serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

Mengatasi anak/bayi bangun di tengah malam

Anak/bayi bangun di tengah malam memang akan menguras tenaga orangtuanya karena harus melayaninya.
Namun sampai kapan bayi terbangun di tengah malam karena benar-benar memerlukan bangun (lapar), bukan sekedar memerlukan perhatian?

Saya lupa kapan persisnya anak saya bisa tidur tanpa terbangun di tengah malam karena lapar. Mungkin sekitar 1 tahun.
Pada usia demikian kalau anak bangun tengah malam, belum tentu dia kelaparan. Jika yakin anak sudah kenyang makan dan minum susu, seharusnya dia tidak lagi kelaparan karena lambungnya sudah cukup besar menampung makanan yang cukup sampai pagi. Sama seperti kita yang tidak lapar ketika tidur lelap di malam hari.

Seringkali anak umur segitu terbangun karena terbiasa terbangun dan dilayani (digendong atau diberi susu) – semacam mencari perhatian.
Sudah saatnya pada usia lewat dari 1 tahun dibiasakan kalau malam itu tidak perlu terbangun lagi.

Caranya adalah dengan tidak memberikan apa yang dia minta. Tidak digendong, tidak diajak bermain/berbicara, atau tidak diberi susu.
Cukup ditepuk-tepuk/dibelai sedikit dengan kondisi kamar tetap gelap, sambil dibisikkan “tidur lagi ya, masih malam”.
Kalau memang tampak haus, cukup berikan air putih-jangan susu, apalagi susu di botol.
Bisa jadi anak akan merengek (namanya juga usaha-kata sang anak). Tahan saja, nanti juga dia tertidur lagi

Lama kelamaan sang anak akan ‘kapok’ karena merasa percuma bangun, tidak diberi apa-apa. Akhirnya dia akan terbiasa tidur sepanjang malam.

Seperti pada umumnya berurusan dengan memberikan kebiasaan baru kepada anak, tidak bisa dijamin memberikan hasil dengan cepat. Paling tidak 3 malam kebiasaan itu mungkin masih berulang, bahkan mungkin juga ada yang sampai 1 minggu atau lebih.

Namun demi kepuasan tidur yang panjang dimasa depan sang orangtua… layak diusahakan, bukan?

Update:

Saya baru saja selesai mengembalikan anak 18 bulan tidur di tempat tidurnya sendiri (sebelumnya tidur bersama saya). Berdasarkan pengalaman saya sepertinya lebih mudah prosesnya pada abangnya yang pada waktu itu dipisahkan ketika usia 12 bulan.

Anak kedua ini terus menangis sebelum tidur selama 2 minggu, tapi tetap saya biarkan. Setiap kali dia bangun dari tempat tidurnya saya kembalikan dia ke posisi tidur sambil dibisiki ‘tidur sendiri ya.. tidak apa-apa…ibu ada di sebelah’. Lampu kamar sudah mati tentunya.. terus berulang-ulang. Seingat saya pada malam pertama anak saya menangis dan bulak balik bangun selama 30 menit. Malam kedua 15 menit, malam berikutnya hanya syarat saja untuk nangis. Selama sebulan lebih masih suka nangis-nangis…tapi tidak apa-apa…

Tengah malamnya pada awal-awal tentu masih terbangun dan merengek mjnta tidur bareng lagi. Tapi hanya saya beri asi sebentar lalu dikembalikan tidur di kasurnya melalui proses nangis lagi tentunya. Setelah beberapa hari, kalau dia bangun hanya saya beri air putih. Setelah beberapa lama akhirnya dia tidur sepanjang malam juga..dari jam 7.30 an atau jam 8.00 malam hingga pukul 4.00… baru setelah itu saya beri asi dan pindah ke tempat tidur saya..

Lumayan kan…

Iklan

25 Komentar»

  alia shahab wrote @

hi mbak…bener juga tuch sarannya…almira shahnaz anak ku udah 1 thn (1 april ) jd aku juga mo ajarin dy ga bangun malam lg…tapi dy msh tetep asi, kira2 bisa gak yaa….uda dicoba kasi SUFOR tp msh nolak…btw, anak umur 1 thn udah blh mkn yg digoreng? mknny susah bgt skrg, bubur udah bosan kali yaaa…nasi lembik juga payah mknnya…stress mbak, pengen nangis rasanya…tp dy doyan sayur2..n mulai makan sendiri lg..he he he thx, utk sarannya. Wassalam

  ndew wrote @

Boleh dicoba makanan digoreng, namun lebih baik kalau tidak terlalu berminyak. Misalnya menggoreng ayam atau tahu, kasih isinya saja..jangan kulitnya.
Mungkin anak ibu sudah mau makanan ‘anak besar’…silakan coba diberikan kalau terlihat dia sudah mampu memakannya.

  BU FERY wrote @

Bayi saya cewek, namnya Zahiyah Saraswati Indra, lahir 16 april 2011… usia 2 minggu, wah akhir2 ini kalo malam bangun dan ,maunya main terus. saya sampe capek dan stresss… hahaha.. padahal kalo sore dibangunin, agar malam tidak begadanang, tapi tetep aja tidur. gmn caranya agar malam tidak bangun terus?? mohon info. mksh

  ndew wrote @

Untuk bayi 2 minggu memang masih belum tahu jadwal hidup dan belum bisa diberi tahu…
Masih memakai jam hidup lagi di perut sepertinya.
Sabar saja… semakin besar, Insya Allah semakin normal jadwal hidupnya…

  gugun wrote @

byi kmi usia 3bln,tiap mlm jga bngun mnta susu kdang mrengek2,tp low pgi mpe siang tidur trus.bngun cma mnta susu tdr lg

  ndew wrote @

Lupa..bayi-bayi yang lebih kecil lambungnya juga lebih kecil.. jadi daya tampung makanannya (susu) juga lebih terbatas. Oleh karena itu waktu tidurnya lebih pendek, yang menyebabkan terbangun setiap beberapa jam baik siang hari maupun malam hari. Sabar saja…

  Yani wrote @

Dear mbak,
Anak saya, Almaira Kayyisa Nayara, 14 bln..tiap malam mengalami hal spt diatas. sll terbangun, bahkan setiap 1/2 jam sekali, pdhl siangnya sll makan+minum banyak, tidur siangpun jg cukup. Klo saya elus/tepuk2 sj, dia sll memanggil2 saya trs dan minta nenen, kl ttp gk saya kasih, dia nangis yg akhirnya membuat dia bangun malah. Saya kan jd gk tega mbk. gmna mbk klo gitu?
Thanks 😉

  Erliani Ninadhira wrote @

Anak saya, Nadhira Hattnie Adelia 8bln… malah sangat, sangat, sangat, jarang sekali bgn tengah malam semenjak lahir,, malahan saya yg bgn tiap 2jam klo mlm pke alarm,buat nete’in… hehehee…

  asti wrote @

Bayi saya usia 6 bulan,udh 1 bln ni sering bangun d malam hari..
Saya bingung antara lapar ato emg dia nmbah pinter,jd guling”an kalo tidur..

  imam wrote @

ok, tanks infonya

  susan wrote @

iya sama mbak asti. Bayi saya hari ini 6 bln tepat. Tapi sdh 3 mgg sll bgun tiap 1jam-2jm di mlm hari utk nyusu. posisinya guling2an dan nyungsep2 atau tengkurap sambil mata merem tapi nangis. Saya bingung knp kok makin besar malah makin sering bgn tgh mlm..???

  ndew wrote @

mungkin lapar mbak.. sudah diberi makanan tambahan?

  Bunda Azka wrote @

bayiku sekarang 6bulan jalan 7bln.dr lahir ampe skrng sll bangun di mlm hari,wkt usia 3-4blnnan sempet tidur ampe pagi tpi cm sebentar 1 mingg an abis itu kumat lg bangu2 melulu aku pikir karena dia blm mkn tambahan jd lapar,tpi skrng dia udah mpasi tetep aja bangun mlm,jadwal tidurnya bangun pagi jm 6 tidur lg jm 9-jm11 siang nnti jm 12 makan jm 1 tidur lg sampai jm3/jm 4 sore tar mlm jm 7 dia dah ngantuk lg bubu deh naaah ini trs tengah mlm banun sekitar 2jm bistu bobo lg mainan sndr pdhal dah aku cuekin,segala cara udah aku kerahkan,mulai bikin dia terjaga di siang hari n baru aku bubuin jm 2,trs aku bikin anakny capek,dll tpi tetep aja gagal.Gmn yaaa solusinya biar anakku bisa bubu sepanjang mlm,cos aku jd sering puyeng,kantung mataku ampe item krn sering begadang hehe

  mama bella wrote @

klo anak pertama sy br lahir smp 3bln tiap jam 1 terbangun n br tdr jam 4an udah itu d usia 1,5th gt jg tengah mlm bangun n maenan sdr n nyanyi2 wlpn qt cuekin.gmn y cr ngatasin spy baby gk bgn tengah mlm cz skr sy lg hamil anak k 2 jd takut ky kknya sk bangun tengah mlm.sharing donk yg pny solusi.tq

  ria wrote @

Dear Mba.

Saya sudah coba, alhasil anak malah nangis histeris sampai muntah muntah karena nda di kasih susu pas terbangun. bagaimana solusinya yach, akhirnya sekarang ta kasih lagi susu botolnya. oh yaa putri sya usianya genap 2 tahun. tks

  Anthon rose wrote @

Hehe wuah sm kasus nya nih sm anak saya skrh sdh 3 thn lbh masih aja bangun tiapdua jam mnt sufor, pdhl mkn cukupn rajin ngemil, tp ga gemuk”, anak nya hiperaktif ga bs diem sedetikpun slama 24.Jam
Yg saya anehkan, dia itu hoby banget klo di ajak jalan”, permah kami ajak ke puncak seharian naik motor, karena liburan macet, berangkat siang pulang malem, ga pernah dia minta susu, hufh heran saya, masa iya tiap hari jln” selama 12 jam terus agar dia lupa, kan ga mungkin, maka nya saya curiga sperti nya dia seperti ke canduan susu deh, kadang klo ga ada sedetikpun yg ajak main, pasti dlm lima menit dia minta susu lagi, tp pas dilarang sih mau dia, cm klo sdh bosen banget ga ada yg layanin main pasti ngamuk nangis kencang sampe muntah” utk mnt susu doank, pdhl 5 mnt yg lalu sdh hbs satu botol hiks pusing saya

  belle wrote @

thq infonya

  Popok Kain wrote @

Setuju, saya juga menerapkan hal seperti ini, anak cukup dikasih air putih, akhirnya tidur lagi..

  rini amoriza wrote @

dear mba,,

anak qu skrang umur nya 11 bln, tiap malam pasti terbangun n nangis,, ntar ud di susuin bobo lagi,, trus 2/3 jam kemudian begitu lagi,,,,,, ud di tepukin , di kelonin kalo blum di kasi susu tetep aja nangis,,, gmana yah??

  teuku gunawan wrote @

Anak sya nma nya adit. setiap jam 12 mlm nangis trus. ksi sOlusi donk mbak. thanks

  Jusmine wrote @

Anak saya skrg usia 5 bulan, apakah baik kalau tengah malam atau sekitar pkl 3 atau 4 pagi saya selalu memberi dia susu?

  ndew wrote @

Mbak Jusmine, kalau bayi usia 5 bulan begitu berikan susu sesuai permintaan saja. Kalau dia terbangun dan minta susu, berikan. Kalau dia masih terlelap tidur, tidak perlu dibangunkan.

Pastikan susu (kalau bukan ASI) bukan yang manis dan merusak giginya.

  Liana wrote @

anak saya 21 bulan kalau malam terbangun 2-3 x karena minta sufor..apakah itu normal? Setelah dikasih sugor baru bisa kembali tidur dengan nyenyak..
Mohon bantuan penjelasanya..terima kasih

  Marta wrote @

Nanak says 9 human dr umur 6 bulanan sering bangun minta nete. Bias setengah jam sekali kalo ga di kasi dia jerit jerit nangis, saya nya jadi stres. Padahal tdr kalo siang cm 2 jam itu juga game bs dengar suara berisik sedikitpun leg bangun

  Marcella wrote @

assalamualaikum mba,

Anakku usianya 5 bulan 16 hari. Sudah diberikan MPASI, Tetapi semenjak di beri MPASI kenapa tidur malamnya tidk se pulas sebelumnya ya? memang bukan yang bangun dan nangis rewel sepanjang malam, hanya bangun dan minta di ASI (kadang cuma ngempeng saja) 😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: