tentang pentingnya ASI ini, semakin banyak orang yang meminta anaknya langsung disusui ASI sesaat setelah dilahirkan

  Syafriadi wrote @

baru tau
*nice inpoh*

  eva wrote @

info nya berguna banget bagi aku yang insya allah akan melahirkan awal januari 2008. mudah2 an permintaan untuk langsung menyusui bayiku pada saat baru lahir nanti dapat dilaksanakan krn pengalaman sebelumnya bayinya langsung dimandiin.

  benbego wrote @

harus disimpen nih. Tengkiu! 😀

  sofi wrote @

di sini (ga ada yg nanya padahal hihi) tergantung kebijakan rs or kliniknya. banyaknya sih si bayi seharian or semaleman di simpen di ruang bayi dan di kasih susu formula. katanya susu formula banyak vitaminya (kata si suster yg aku tolak sarannya unutk ngasi formula hihi, aku sih ga mau karena kebanyakan susu bayi di sini pake babi) dan biar si ibu istirahat katanya. 😀

  Neo Fortynine wrote @

terimakasih atas infontya. sayang saya buka calon ibu dan saya belum punya anak

  peyek wrote @

layak di print!

  devi wrote @

Di RSIA TAMBAK dah dijalankan kok program inisiasi menyusu dini….jadi bener2 langsung ditaruh di perut mama…

  siti aisah wrote @

bagaimana caranya agar bayi saya 8 bulan mau menysui ASI saya sedangkan ASI saya sudah habis?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: