serba-serbi

dipikir-pikir isinya ibu-ibu sekali…. (bapak-bapak gak usah takut gitu dong)

makanan bayi 4 – 6 bulan

Ditulis berdasarkan sedikit hasil baca-baca, dan sedikit pengalaman mengasuh satu anak. Mohon maaf bila ada kesalahan. Sangat dianjurkan untuk cek ulang ke sumber-sumber lainnya.

Pada usia ini biasanya bayi sudah mulai siap makan makanan padat, walau beberapa ahli menyarankan untuk tetap hanya memberikan ASI atau formula hingga 6 bulan untuk mengurangi resiko alergi terhadap makanan selain ASI dan formula.

Tanda-tanda bayi siap makan makanan padat

Ini adalah ciri-ciri yang perlu diperhatikan walaupun mungkin bayi anda belum melakukan semuanya

- Sudah bisa menegakkan kepala sendiri

- Bisa duduk dengan baik di kursi

- Bisa melakukan gerakan mengunyah

- Berat badan terlihat meningkat hingga kira-kira sudah dua kali lipat berat badan ketika lahir

- Terlihat tertarik pada makanan

- Bisa menutup mulut jika disodorkan sendok

- Bisa memindahkan makanan dari mulut bagian depan ke mulut bagian belakang

- Bisa menggerakan lidah, dan tidak lagi mendorong makanan kelur menggunakan lidah

- Terlihat masih lapar setelah diberi delapan hingga sepuluh kali ASI atau 1200 cc susu formula

- Mulai tumbuh gigi

Jenis Makanan

- ASI atau susu formula DITAMBAH

- Bubur sereal beras atau bubur tepung beras

- Dilanjutkan dengan sereal biji-bijan lainnya

- Bila sudah terlihat bisa makan, bisa ditambah bubur sayuran (misal: ubi manis, labu-labuan) atau bubur buah-buahan (misal: pisang, apel, pear, alpukat)

Bagaimana

- Mulai dari bubur tepung beras yang sangat encer satu hari sekali, kira-kira sebanyak 1/2 sendok makan pada percobaan pertama. Mengapa beras? Beras memiliki resiko alergi yang rendah.

- Jika bayi sudah mulai terbiasa makan, bisa ditambah porsinya atau ditambah kekentalan buburnya.

- Bisa menambahkan menu baru kepada bayi. Satu rasa setiap kali menambah, jangan dicampur. Tunggu 4 hari untuk memperkenalkan makanan baru kepada anak, agar terlihat apakah bayi memiliki reaksi alergi terhadap makanan itu.

- Beberapa orang menyarankan untuk memberikan sayuran terlebih dahulu sebelum diberikan buah-buahan, sehingga bayi tidak lebih lebih dahulu kenal manisnya buah.

Makanan yang dihindari

- Madu. Tidak dianjurkan untuk bayi dibawah usia satu tahun, karena ada kemungkinan terkena bakteri Clostridium Botulinum. Bayi belum memiliki imunitas terhadap bakteri ini. Kalau mau tahu lebih lanjut tentang botulinum silakan baca ini . Kira-kira menurut tulisannya bisa mengakibatkan lumpuh karena dia meracuni saraf.

- Garam. Makanan bayi sebaiknya tidak diberi garam karena belum kuat diproses oleh ginjalnya. ASI dan formula sudah mencukupi kebutuhan garam ditubuhnya

- Gula. Biarkan bayi tidak terbiasa pada rasa manis yang bisa merusak giginya.

- Kacang. Selain ada kemungkinan tersedak, kacang juga sangat berpotensial menimbulkan reaksi alergi

- Susu sapi sebagai minuman. Tidak mencukupi kandungan lemak, nutrisi (terutama besi), dan kalori. Terlalu banyak sodium. Juga berpotensi menjadi alergen. Kecuali produk susu seperti keju, diperbolehkan setelah bayi berusia 6 bulan.

Makanan yang dihindari hingga usia 6 bulan

- Gandum dan segala produknya. Alergen (bisa menimbulkan reaksi alergi)

- Telur. Alergen, terutama bagian putihnya yang memiliki banyak kandungan protein.

- Ikan-ikanan. Alergen

- Buah-buahan asam, seperti jeruk, anggur, nanas. Perut bayi belum kuat untuk diberi makanan asam

Catatan

- Pada usia 4 – 6 bulan ini, ASI atau susu formula masih menjadi sumber utama makanan bayi. Makanan lain hanya sekedar tambahan.

- Belajar makan adalah yang hal yang terpenting pada usia ini. Jangan khawatir jika bayi anda hanya makan sedikit atau tidak mau makan sama sekali. Coba lagi di lain waktu.

- Kalau bayi terlihat mendorong makanan dengan lidahnya, mungkin bayi belum siap menerima makanan padat.

- Selalu menunggu 4 hari untuk memperkenalkan makanan baru kepada , agar terlihat apakah bayi memiliki reaksi alergi terhadap makanan itu.

baca juga:

membuat makanan bayi sendiri

lihat juga:

keperluan anak anda

sumber:

http://www.babycenter.com/

http://www.wholesomebabyfood.com

http://www.salt.gov.uk/babies_and_children.shtml

http://www.surgerydoor.co.uk/

dan sumber lainnya (lupa)

About these ads

116 Komentar»

  nila wrote @

waduh…..pikir2 lagi deh kalo mau punya bayi lagi…hehe…asa riweuh…geus kolot Ndew…..hehe

  ARISAN wrote @

naon na nu kolot teh ? .. Klo punya bayi malah tambah awet muda lho .. ^_^..

http://arisan-online.com

  vidya wrote @

uh, ngomongin bayi mulu, jadi pengen punya anak lagi… (kebalikan teh nila)

  ira wrote @

ndew, ari dika teh tos teu bayi pan? pasti..ini untuk bayi yang masih di plening tea yaa… sok atuh lah, ngarah masih made in usa.

  membuat makanan bayi sendiri « serba-serbi wrote @

[...] Yang perlu diingat dalam membuat makanan bayi adalah JANGAN memakai garam atau gula, silakan baca ini untuk lebih [...]

  awaw wrote @

anak memang membawa perubahan besar dalam hidup, soal makannya dan kesehatan harus diutamakan.

  mumuhna lulu wrote @

duh..gimana mumuhnya lulu kerja…jadi saya gak bisa tau perkembangan anak saya…
yang ada tiaphari tlp tuk nanyain kabar dari anak saya

  sweet_Rose wrote @

resepnya banyak banget jd bingung dech………….

  jazz wrote @

ok

  nadhifa wrote @

bingung…bgmn cara mengatur awalnya baby makan…bisa dibantu??? thanks.

  hari2ku wrote @

mbak, aku taro di blogku ya, aku taro link sumbernya dari web mbak. trims

  Mbak Erin wrote @

Makasih ya………… saya sangat senang dengan adanya website ini. amat membantu saya dalam merawat bayi saya

  dwilovaniez wrote @

terimakasih. sangat membantu

  yuli yozhi wrote @

bayi kecilku baru masuk 5 bulan dan dia terlihat tertarik dengan makanan. tiap aku atau ayahnya makan, dia selalu mengecap-ngecap. oleh bidan aku disarankan mulai memberi makan. untuk awalnya aku dan suami memberinya bubur susu beras putih. ketika aku berikan, bayiku malah geleng-geleng dan kelihatannya dia kurang suka. apa karena dia masih kenyang ya?soalnya 1 jam sblmnya aku beri dia susu.

  ndew wrote @

Sepertinya memang anak ibu masih kenyang. Tunggu sampai kira-kira 2
jam untuk memberi makanan. Sehari cukup satu kali untuk awalnya dan
hanya satu sendok teh. Kalau sudah terbiasa baru ditingkatkan
perlahan-lahan. Pastikan untuk permulaan buburnya sangat encer, hanya
sedikit lebih kental dari susu yang biasa dia minum

  cika wrote @

waduh gimana jadinya padahal anaku slalu kukasih madu mulai usia 2bulansamai 5bulan.jadi giman cara mengatasinya.

  mamah Nabila wrote @

bayiku udah 4 bulan sekarang beratnya 7 kg. dari ciri2nya dia juga sepertinya udah mau makan selain asi. tapi aku masi bingung mau dikasi makan apa,sedangkan aku belom bisa bikin makanan bayi sendiri.kalo bole minta saran produk bubur apa yang kira2 bagus ya.trus emang ada yang untuk bayi 4bln?
thanks

  YUNI wrote @

Mbak boleh gabung gak..?
aku pnya baby 4 bulan lebih 3 mggu.
minngu tgl.28 desember 7 kg 1 ons, anakku aktip bngt, sekarang udah mau merangkak.
makan jg sudah 3 kali, tapi sedikit2.
gmana donk mbak…boleh gak.jus jg sudah minum tapi cuma 60 mm, mohon pendapat?trims

  cika wrote @

bisa.anakku aja kukasih..lahap makanya

  Gati wrote @

Mau tanya nih.. anakku 7 bulan.. baik ga ya.. kalo dikasih makanan beras merah terus.. kalo dikasih yang lain lama makannya kadang terlihat tidak suka…

  ndew wrote @

Lebih baik anak diperkenalkan berbagai jenis makanan sejak dini sambil diperhatikan kemungkinan alerginya, tentunya. Sehingga dia terbiasa memakan berbagai macam makanan ketika semakin besar.

  esti wrote @

Mbak saya baru tau ni kalo madu ga baik untuk anak, padahal saya sering kasih dia madu (sbg pengganti gula/garam)untuk campuran air tajin sejak umur 1bulan mpe sekarang (4bln)..gimana dong thks

  Reni wrote @

Kalau kacangnya dihalusin blender

  ndew wrote @

diblender sepertinya tidak akan mengurangi zat alergennya walaupun mungkin mengurangi kemungkinan tersedak.

  cika wrote @

bisa tuh..biar sehat

  yuni wrote @

umur 1 bln anaku rewel terus.minumya jg banyak.tp kyaknya mash kurang.akirnya a ksh mkn pisang ba di gak rewel,ampe skr umur 5bl a ksh mkn bu2r.benernya a takut.terjadi apa2.tp anaku alhamduliila sehat.

  lina wrote @

mba yuni, mo tanya nih dulu pertama kali baby nya di kasih makan apa ?
soal nya anak ku 2,5 bln berat nya 5,5 kg juga udah di kasih minum tapi keliatan nya kurang terus
Thanks

  ade wrote @

Hai mbak..
Baby qu usianya dah 7 bln tapi knp yah kalo aq kasih makan bubur beras merah agak kental dikit dia gak bisa nerima kaya mo muntah gitu loh mba. Kira2 produk bubur apa yah mbak yg bgs untuk anak qu. .
Thanx yah mba aqu jd tau kalo madu itu ga baik..

  arie wrote @

Mendingan buat bubur susu dari beras merah sendiri aja.jgn beli yg instans.caranya: beras merah dicuci lalu dijemur sampai kering,lalu di sangrai sekitar 10-15 menit lalu didinginkan dan diblender sampai halus.pd saat baby mau mkn.ambil 2 sendok kecil beras merah yg sudah halus campur dengan susu bayi/air putih,masak hingga matang tambahkan keju halus.rasa lebih gurih dari pada beli yg instans

  Helmy wrote @

bu, bantuin ak donk………. tadi pg tu ak ngasih mkn bayiku yg 4 bln pake telor ayam kampung. Setelah makan, dia muntah ak bingung jangan2 krn aku ngasih telor. thx banget ya bu atas sarannya, ak nunggu!

  Suci Ikhtiarini wrote @

anakku dah 4 bln 6 hr gemana caranya memulai ngasih anak makanan tambahan selain susu formula dan baiknya apa yg harus diperkenalkan dulu.
TQ

  bpk suratmin wrote @

baby ku di usia 3 minggu sering tdr siang dan klo malam slalu nangis ap tu wajar?dan pilek gmn ni nsolusinya makasih.bdnya hanngat dak di mandiian apa itu sehat??????????

  ndew wrote @

Sepengetahuan saya, bayi itu memiliki lambung yang sangat kecil sementara kebutuhan energinya untuk tumbuh cukup banyak. Oleh karena itu dia hanya bisa minum ASI sedikit saja setiap kalinya namun harus berulang kira-kira 3 jam sekali.
Jadi sangat wajar kalau setiap 3 jam dia akan terbangun dan minta ASI.
Lama kelamaan ketika lambungnya sudah bisa menampung makanan dalam jumlah yang lebih banyak, frekuensinya terbangun akan berkurang juga.
Untuk menambah waktu bangun di siang hari, ada baiknya mulai mengajak bermain sang bayi di siang hari.

Pilek.
Umumnya jika tidak disertai panas lebih dari 38 derajat atau demam lebih dari 3 hari, tunggu saja.
Pemberian obat-obatan apapun tidak dianjurkan kecuali atas saran dokter.
Perawatan terbaik adalah istirahat dan berikan banyak cairan (ASI).
Silakan lihat http://www.babycenter.com/0_symptom-guide-runny-or-stuffy-nose_1196391.bc untuk lebih lengkapnya.

  agung wrote @

terima kasih infonya, kira-kira sampai umur berapa bisa dikasih garam agak banyak

  ratri wrote @

saya pingin tanya makanan yang cocok buat bayi yang alergi susu sapi

  ndew wrote @

Bayi (dibawah satu tahun) memang tidak diberikan susu sapi sebagai minuman.
Tapi kalau perlu sedikit untuk mencampur makanannya silakan coba susu kedelai.

  Niswah Avisah wrote @

Makasih tuk semua infonya, moga anak-anak Indonesia bisa jadi anak-anak yang berguna bagi samunya.. amin.

  ika juliana wrote @

slm.trimakasih but infonya!anaku br usia 3 bln….

  Membuat makanan bayi sendiri « Anda ingin Sakit? wrote @

[...] Yang perlu diingat dalam membuat makanan bayi adalah JANGAN memakai garam atau gula, silakan baca ini untuk lebih [...]

  meti wrote @

Ass.. anak saya yg 1 & 2 diberi makan mulai usia 4 bulan Alhamdulilah sampe besar makannya ok, anak ke 3 diberi makan mulai 6 bulan setelah disapih ASI makannya susah&badannya jadi kurus apa ada pengaruh mulai dikasih makan dengan pola makan anak selanjutnya? ada yg bilang kalo usia 4 bulan usus anak belum siap utk dikasih makanan selain ASI&khawatir ada bakteri yg masuk, bgmn? terimakasih jawabannya

  ndew wrote @

Saya tidak tahu persisnya bagaimana, namun memang memiliki kecurigaan bahwa anak akan sulit belajar makan apabila telat diberi makan. Kapan sang anak seharusnya di beri makan, saya lebih percaya pada tanda-tanda kesiapan dari sang anak dibandingkan dengan angka-angka. Karena saya percaya juga pertumbuhan setiap anak pasti berbeda-beda.
Walau belum menemukan teorinya, saya juga percaya kalau penampakan luar sang anak siap maka perutnya juga Insya Allah siap.

  nahar wrote @

boleh kan bayi 3 bulan makan nestem

  ndew wrote @

Nestem itu apa ya?
Kalau anaknya sudah memberikan ciri-ciri sudah siap makan (silakan baca di atas) mungkin sudah bisa mulai belajar makan, bukan makan dengan porsi besar.
Tapi saya tetap memilih menunggu hingga minimal 4 bulan sepertinya.

  Laptop Murah wrote @

Makasi bu…Tipsnya apik pisan…

Laptop Murah

  Fatimah Azzahra wrote @

Assalamualaykum Wr.Wb
Alhamdulillah Zajakalloh Tips nya

  theeba wrote @

bayi saya sudah berumur 5 bulan+++ tapi sudah mula makan sejak 4 bulan seperti bubur sayur sayuran, ayam dan ikan … dan jus buah buahan…. adakan ia memberi kesan krn sudah terlalu awal… tetapi berat badanya tak begitu naik…

  ndew wrote @

Seingat saya anak umur sekian memang tidak naik dengan signifikan berat badannya, tidak seperti ketika dia lebih kecil karena sekarang sudah mulai bergerak dan aktif.

Untuk lebih yakinnya silakan konsultasikan ke dokter anak anda mengenai berat badannya.

Menurut saya selama dia tidak kekurangan berat badan, sudah cukup.

  theeba wrote @

selain daripada ikan salmon apakah jenis ikan ikan lain yang boleh diberi????????????????

  ndew wrote @

Ikan apapun…. selama dia bisa dilembutkan. Tapi selalu ingat untuk mencoba sedikit2 dan dalam selang 3 hari agar mengetahui potensi alerginya terhadap anak.
Saya ingat kalau dulu ibu saya senang memberikan ikan tenggiri karena teksturnya yang sangat lembut.

  siti budidarma wrote @

anakqu skr berumur 4,5 bulan, berat lahir 2,7kg..skr beratnya 7 kg, pake asi ekslusif lho….. kl dr skr aq ksh makan gpp…?? atau nunggu dl usia 6 bulan…..??

