serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

Halloween, apa itu?

Iseng-iseng menterjemahkan dari Wikipedia.

Mohon maaf dan koreksinya kalau ada kesalahan penterjemahan.

Tulisan diawali dari pertanyaan ‘Perlukah merayakan Halloween?’

Sejarah

Halloween berasal dari festival  tua bangsa Celtic yang dikenal sebagai Samhain (Irish pronunciation: [ˈsˠaunʲ]; from the Old Irish samain). Festival Samhain adalah perayaan di akhir musim panen pada kebudayaan Gaelic dan terkadang dinyatakan sebagai Tahun Baru Celtic.

Dulunya festival ini digunakan bangsa petani Celtic kuno untuk mempersiapkan barang-barang dan memotong hewan ternak untuk persiapan musim dingin.

Bangsa Gaelic percaya pada 31 Oktober, bukan dikenal sebagai Halloween, perbatasan antara makhluk hidup dan mati menjadi hilang; dan arwah yang mati menjadi berbahaya untuk makhluk hidup dengan menyebabkan berbagai masalah seperti membawa penyakit dan merusak hasil panen.Perayaan ini biasanya melibatkan api yang  kemudian dilempar tulang-tulang dari hewan yang disembelih. Kostum dan topeng juga dipakai di perayaan untuk mencoba meniru bentuk arwah yang jahat.

Sejarah penamaan Halloween

Kata Halloween merupakan kependekan dari ‘All Hallows Even’ (kata ‘even’ merupakan kependekan dari ‘evening’) yang juga berarti ‘Eve of All Hallows Day’ (malam dari hari yang suci) yang juga dikenal sebagai ‘All Saints Day’.
Merupakan hari yang penuh perayaaan religius di berbagai kebudayaan pertanian di  Eropa Utara sampai Paus Gregor III dan Gregory IV memindahkan perayaan ‘All Saints Day’ di Kristen kuno dari 13 Mai ke 1 November.
Pada abad ke 9, gereja menghitung hari berawal pada saat matahari terbenam mengikuti kalender Florentine.
Meskipun ‘All Saints Day’ dinyatakan terjadi sehari setelah Halloween, kedua hari raya pada saat itu dirayakan pada hari yang sama.
Gereja secara tradisional merayakan hari itu sebagai ‘Vigil of All Saints’ dan sampai 1970 merupakan hari berpuasa juga.
Seperti vigil lainnya dirayakan pada hari sebelumnya jika jatuh pada hari Minggu, meskipun perayaan sekular tetap dirayakan pada tanggal 31.

… tidak dilanjutkan, kepanjangan, silakan baca sendiri di http://en.wikipedia.org/wiki/Halloween

Iklan

5 Komentar»

  imgar wrote @

koq gak selesai sih nerjemahinnya.. :p

  irvanjuwi wrote @

bwahahahahahaaaaaaaa…..niat teu niat nulis teh..

  h3li wrote @

Nah terus pertanyaan Perlukan merayakan Hallowen-nya belum dijawab

  ndew wrote @

H3li,
Pertanyaannya silakan dijawab masing-masing.

Saya sendiri pengikut:

“ Dan janganlah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36)

Hadis Rasulullah s.a.w:“ Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”.

“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang di muka bumi ini, nescaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti prasangka belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah).” (Surah Al-An’am : 116)

  Lia wrote @

sebenernya ada cerita lebih ‘miring’ lagi tentang asal-muasal Halloween, Valentine’s Day, Easter…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: