serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

Menciptakan anak suka makan sayur

Mengajarkan anak belajar makan sayur itu bukan pekerjaan mudah mengingat rasa sayur yang lebih tidak enak daripada rasa makanan lainnya (buah atau daging/ikan/ayam).

Saya memulainya ketika anak saya mulai makan untuk pertama kalinya pada usia 4 bulan. Dibiasakan makan sayur terlebih dahulu sebelum makan buah dan daging/ikan/ayam.
Dengan demikian dia terbiasa dengan rasa-rasa sayur tersebut.
Alhamdulillah sekarang (6thn), anak saya mau memakan sayur apapun (kecuali pare kali ya…-belum mau karena terlalu pahit)

Kalau sekarang (keburu besar anaknya) masih belum mau makan sayur, mungkin bisa dicoba membuat sayur tampak lebih menyenangkan untuk dimakan. Atau mengajak anak untuk terlibat memasak si sayur tersebut sehingga menarik sang anak untuk memakannya juga.

Rebus wortel mungkin bisa dijadikan awal yang baik, mengingat rasa wortel juga relatif manis juga mudah dikunyah (seratnya tidak terlalu alot) dibandingkan sayur lain.Bisa dilanjutkan ke sayur-sayur lain yang rasanya juga masih sekitaran manis (jagung, labu, buncis) . Kalau sudah terbiasa, baru mulai pindah ke sayur yang kurang manis rasanya (brokoli, daun singkong, bokcoy).

Jangan lupa, orangtuanya juga harus memberi contoh makan sayur yang banyak dan tampak senang mengkonsumsinya.

6 Komentar»

  alia shahab wrote @

alhamdulillah …almira suka sayur…dari umur 7bln aku udah kenalin dy sayur2an…skrg sayurnya uda gak diblender ato diparut lg, dy udah 1 thn…sayurannya udah utuh n dy bljr mkn sendiri …mmm cukup mnyenangkan, meskipun sayuran ikut nempel satu badan.

  wiwik yermiati wrote @

Harus pandai2 berkreasi spy anak2 bs makan sayur tiap hari…

  Valeria wrote @

jadi usia 4 bulan uda bole dikasi sayur ya mom? anakku sih skg masih 3 bulan(beratnya nyaris 6 kg kyknya), cuman aku uda lagi cari2 tau, nanti 4 bulan makan apa, btw dari lahir uda campur ASI dan sufor (bmt platinum) dan sudah 2 bulan terakhir full formula …(mix bmt + nan ha)

  tuti wrote @

Aalmkm..bu bayi saya skrng udah 9 bln tp agak susahmakan sayurnya mungkin karena saya tidak membiasakannya dr awal dia makan,kalo saya buatin bubur pake sayuran awalnya mau tp susah lg,makannya tuh gampang bosan pengen ganti ganti terus,mesti banyak sabat klo mau mgasih makan,apalagi sampe skrng giginya blm tumbuh juga..jadi hawatir ni..apa asupan gizinya kurang ya…mohon bantuannya..terimakasih,wassalam.

  ndew wrote @

Apakah anak mbak sudah bisa menggigit?Anak saya dulu usia 9bln sdh bisa menggigit meskipun blm ada gigi. Jd sudah saya beri nasi tim pakai sup sayur yg sayurannya dipotong kecil-kecil dan dimasak sampai sangat empuk. Mungkin masalahnya bukan bosan menu, bisa jadi sudah bosan tekstur. Ingin yg lebih kasar.

  lolita wrote @

hi moms,just share aja,anak sya jess 8 thn n jan 4 thn,juga tadinya susah sekali makan sayur,duh,,,, sampai gemes gak tau mau di apain lagi hehehe.sampai akhirnya saya di kenalkan oleh teman sama nugget sehat Ny Gouw,yang ternyata ada campuran sayurannya(wortel dan brokoli)dan asiknya lagi terseut tanpa MGS,pengawet dan pewarna lho,,,begitu saya kasih ke anak2 eh,,,ternyata mereka suka sekali,karna memang rasanya juga enak lho,,,kalau moms mau coba order bisa hub di 021-91868900 / http://www.nuggetsehat.com


Tinggalkan Balasan