  arif rachman wrote @

saya punya bayi 7 bulan, anak saya susah sekali makan, sehingga saya menginginkan ada makanan tambahan berupa jus buah-buahan tetapi saya tidak tahu buah apa yg bs diberikan bagi bayi saya? atas jawabannya diucapkn trima ksh.

  ayu dhe wrote @

Bayiku sekarang berumur 4,5 bulan, aku coba memberikan dia makanan tambahan seperti pisang (krn teksturnya lembut), biskuit bayi dan dia pun senang setelah aku berhentikan malah dia menangis..tapi setelah 6 hari bayiku ngga’ BAB (sembelit). Pada akhirnya aku berhenti memberinya makanan tambahan…gmn ya caranya agar aku bisa tetap memberikan makanan tambahan tanpa membuat buah hatiku sembelit…atas jawabannya terima kasih

  ndew wrote @

Silakan dicoba diberi makanan yang lebih encer

  enchi wrote @

umur bayiku 4 bln 5 hari kadang bab lalu saya ksh jus pepeya alhamdulilah langsung BAB

  Putri wrote @

bayiku berusia 4,5 bln sudah diberi makan buah dan sayuran dibelender sehari diberi 3 kali,dan BAB nya pun sehari bisa 3 kali jg, apakah berpengaruh pd berat badan bayi

  FITRI wrote @

anakku sudah dikasih makan sejak masuk umur 4 bln apa pengaruh sama kesehatan ususnya

  Liza wrote @

Anak saya tanggal 25 ini masuk 5 bulan. Kondisinya sudah full susu formula karena ASI saya hanya keluar selama kurang lebih 3 bulan dan semakin sedikit karena saya juga mulai kerja lagi sampai akhirnya sudah nggak keluar sama sekali. Apakah anak saya sudah bisa mulai diberi makanan tambahan / pendamping selain susu formula mengingat anak saya sudah tidak mengkonsumsi ASI lagi atau harus menunggu sampai usia 6 bulan ? Bagaimana dengan perasan air jeruk ? Kalau memang sudah bisa sebaiknya diawali dengan apa ? Berat badan anak saya sekarang sudah mencapai 7.5 kg dengan berat lahir 3.1 kg

  ndew wrote @

Maaf, saya kurang tahu apakah bayi non ASI harus menunggu sampai 6 bulan atau tidak. Ada baiknya dilihat saja juga ciri-ciri kesiapan dia makan, apakah sudah terpenuhi atau belum.
Mengenai perasan air jeruk, asamkah dia?
Diawali dengan apa, silakan baca lagi tulisan di atas… atau http://ndew.wordpress.com/2007/03/17/makanan-bayi-6-8-bulan/

  Heny wrote @

Anak saya mau masuk 4 bln.menurut ciri-ciri yg di sebutkan.dia sdh bsa makan.skr dia makan 3 kali sehari dgn porsi 2-3 sendok teh.itu bagus tidak ya?

  Alam wrote @

Wah jadi pengen punya bayi lagi nih….Mamaaa dikau dimana maaa…yukyak yuuk!!! H hhh.hhh

  Irma wrote @

Bayi saya usianya 6 bln, usia lima stengah bulan beratnya 7,1kg dan hanya mengkonsumsi asi tanpa tambahan susu formula karna dia memang tidak menyukainya. Dia sangat aktif, sekarang bayi saya sudah mulai merangkak dan belajar duduk. Tapi bayi saya belum mau makan, saya bingung dan takut kalau-kalau bayi saya kekurangan gizi sebagai sumber energinya. Apa yang sebaiknya saya lakukan ?

  ndew wrote @

Silakan dicoba perlahan-lahan anaknya belajar makan.
Usahakan dimulai dengan kebiasaan makan yang baik, yakni duduk di meja makan bukan sambil bermain-main.
Umumnya bayi akan senang makan bersama keluarga lainnya.

  Fajaryanti wrote @

Anak sy umur 5bln,skrg sy latih untk mkn sdkt2 wlwpun msh sering dkeluarkan/dlepeh,tp sy berusha utk melthnya wlw hny 2sndk mkn sj dia terima,stlhnya gk mw lg mlh minta minum susu,apa ya sayuran yg boleh dksh utk byi umur 5bln sy prnh tw dr intrnt bym tdk baik bwt byi apa itu benar?

  meli azahra wrote @

sama anaku jg susah mkn skrg usianya menginjak 5bln setiap dikasih mkn slslu muntah jd dimuntahkan semua

  ndew wrote @

Silakan dicoba makanan mulai dari yang sangat encer, hingga menjadi lebih kental.
Untuk sayuran, memang bayam dan wortel tidak baik untuk anak karena banyak mengandung nitrat.
Sayuran yang saya dulu berikan untuk anak adalah umbi-umbian dan labu-labuan, juga kacang hijau dan kacang-kacangan lain yang sudah dihaluskan terlebih dahulu tentunya.

  meli azahra wrote @

aku punya mslh anaku usia 4bln stiap diksh mkn pst muntah bahaya ga bila dilanjutkan trus crnya gmn biar mau mkn.mksh atas jwbnya

  ndew wrote @

Diberi makan apakah anak ibu?
Seberapa banyak?
Bisa jadi anak ibu terlalu kenyang atau memang belum siap diberi makan.

  yanti wrote @

anakku umur 4bln 3mng. Selama ini minum ASi + formula. Formulanya pake susu soya karena alergi susu sapi, yang saya tanyakan : ada tidak produk makanan jadi yang bebas susu sapi? menu makanan yang dianjurkan untuk bayi punya alergi seperti ini apa aja?

[...] Yang perlu diingat dalam membuat makanan bayi adalah JANGAN memakai garam atau gula, silakan baca ini untuk lebih [...]

  furniture minimalis wrote @

terima kasih atas infonya. sebelum saya pikir makanan bayi tambahan dimulai dari umur 6 bulan. bayi saya baru berumur 3,5 bulan. sebentar lagi kita coba makanan gibea….

  mama queen wrote @

thx…ya infonya…anaku 8 bln,dia suka sekali makanan yg lg kita makan,saya suka kasih ….truss…anaku gak mau makan yg encer..seperti bubur dayi,dia lebih suka tim yg gak ada kuahnya..selama ini gak ada keluhan..paling babnya agak keras kenapa ya?

  ndew wrote @

Silakan dicoba ditambah sayurnya, atau diberikan buah-buahan seperti pepaya atau lainnya yang memudahkan bab.

  ummi zaza wrote @

anakku baru berumur 4 bulan,dia suka sekali makan bubur atau buah yang sudah dihaluskan terus disaring. awalnya dikasih bubur jagung yang diblender,apa benar tidak baik untuknya?apa benar kalau makanan instan seperti sun atau promina dan produk instan lain bisa membuat bab bayi jadi keras dan susah?dia sudah dikasih buah alpukat dan pepaya. rencananya mau saya kasih buah apel,blh tidak?sejauh ini tidak tampak alergi. thanks

  ndew wrote @

Saya belum pernah mendengar bubur jagung tidak baik untuk bayi. Saya belum pernah memakai produk-produk instan itu. Silakan bereksperimen dengan berbagai makanan untuk bayi anda. Perkenalkan satu-persatu makanan baru selama 4 hari baru kemudian diganti menu lain sehingga bisa terlihat makanan mana yang bayi anda alergi.

  ummi_zaza wrote @

hari ke 4 anak saya dikasih makan, bubur susu dari tepung beras. Saya tidak tahu kalau harus menunggu 4 hari dulu baru diganti. Nah setelah dikasih bubur susu tepung beras anak saya mencret. sekarang udah 3 hari mencretnya.Apa mungkin alergi terhadap tepung beras? Sejak anak saya mencret sampai sekarang tidak saya kasih apa-apa lagi selain asi.Dapat saran dari kakak ipar kalau mencret dikasih sagu dicampur gula merah dikasih air tanpa dimasak lalu diminumkan sedikit-sedikit kepada anak saya, apakah itu baik?terimakasih.

  ndew wrote @

Usia anaknya berapa ya? Umumnya alergi itu terhadap susu, bukan terhadap beras. Silakan dicoba bubur susu saja atau tepung beras saja (campur asi atau susu formula yang biasa dipakai) sehingga ketahuan yang mana yang membuat anak ibu mencret. Selama anak ibu mencret, pastikan dia tidak kekurangan cairan. Kalau berkelanjutan silakan konsultasikan ke dokter. Kalau memang anak ibu sudah terlihat siap makan, silakan dicoba menu lain. Saya belum pernah mencoba sagu.

  frieda wrote @

my baby next week bru masuk 4 mth. i tak tahu 1 day berapa kali boleh di beri makanan.untuk baby 4 mth termasuk susu formula

  frieda wrote @

my baby belum start makan lagi.next week bru cukup 4 mont skrg saya tengah mencari makanan yang sesuai untk my baby

  Nauli wrote @

Baby ku 3 hari lagi 4 bulan, sekarang minum susu frekwensinya lebih sedikit dari bulan ketiga, apakah sudah layak mendapatkan makanan pendamping asi ?
Karena beberapa artikel menyebutkan bayi berusia 6 bulan baru boleh mendapat MPASI.
Mohon informasinya juga untuk makanan yang sudah disimpan di freezer , bagaimana cara mengahngatkannya supaya tidak rusak ?
Terima kasih semua

  ndew wrote @

Karena saya percaya perkembangan tiap anak berbeda, jadi saya tidak percaya batasan-batasan waktu.
Karena itu, kalau saya boleh memilih maka bila anak anda sudah terlihat siap (ada ciri-cirinya) silakan dicoba diberi MPASI.Meskipun demikian, frekuensi meminum ASI bukan menjadi salah satu ciri. Bisa saja ini terjadi karena lambungnya sudah cukup besar menampung cukup persediaan minuman pada waktu yang lebih lama.

  angel wrote @

bayi saya kalo ketawanya sampe terkekek,suka bersendawa kenapa ya?

  riena wrote @

kebetulan anak q dah masuk usia 4 ke atas…terima kasih infonya krn aq buta bgt mslh ini…maklum anak 1….hehehe

  andreas wrote @

aduh pngennya q px ank sndiri

  Bunda ivie wrote @

Anakku ivie,5M ni udh 4 hr ini ak kasi makan bubur instan yg beras merah..tp porsi na sdkit bgt,ga ad mslh tu bun..
N atas saran temen,maem na dganti tepung gasol…yg organik n bebas bhan kimia..ayo bun pke gasol aj…

  nurfadilah wrote @

bayiku mempunyai kulit yang biasa orang orang bilang toke an/semutan/totol totol..apa betul bisa membuat dia menjadi gemuk dan tinggi dok?trimakasih

  Butik Online Murah wrote @

makasih infonya ya

Baju Bali Murah

  nunQ wrote @

anakq usia 4 bln, skrg dy suka bgt masukkin tangannya kedalam mulut, katanya kalo bayi dah mulai masukkin sesuatu ke mulut tandanya dy dah pengen makan apakah bener ya??
Trs sebaiknya diberi makanan apa?
Soalnya anakq pipinya timbul bintik2 merah teap aq makan ikan2an

  ndew wrote @

Mbak NunQ, setahu saya bayi usia tertentu memang mengenal benda dengan memasukkannya ke ke mulut. Tidak berarti dia siap makan.

Mungkin anak mbak memang masih alergi terhadap ikan (yang dimakan ibunya). Umumnya semakin besar, dia semakin tahan terhadap berbagai alergi makanan.

  Kieky wrote @

Anakq umur 4bln, slama 4bln saya hanya ksh asi, tp skrg mulai saya kenalin sufor. soalnya dl mulai umur 2bln BABnya 4-6hr skali, tp knp stelah saya beri tambahan sufor BABnya masih tetep sama ya?
Mhn ptunjuknya..

  Eka Dwi wrote @

Asslkum, mb baby aku usianya 3.5 bln, tp berat bdanx msih 5.5, palagi aku puasa pnuh kmrin, jdnya trun bb tinggl 5 kg, apa berat segitu dgn usiax 3.5 bln msh normal, g kekurusan, thx

  rino wrote @

anak saya 4 bulan lebih 2 minggu dari usia satu bulan udah ga minum asi krn mamanya konsumsi obat apakah itu tidak masalah buat baby susu anak saya bmt platinum trs skrg udah saya kasih makanan formula dua kali sehari tp anak saya mau mau aja apakah juga tidak masalah dengan memberi makanan formula 2x sehari

  Nia astarina wrote @

Anak saya usianya 4,5 bulan n wktu usianya 4 bulan tmbang BBny 9,5 kg..sbnarnya aktif sih anknya tp kok msh coba2 ya untk tngkurap,n td uda saya coba kasih makam., pke nasi tim saring,kira2 boleh gak tuh yah,terima kasih

  adis wrote @

anak saya umur 4 bulan dia saya cba kasih makan bubur tepung beras , tp saya mau menyelingkan rasa lain agar anak tidak bosan , gak apa- apa kan kl bubur sayur nya di blender lagi…

  elok wrote @

Bagus bgt buat ibu2 muda yg msh blm pengalaman :)

  mama eyza wrote @

Thank’s infonya.. Ankku umur 4 bln, dan blm siap mkn, krn blm memiliki ciri2 diatas. Tp ne2knya gk sbr dan maksa2 trs spy ankku cpt diberi mkn, aq hrs hati2 nih sm ne2knya, tkut curi2 ngasih mknan keanakku.. Hmmmm…

  theresia wrote @

Makasih yaa infonya sangat bermanfaat .. baru jadi mama baru soalnya..

  tomo wrote @

thx nih gan buat infonya, murah meriah, gak perlu beli buku segala di gramed

  aisyah wrote @

thx infonya

  menik wrote @

Dear bunda,sy br pertama kali memiliki anak,sekarang usianya sudah 4 bln,dr usia 2 bln lebih saya sudah kasih dya makan yg cair sekarang setelah berusia 4 bln anak q udah nggak mau makanan cair,sekarang sy beri anak q padat seperti bubur dan sayuran,dan setiap siang sy beri juice buah2 an untuk membantu memperlancar bab nya alhamdulilah saat ini anaq sehat wal afiat,sy setuju asi no 1 tp seperti sy yg tdk dpt memberikan asi ada baiknya mencoba makanan sebagai tambahan

  Camilla wrote @

membuat makanan untuk bayi dan dicampur dengan susu formula yang sedang di konsumsi boleh tak?

  Tips Cantik wrote @

makasih ya infonya..
sangat membantu saya dalam perawatan adek saya yang masih berumur 4 bulan.. :)

  teti sitorus wrote @

Adekku bru usia 4 bln 8 hri,klaw lhat mama, papa mkan spertinya dya pngen mkan..
sebaiknnya usia brpa bru bsa d beri mkan ???
tlong info’a yah

  Bella wrote @

Anak sy susah makan. Kalau pagi pk7 dikasih tim saring(berasmerah,kacanghijau,labu,wortel,brokoli,hatiayam) sering sisa. Apakah sisanya boleh disimpan untuk diberikan disore hari? Terimakasih sblmnya.

  Bella wrote @

Anak sy sudah 7,5bulan, kalau ditunda pemberian mpasinya bukankah akan kekurangan gizi? Apakah ada vitamin untuk menambah nafsu makan tapi tidak memberikan efek samping yg merugikan? Terimakasih atas jawabannya.

  reni wrote @

thank’s ya info nya
berguna bgt bagi ibu2 baru seperti saya. :)

  ARISAN wrote @

Baru tau sy bila dalam kandungan madu ternyata terdapat bakteri Clostridium Botulinum.
Terimakasih Gan info nya berguna sekali.

http://arisan-online.com

  Bunda Ray wrote @

Anak ku kini berumur 4 bulan 1 minggu. Dy minum sufor… Dokternya menyarankan untuk diberi makan krn sufor kurang membuat anak kenyang… Nah skrng aku udh merendam beras merah terus dijemur, blender terus aku saring jd kyk tepung gt. Nah aku bingung Mw diapain… Mohon bantuannya….

  belle wrote @

jadi bayi usia 4 bln blm blh ya di kasi makan?

  Popok Kain wrote @

Makasih infonya. Tapi anak saya sampai 6 bulan hanya dikasih ASI eksklusif, baru setelah 6 bulan diberi makanan pendamping ASI..

  Ade Ike Suriani wrote @

saya sangat suka info nya makasih y

  mamachila wrote @

Saya suka infonya tapi masih bingung. Anak saya usia 4 bulan, minum asi campur sufor. Tapi dua hari ini mulai menolak sufor. Sudah diganti sufor lain, tetap sama. Minum sufor hanya sedikit dengan cara disendok. Anak saya lebih suka asi, tapi hanya dapat saya beri saat pagi dan malam. Karena minumnya berkurang, anak saya sedikit rewel dan berat badannya sempat turun. Apa kira kira anak saya bisa diberi MPASI?

  ndew wrote @

Kalau ini saran saya sebaiknya ibu membuat stok asi untuk anaknya, karena tetap saja dia masih lebih perlu asi daripada makan pada usia ini.

  Makanan Padat Pertama Bayi 6 Bulan | Masakan Indonesia wrote @

[…] Makanan bayi 4 – 6 bulan – serba-serbi | dipikir-pikir […]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: